DreamHack Halo Series Tawarkan Hadiah Rp696 Juta

DreamHack Halo Series jadi turnamen Halo: Reach pertama yang diadakan di PC

DreamHack mengumumkan bahwa mereka akan mengadakan turnamen Halo: Reach sebagai bagian dari festival yang mereka adakan di Anaheim, California, Amerika Serikat pada 21 sampai 23 Februari 2020. Turnamen bernama DreamHack Halo Series ini diselenggarakan di Anaheim Convention Center dan menawarkan total hadiah sebsear US$50 ribu (sekitar Rp696 juta). Untuk mengadakan turnamen tersebut, DreamHack bekerja sama dengan Halo Championship Series (HCS).

DreamHack Halo Series akan menjadi turnamen pertama yang didukung oleh Microsoft pada 2020. Satu hal lain yang menarik dari turnamen ini adalah kompetisi tersebut akan menjadi turnamen Halo pertama yang menggunakan PC. Selama ini, turnamen Halo selalu dimainkan di Xbox secara eksklusif. Namun, DreamHack Halo Series akan menggunakan PC, meski pengaturan PC yang akan digunakan masih belum diketahui. Dengan begitu, para peserta boleh memilih untuk menggunakan controller atau kombinasi keyboard dan mouse. Mengingat ini adalah pertama kalinya turnamen esports Halo diadakan di PC, Esports Insider mengatakan bahwa DreamHack harus dapat menjamin integritas turnamen.

Pada awal Desember 2019, Halo Master Chief Collection dirilis di Steam untuk para gamer PC. Ini memunculkan perdebatan tentang fitur aim assistance untuk membantu pemain yang menggunakan controller. Selama ini, memang ada perdebatan tentang penggunaan controller dan keyboard serta mouse. Bermain menggunakan keyboard dan mouse atau controller memiliki kelebihan masing-masing. Biasanya, keyboard dan mouse dianggap menawarkan akurasi yang lebih tinggi daripada controller.

Meskipun tidak diumumkan secara resmi, kemungkinan, DreamHack dapat menyelenggarakan turnamen Halo ini berkat inisiatif HCS Grassroots, program dari Microsoft yang bertujuan untuk mendukung penyelenggara turnamen dan kreator konten dari esports Halo. Sekarang, Halo mungkin tak lagi menjadi game esports paling populer. Turnamen Halo: Reach profesional terakhir kali diadakan pada 2012 oleh penyelenggara turnamen asal Amerika Serikat, Arena Gaming League. Namun, tetap ada fans yang menunggu untuk melihat perkembangan ekosistem game Halo di PC.