Dark
Light

DragonX dan Kakao Talk Jalin Kerja Sama untuk Menjangkau Fans Global

1 min read
June 10, 2020

Layanan messenger asal Korea Selatan, Kakao Talk, beberapa waktu yang lalu menjalin kerja sama dengan tim League of Legends, DragonX. Masuknya layanan messenger ke dalam industri esports menandakan perkembangan yang menarik. Bulan lalu, perusahaan teknologi Samsung bekerja sama dengan tim League of Legends, T1, melalui lini produk monitornya.

Jersey baru DragonX | via: @drxglobal
Jersey baru DragonX | via: @drxglobal

Sejarah DragonX bermula dari tim yang dibentuk awal tahun 2018 bernama Longzhu Gaming. Setelah berganti pelatih dan roster beberapa kali, DragonX kini ajeg dengan formasi yang mampu memberikan performa terbaik sampai sekarang.

Bila kita menilik performa DragonX di gelaran LCK Spring kemarin, tim DragonX berhasil finis di peringkat ketiga. Raihan prestasi sebelumnya di KeSPA Cup 2019 dan Rift Rivals 2019 membuktikan bahwa tim DragonX sanggup bersaing dengan tim papan atas seperti T1 dan Gen.G yang sering mendominasi skena League of Legends Korea Selatan.

LCK-Spring-609x400
LoL Park. Via: Facebook

Sedangkan untuk Kakao Talk, layanan messenger tersebut pertama kali dirilis 10 tahun yang lalu. Sejak diluncurkan hingga saat ini tercatat sekitar 44 juta pengguna aktif setiap bulannya. Kakao Talk sekarang sudah tersedia dalam 15 bahasa dan populer di luar Korea Selatan seiring membanjirnya K-wave. 

Tidak hanya bergantung pada basis penggemar tim DragonX, Kakao Friends sendiri berhasil bertransformasi dari yang mulanya stiker emoticon menjadi merchandise dan konten digital yang dicintai di Korea Selatan maupun secara global.

Langkah awal yang terlihat dari kerja sama antara DragonX dan Kakao Talk adalah keberadaan gambar karakter ‘Ryan’ dari Kakao Friends yang tersemat di jersey baru tim DragonX. Tidak sampai di situ saja, karakter Kakao Friends lainnya akan muncul pada konten digital, stream, dan merchandise tim DragonX.

Dalam pernyataan Sang-in ChoiCEO dari DragonX kepada invenglobal.com, “kami akan menyajikan konten yang menyenangkan bersama karakter dari Kakao Friends dan mengembangkan skena esports lebih lagi.”

Kakao Friends | via: store.kakaofriends.com
Kakao Friends | via: store.kakaofriends.com

Berbarengan dengan penerapan strategi rebranding November lalu dan meningkatnya prestasi tim DragonX, mereka mendapatkan sponsor dari produsen mobil kenamaan McLaren Seoul. Beberapa brand lainnya yang sudah lebih dulu menjadi sponsor tim DragonX adalah Red Bull, Logitech, dan Xenics.

Previous Story

Tanggapan Xiaomi Tentang Isu Whitelisting Mediatek dan Responsivitas Side Fingerprint

Next Story

Berkolaborasi dengan Disney, OPPO Luncurkan TWS Enco W11 Disney and Pixar’s Toy Story Edition

Latest from Blog

Don't Miss

Champion baru League of Legends, Briar

Mengenal Briar, Champion Baru League of Legends yang Sering Kehilangan Kendali

Sempat muncul bocorannya beberapa waktu lalu, Briar akhirnya resmi diperkenalkan

Valve Buat Regulasi Baru di CS:GO, Apa Dampaknya ke Ekosistem Esports?

Selama bertahun-tahun, Valve jarang turun tangan untuk menentukan arah perkembangan