Dark
Light

Dua Fitur Baru Tumblr

1 min read
February 10, 2010

Umurnya baru 2 tahun 11 bulan, tapi popularitas Tumblr terus menanjak, jumlah posting yang ada di Tumblr sudah mencapai lebih dari 380 juta post, meski rangking yang didapatnya berdasarkan Alexa masih diangka 185 (US rank) dan kalah jauh dari penyedia blog populer seperti Blogspot, tapi bagi sebagian orang Tumblr memberikan pengalaman blogging yang berbeda.

Untuk pengguna dari Indonesia memang hanya ada sekitar 1.5% (data dari Alexa) pengguna, tapi beberapa fitur baru yang diluncurkan kemarin mungkin bisa mengangkat popularitas Tumblr. Ada dua update fitur terbaru dari Tumblr.

Pertama adalah sebuah fitur photo replies, sebuah program eksperimen yang hanya akan dijalankan selama 48 jam, dimulai tanggal 8 Februari kemarin waktu US.  Fitur ini merupakan hal baru, karena biasanya fitur reply bersifat teks yaitu dengan mem-post komentar atau re-blog, sebuah fitur yang mirip dengan embed ala YouTube dan memungkinkan konten blog menyebar dengan cepat dan memberikan efek viral yang besar. Tapi selama 48 jam sejak tanggal 8 Februari kemarin, waktu US, fitur photo replies bisa anda aktifkan untuk memberikan peluang bagi pembaca blog anda untuk memberikan komentar dalam bentuk foto.

Fitur ini bisa diaktifkan ketika anda akan mem-post konten ke blog anda di Tumblr, maka akan ada pilihan ‘let people photo reply’ di bagian kanan bawah form posting. Anda tinggal meng-klik fitur itu untuk mengaktifkan reply post dari follower anda dalam bentuk foto. Mudah-mudahan ketika posting tulisan ini dimuat, anda yang mempunyai akun di Tumblr masih berkesempatan untuk mencoba fitur ini, karena hanya ada waktu 48 jam dari tanggal 8 februari kemarin untuk mencoba fitur ini.

Fitur baru yang kedua adalah fitur yang berhubungan dengan recommended blog, kini dashboard akun Tumblr anda akan sewaktu-waktu memunculkan rekomendasi blog dari orang yang ada ikuti. Fitur ini bisa anda kunjungi di fasilitas directory yang ada dibagian atas halaman dashboard. Fitur ini akan muncul di bagian kanan bawah dashboard anda.

Seperti yang ditulis VentureBeat, yang menarik adalah program reply with photo yang hanya dijalankan selama 48 jam, program ini bisa memicu user, terutama mereka yang fanatik pada Tumblr untuk langsung mencoba, karena hanya dijalankan selama 48 jam. Belum diketahui memang apakah program reply menggunakan foto ini akan terus dijalankan atau hanya semacam test case sebelum roll out secara default, tapi yang pasti, program ‘short feature’ seperti ini bisa menjadi ide promo fitur secara viral yang, mungkin bisa diadaptasi oleh startup lokal.

Saya sendiri langsung mencoba dan berharap saja ada yang me-reply posting saya dengan foto untuk melihat hasil fitur ini. 🙂

Anda pengguna Tumblr? Anda bisa sharing komentar anda jika sudah mencoba fasilitas ini, atau anda punya pendapat lain tentang Tumblr, anda bisa share pendapat anda pada kolom komentar.

Wiku Baskoro

Penggemar streetphotography, penikmat gadget, platform agnostic gamers, build Hybrid.co.id to make impact.

3 Comments

  1. aq sangat berharap akan ada fitur comment di tumblr secara default.jadi aq tidak usah harus melakukan coding disqus setiap kali ganti themes.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Google Application Store, Semakin Dekat?

Next Story

Menonton Video Dengan Aman di YouTube

Latest from Blog

Don't Miss

Tumblr Umumkan Post+, Mudahkan Kreator Memonetisasi Konten Lewat Sistem Subscription

Semua akan subscription pada waktunya. Bahkan Tumblr, platform blogging yang

HubSehat Launches Second Opinion Feature, Providing In-Depth Diagnosis

HubSehat, one of the healthtech startups in Indonesia has launched