Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

DS/innovate Rilis Laporan Singkat Tentang Esports

12 July 2021Wiku Baskoro

Berbagai rangkuman data hadir di laporan singkat ini merangkum perkembangan dan peluang bisnis ekosistem esports.

Dalam perkembangan ekosistem esports yang terus tumbuh, terutama di Indonesia, menjadi menarik untuk melihat dan menganalisa, potensi apa saja yang bisa baik dari sisi model bisnis atau dari sisi pelakunya sendiri.

Ekosistem esports cukup luas, mulai dari publisher game, event organizer, organisasi esports, wasit, broadcast company, brand, media dan masih banyak lagi turunan dari masing-masing elemen.

DS/innovate sebagai sebuah firma riset baru-baru ini merilis laporan singkat terkait esports berjudul Esports Report: Market Overview 2021. Dalam laporan singkat ini ditampilkan berbagai data global, regional dan lokal untuk memberikan perspektif akan ekosistem esports yang kini masih terus berkembang.

Laporan bersifat singkat dan merangkum data dari berbagai sumber, data yang dihadirkan meliputi paparan sejarah singkat perkembangan esports, informasi singkat tentang ekosistem yang ada di esports sampai dengan data tentang pangsa pasar dan tren di esports. Data juga mencakup data global dan regional.

Untuk pasar Indonesia, laporan ini juga mengumpulkan data-data menarik, termasuk game yang paling sering ditonton, pertumbuhan pasar di Indonesia untuk gaming dan esports, platform populer untuk menonton esports sampai dengan data singkat tentang key player untuk esports di Indonesia.

Beberapa data menarik

Dari laporan singkat ini ada beberapa data menarik antara lain tentang layanan populer untuk streaming di Indonesia dan perangkat apa yang populer untuk menonton serta topik terkait item di game.

Tiga layanan untuk streaming yang paling populer di Indonesia menurut data bulan Januari 2021 adalah Youtube, Nimo TV dan Gox. Youtube memang menjadi salah satu channel atau saluran utama pagi penikmat esports di Indonesia dalam menikmati konten, baik itu live streaming turnamen atau konten lain dari para konten kreator termasuk organisasi esports. Popularitas Youtube di ranah game juga terbantu oleh penggunaan platform ini sebagai layanan utama untuk menikmati konten di luar gaming seperti musik, teknologi dan lainnya.

Dua layanan lain, Nimo TV dan Gox sering menjalankan program termasuk kerja sama dengan turnamen esports untuk mengajak audiense menikmati konten live streaming di layanan mereka. Nimo TV juga bekerja sama dengan organisasi esports untuk menghadirkan koten di platform mereka. Sedangkan GOX merupakan pendatang baru yang di awal kehadirannya cukup agresif dalam mengajak penikmat game untuk beraktivitas di platform mereka.

Untuk 3 perangkat smartphone yang paling populer digunakan dalam menonton tayangan terkait esports adalah Samsung, Xiaomi dan OPPO. Tiga perangkat ini merupakan brand yang populer di Indonesia. Samsung dan OPPO juga aktif mendukung kegiatan esports. Sedangkan Xiaomi merupakan perangkat yang cukup populer dengan harga terjangkau tetapi spesifikasi cukup tinggi.

Selain data tentang platform streaming ada pula data tentang item apa yang paling sering dibeli oleh gamers tanah air. Dari data yang tersedia item yang paling sering dibeli antara lain diamond atau currency di game, character items dan characer skin.

Sedangkan alat bayar yang paling pupuler di gunakan adalah Gopay, OVO dan DANA. Tiga layanan bayar ini memang telah menjadi alat pembayaran digital di tanah air, digunakan pula untuk berbagai keperluan seperti membeli makanan atau alat transportasi, integrasi dengan berbagai layanan voucher atau game juga menjadikannya semakin populer untuk membeli item di game.

Esports Report: Market Overview 2021 merupakan laporan singkat terbaru yang dirilis DS/innovate dan bisa Anda dapatkan secara gratis. Dua informasi singkat di atas hanya sebagian kecil dari keseluruhan laporan.

Anda bisa mengunduh Esports Report: Market Overview 2021 lewat tautan ini.
Esports Report: Market Overview 2021.

Play video

7 July 2021

HY ESPORTS - APAKAH KOMUNITAS OFFICIAL ITU PENTING?

HY Esports adalah acara baru di Hybrid.IDN yang akan menampilkan berbagai segmen dalam satu gelaran acara. Akan ada scrim, interview, give away yang ...

Others from #HybridTV