7 September 2022

by Dimas Galih W.

Dyson Perkenalkan V15 Detect Absolute, Vacuum Cleaner Wireless dengan HEPA dan Laser

Dyson mengeluarkan sebuah alat penyedot debu yang menggunakan filter HEPA dan dengan daya isap yang lebih kuat dari sebelumnya

Dyson lagi-lagi mengeluarkan sebuah vacuum cleaner yang bertenagakan baterai di Indonesia. Perangkat tersebut bernama Dyson V15 Detect Absolute yang memiliki filter HEPA. Dyson V15 Detect Absolute sendiri diperkenalkan kepada para jurnalis pada tanggal 6 September 2022 yang bertempat di Dyson Mall Demo Zone, Floor 1, Sky Bridge, Grand Indonesia East Mall, Jakarta Pusat.

Hal pertama yang baru dari perangkat yang satu ini adalah detangling comb. Rambut memang merupakan musuh dari semua vacuum cleaner yang membuat setiap bagian kepala pembersih yang biasa berputar akan macet. Dyson terinspirasi dari sisir anti-kusut dan memiliki 56 baling-baling yang telah diletakkan pada sudut kemiringan tertentu untuk memindahkan/menggeser semua jenis rambut yang tertangkap dan tergulung ke dalam kepala pembersih. Hal ini membuat semua rambut tidak akan kusut dan mengikat di kepala pembersih dan langsung terhisap ke container debunya.

Dyson V15 Detect memiliki fitur teknologi penyaringan lima-tahap yang mampu menangkap 99,99% partikel-partikel debu yang berukuran hingga sekecil 0.3 mikron, untuk mengeluarkan udara yang lebih bersih. Teknologi cycloneDyson sangat efisien dalam mengangkat debu dan kotoran dari lantai dan permukaan. Selain itu, seluruh mesin telah disegel rapat sehingga debu tidak akan bocor dan beterbangan kembali di rumah Anda.

Dyson V15 Detect Absolute saat ini menggunakan filter HEPA yang lebih dikenal untuk menangkap partikel sekecil 0,1 mikron. Uniknya, Dyson membuat filter HEPA yang ada pada penghisap debu ini untuk bisa dicuci. Biasanya produsen akan mengatakan bahwa filter HEPA akan berkurang kemampuannya saat dicuci dengan air. Hal ini membuatnya tidak perlu mengganti filter dengan cepat

Pada kesempatan kali ini, Dyson juga memperkenalkan sebuah alat baru yang bernama Pet Groom Tool. Alat ini telah dirancang untuk membersihkan rambut, ketombe dan serpihan kulit mati yang berukuran mikroskopis dari hewan peliharaan secara instan. Sisirnya dapat melentur saat Anda menyisir rambut hewan peliharaan sehingga mampu menjangkau ke bagian dalam lapisan rambut dan menangkap rambut-rambut hewan peliharaan yang rontok secara cepat. Saat bulunya menempel di alat tersebut, nantinya ada tombol yang akan melepas bulu-bulu tersebut agar bisa langsung dihisap oleh mesinnya.

Dyson V15 Detect Absolute juga membawa 2 teknologi dari perangkat sebelumnya, yaitu Dyson V12. Yang pertama adalah laser pendeteksi debu yang akan membuat kotoran yang ada menjadi lebih terlihat dengan mata. Selanjutnya adalah sensor Piezo yang akan mengukur jumlah debu yang tertangkap dan menampilkan datanya di layar LCD secara real time.

Dyson juga meningkatkan kemampuan penghisapan debu pada V15. Pada V12, tenaga penghisapan debu yang diberikan adalah 150 air watts. Sedangkan pada V15, Dyson meningkatkannya hingga 240 air wattsAir Watt sendiri merupakan satuan ukuran efektivitas penyedot debu yang mengacu pada aliran udara dan jumlah daya (watt) yang dihasilkan dan digunakan oleh penyedot debu.

Dyson menjual V15 Absolute dengan 2 jenis, yaitu dengan filter HEPA dan non HEPA. Dyson V15 Detect Absolute dijual dengan harga Rp. 13.899.000 dan Dyson V15 Detect Absolute HEPA pada harga Rp. 15.999.000. Keduanya sudah tersedia sejak tanggal 5 September 2022 dan bisa diperoleh langsung secara online dan offline.

Mencoba Dyson V15 Detect Absolute

Hal yang paling menarik untuk datang ke sebuah acara peluncuran adalah mencoba langsung perangkatnya. Tidak seperti smartphone yang bisa dicoba langsung di rumah, vacuum cleaner biasanya membutuhkan ruang khusus yang cukup kotor untuk dibersihkan. Pada acara yang diadakan pada Dyson Mall Demo Zone, Floor 1, Sky Bridge, Grand Indonesia East Mall ternyata sudah disiapkan beberapa alat uji, termasuk kotorannya.

Hal pertama yang dicoba adalah melihat debu yang tersamar dengan warna lantai. Hal ini tentu saja lumrah terjadi pada saat membersihkan rumah. Oleh karena itu, sering kali saat kita menyapu lantai dan banyak ruang yang terlewat sehingga masih banyak tertinggal kotoran. Ternyata dengan laser berwarna hijau, setiap kotoran akan terlihat dengan jelas pada mata sehingga cukup mudah untuk tidak terlewatkan.

Saya sempat menanyakan kepada Hong Ye Chew, Global Engineering Lead Dyson mengenai warna hijau pada laser. Chew mengatakan bahwa ternyata warna hijau tersebut merupakan yang paling andal untuk memperlihatkan partikel debu hingga yang paling kecil. Chew juga memberitahukan bahwa mereka sudah mencoba berbagai macam warna untuk laser tersebut.

Chew juga mengatakan bahwa setiap alat penyedot debu dari Dyson sudah tahan banting. Hal ini tentu saja agar saat digunakan atau dipegang oleh anak-anak dan terjatuh maupun terbanting tidak membuat alat penyedot debunya rusak. Chew mengatakan bahwa Dyson V15 Detect Absolute sudah diuji untuk dijatuhkan pada ketinggian 2 meter selama beberapa kali. Hal ini membuat Dyson V15 Detect Absolute menjadi salah satu alat penyedot debu yang cukup kuat di pasaran.

Saat mencoba menyedot debu, perangkat ini ternyata benar-benar hanya menggunakan baterai sebagai sumber dayanya. Tentunya, kapasitas baterai tersebut juga ada pada layar penyedot debu premium ini. Tidak hanya itu, layar yang ada juga memberitahukan berapa lama penyedot debu ini akan mati karena kehabisan baterai. Partikel yang tertangkap juga diinformasikan pada layar tersebut.

Percobaan penyedotan debu pun sampai pada alat uji kasur. Tidak seperti kasur biasa, alat uji ini juga dilapisi dengan 6 lapisan kain tebal  dengan menyebarkan debu pada bagian bawahnya. Setelah disedot hanya dengan 1x jalan, ternyata debu yang berada dibawah 6 lapisan kain tebal itu terlihat hilang sama sekali. Chew mengatakan bahwa hal tersebut bisa dilakukan karena Dyson V15 Detect Absolute memiliki kekuatan isap 240AW.

Hal unik lainnya adalah merasakan hembusan dari mesin penghisap debu ini. Saya adalah orang yang cukup sensitif terhadap debu, sehingga sering kali bersin saat membersihkan dengan alat penghisap debu. Saat melakukan uji coba, saya mencoba bernafas lewat hembusan alat penghisap debu ini. Dan benar saja, saya tidak merasakan gatal pada hidung dan tidak bersin sama sekali.

Hal terakhir yang dicoba adalah dengan menyedot bulu. Hal ini tentunya sangat berguna untuk mereka yang memiliki binatang peliharaan atau karpet yang memiliki bulu halus. Sikat pet grooming yang diperagakan mampu mengambil bulu-bulu yang rontok serta bisa langsung menghisapnya ke kontainer debu. Sayangnya, Dyson tidak menyediakan rambut rontok untuk menguji alat anti kusutnya.

Saya sempat bertanya mengapa harga penghisap debu dari Dyson ini cukup premium. Tentunya, dengan harga tersebut hanya bisa dimiliki oleh mereka yang berada pada kelas atas. Hal tersebut memang tidak terlepas dari mahalnya biaya riset dan pengembangan yang dilakukan oleh Dyson. Dan yang pasti, Dyson membuat semua perangkatnya agar bisa bertahan hingga jangka waktu yang sangat lama.