7 November 2016

by Bambang Winarso

Serunya Belajar Bahasa Asing di Kelas Virtual Duolingo

Duolingo mengajak pengguna mengenal bahasa asing lewat konsep bermain sambil belajar yang menyenangkan

Belajar bahasa asing tak pernah semudah sekarang. Di zaman gawai Android yang serba canggih, saat ini muncul beberapa aplikasi yang dirancang untuk mengajarkan berbagai bahasa asing. Salah satu yang saya coba langsung adalah Duolingo.

Untuk Anda yang masih ragu soal pentingnya bahasa asing terutama Bahasa Inggris, ketahuilah bahwa di era digital dan teknologi sekarang ini kemampuan bahasa bakal menjadi penambah nilai Anda dengan lainnya. Tak hanya soal pergaulan, tapi yang lebih penting dalam hal pekerjaan.

Penguasaan bahasa asing yang baik relatif membantu Anda mendapatkan pekerjaan impian. Bahkan, untuk memahami interface dalam sebuah ponsel baru, Anda dituntut mengetahui kosa kata dasar Bahasa Inggris.

Aplikasi Duolingo ini tidak hanya menawarkan satu jenis bahasa, ada puluhan bahasa asing yang bisa Anda pelajari. Saat menggunakannya, saya memutuskan untuk mempelajari bahasa Inggris terlebih dahulu.

Saat pertama dijalankan, Duolingo meminta Anda untuk memilih jenis bahasa yang ingin dipelajari. Anda tidak harus sama dengan saya, Anda boleh memilih jenis bahasa lain jika memang ingin mempelajarinya.

Duolingo menawarkan banyak sekali pilihan bahasa, tidak hanya Bahasa Inggris

Setelah bahasa pilihan ditentukan, Anda akan diminta menentukan target belajar dari pilihan yang tersedia. Selanjutnya, akan ada dua pilihan pelajaran. “Mulai dari awal” dan “Ujian penempatan.”

Jika Anda merasa perlu belajar dari dasar, rekomendasi saya pilihlah opsi Mulai dari awal. Tetapi jika penguasaan kosa kata dan kalimat dasar Anda cukup baik, bisa mencoba opsi kedua.

Pelajaran tingkat dasar berisikan pengenalan kosa kota dan kalimat pendek

Pelajaran Dasar

Di pelajaran dasar, Anda akan melalui serangkaian proses belajar kosa-kata dasar yang sekilas mirip dengan permainan puzzle sederhana. Di level Dasar 1 ada tiga pelajaran yang harus diselesaikan.

Masing-masing pelajaran terdiri dari beberapa pertanyaan yang diawali dengan pengenalan kosa kata yang kemudian berlanjut ke susunan kalimat-kalimat pendek. Untuk setiap jawaban yang benar, Anda akan diganjar nilai yang nanti akan dikalkulasikan sebagai nilai akhir.

Tingkat Lanjut

Di pelajaran tingkat lanjut, formatnya kurang lebih sama dengan tingkat dasar. Tapi di tingkat ini tidak ada lagi pengenalan kosa kata. Anda akan langsung dihadapkan pada tugas-tugas menyusun kata demi kata dari kalimat bahasa Indonesia yang diminta.

Untuk tingkat lanjut, jenis pertanyaan dibuat lebih sulit

Sesekali aplikasi juga akan meminta Anda menjawab pertanyaan dengan pengucapan. Seperti halnya di kelas dasar, setiap jawaban yang benar akan diberi nilai tertentu yang nanti akan dikalkulasikan di akhir pelajaran.

Interface (Antar muka) dan Menu-menu Duolingo

Duolingo mempunyai interface yang terbilang rapi dan enak dilihat. Sepertinya rancangan yang mereka terapkan sengaja dibuat sedemikian rupa agar teks terlihat dominan. Dengan demikian pengguna makin mudah membaca setiap susunan kata yang tampil.

Interface utamanya baru dapat dilihat ketika pengguna menyelesaikan salah satu kelas. Menu-menu yang tersedia juga terbilang ringkas. Ada tiga menu tab di halaman utama, yaitu belajar, teman dan toko. Belajar berisikan informasi skor dan progres kelas. Teman berisikan daftar teman dan toko, tempat di mana Anda bisa membeli item-item premium.

Menu diposisikan di dua sisi, kiri dan kanan dengan kegunaan yang berbeda

Di bagian kiri ada menu yang berisikan bahasa-bahasa yang dipelajari dan juga menu untuk menambahkan jenis bahasa baru.

Sementara di tombol menu di sisi kanan atas memuat beberapa panel, antara lain lihat profil, pengaturan, feedback dan keluar.

Profil berisikan informasi progres setiap kelas yang diikuti dalam bentuk daftar memanjang, termasuk berapa skornya yang sudah dikumpulkan. Sedangkan pengaturan justru memuat informasi data diri pengguna mulai dari nama, email, dan pengaturan lainnya.

Panel pengaturan lebih lanjut terdapat di panel sebelah kanan

Di panel pengaturan inilah Anda dapat mengubah sandi, mengatur jadwal pengingat, notifikasi, dukungan suara dan efeknya.

Selama menggunakan Duolingo saya merasakan sebuah pengalaman belajar yang menyenangkan. Interface dan pilihan materinya tepat sekali untuk pemula yang ingin belajar bahasa asing dengan cepat dan gratis.

Akan sangat bagus jika aplikasi juga memberikan pengenalan struktur kalimat yang benar dan tenses, setidaknya untuk beberapa jenis dasar saja. Terakhir, aplikasi Duolingo sangat recommended, wajib ada di daftar teratas Anda yang sedang berburu aplikasi belajar bahasa asing.

Sumber gambar header Google+.