Mobile
for SEO
Mobile

Duolingo Luncurkan Tinycards, Aplikasi Fun untuk Belajar Beragam Topik dengan Flash Card

22 July 2016Glenn Kaonang

Pertahankan mekanisme game yang menyenangkan supaya proses belajar tidak jadi membosankan

Jika Anda pernah mencoba belajar bahasa asing dengan bantuan aplikasi smartphone, besar kemungkinan Anda mengenal nama Duolingo. Mekanisme game dan teknik pembelajaran yang fun berhasil membuat aplikasi tersebut diunduh oleh lebih dari 150 juta pengguna Android maupun iOS di seluruh dunia.

Namun kini Duolingo rupanya ingin melebarkan sayapnya menuju ranah pendidikan yang lebih luas, bukan cuma bahasa saja. Mereka meluncurkan aplikasi baru bernama Tinycards yang mengandalkan teknik pembelajaran berbasis flash card, tapi tentunya dengan sentuhan khusus ala Duolingo.

Seperti yang saya katakan, Tinycards mencakup seabrek topik, mulai dari geografi, sejarah, budaya, astronomi sampai bahasa yang merupakan spesialisasi Duolingo. Selagi pengguna menyimak dan menjawab satu demi satu flash card, sebuah garis di bagian atas akan terisi untuk mengindikasikan progress.

Pengguna bebas memilih topik apa saja yang ingin mereka pelajari. Menariknya, Tinycards juga dirancang sebagai sebuah platform dimana pihak lain yang tertarik juga bisa mendistribusikan konten pembelajarannya. Salah satu contohnya perpaduan konten pembelajaran bahasa Tiongkok dari Duolingo sendiri dan secara eksklusif dari Chineasy.

Semua konten di dalam Tinycards bisa diakses tanpa biaya tambahan sepeserpun / Duolingo
Semua konten di dalam Tinycards bisa diakses tanpa biaya tambahan sepeserpun / Duolingo

Metode pembelajaran berbasis flash card sendiri sudah terbukti ampuh dalam melatih ingatan meski kadang bisa terasa sedikit membosankan. Di sinilah mekanisme game Tinycards berperan, pengguna akan disuguhi dengan animasi yang menyenangkan dan mereka dapat membuka levellevel baru ketika indikator progress tadi terisi penuh.

Duolingo tidak lupa menerapkan algoritma khusus yang memungkinkan Tinycards untuk beradaptasi dengan kapabilitas belajar masing-masing pengguna yang berbeda-beda. Semuanya bertujuan supaya proses pembelajaran bisa berlangsung seefisien mungkin.

Tinycards saat ini sudah tersedia secara cuma-cuma untuk perangkat iOS, dan seperti Duolingo, semua konten di dalamnya dapat diakses tanpa biaya tambahan sepeserpun. Mengingat Duolingo juga tersedia di Android, kemungkinan Tinycards juga akan menyusul ke Google Play ke depannya.

Sumber: TheNextWeb dan Duolingo.

Play video

1 July 2022

Media Mainstream Kompas Rilis NFT #shorts

Media mainstrean Indonesia, Kompas, siap merilis NFT mereka. Link artikel: ...

Others from #HybridTV