20 April 2015

by Bambang Winarso

Dua Chipset Terbaru Khusus Tablet Kembali Dilepas Oleh MediaTek

Produsen komponen prosesor, Mediatek kembali memperkenalkan produk terbarunya di ajang Hong Kong Electronics Fair. Dua chipset terbaru tersebut adalah chipset 64-bit quad core yaitu MT8163 dan MT8735, yang dirancang khusus untuk tablet.

Chipset pertama, MT8163 ini terdiri dari Cortex-A53 CPU yang dirancang dengan komputasi 64-bit, mampu mendukung visual di layar dengan resolusi 1080p. Chipset ini juga didukung oleh Android 5.1 Lollipop secara default dan dilengkapi dengan dual-band WiFi, Bluetooth 4.0, FM Radio dan GPS.

Sementara chipset kedua, MT8735 juga terdiri atas komputasi 64-bit Cortex-A53, tetapi diklaim memiliki performa yang jauh lebih kompetitif. Chipset satu ini mendapat dukungan dari 6-mode jaringan 4G LTE, mendukung jaringan dual-band WiFi, Bluetooth 4.0, Radio FM, dan juga GLONASS/GPS/Beidou.

Info Menarik:Recon Jet Adalah Kacamata Pintar untuk Konsumen yang Selalu Aktif

Dikarenakan kedua chipset tersebut baru saja diperkenalkan maka besar kemungkinan bahwa tablet yang akan menggunakan kedua chipset tersebut baru akan dirilis pada beberapa bulan mendatang, baik di pasar Tiongkok maupun di beberapa negara Asia lainnya.

Dari spesifikasi yang ditawarkan kedua chipset tersebut, diperkirakan tablet yang menggunakan chipset MT8163 ataupun MT8735 termasuk adalah dari kelas entry-level sebagaimana yang kerap menjadi sasaran sebagian besar SoC buatan MediaTek.

Tapi tidak selalu begitu. Di penghujung Maret lalu MediaTek juga sudah memperkenalkan varian chipset terbaru bernama Helio (Helio X dan Helio P). Lini produk chipset terbaru yang digadang-gadang akan menjadi penantang Snapdragon 800 series buatan Qualcomm dan Exynos buatan Samsung di pasar prosesor high end.

Sumber berita Gizchina dan gambar header 360b/Shutterstock.