Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

Mengenal Dota 2 Player Card: Fungsi dan Cara Memainkannya

24 September 2021Yubian Asfar

Selain untuk koleksi rupanya Dota 2 Player Card memiliki fungsi yang tidak kalah menarik.

Dota 2 Player Card merupakan salah satu fitur yang sudah diperkenalkan Valve untuk memeriahkan gelaran The International. Khususnya pada TI10, ada kejutan yang diberikan Valve yaitu Compendium gratis untuk semua pemain Dota 2.

Sebagai rangkaian dari fitur gratis Compendium ada satu hal yang bisa dimainkan oleh semua pemain yaitu 10 pack Dota 2 Player Card gratis. Setiap paket akan berisikan 5 kartu pemain Dota 2 yang isinya bervariasi.

Dilansir dari blog milik Valve, Dota 2 Player Card memiliki fungsi penting selain alat untuk koleksi yaitu Fantasy Lineup yang akan diumumkan lebih lengkap pada 30 September mendatang.

Buat yang belum paham cara memainkan Dota 2 Player Card, Anda bisa menyimak artikel kali ini.

Pengenalan Dota 2 Player Card

dota 2 player card
Sumber: Screenshot Dota 2

Dota 2 Player Card merupakan sistem kartu yang menghadirkan para peserta The International 10, yang akan digelar di Bucharest, Rumania. Ada 18 tim yang bertanding secara LAN dari berbagai regional.

Ada tiga versi atau tipe di setiap kartu yang bisa Anda dapatkan, seperti:

  • Bronze (versi biasa)
  • Silver
  • Gold (versi terbaik)

Fungsinya untuk sementara ini masih sekadar barang koleksi, namun akan ada pembaruan di fitur-fitur mendatang seiring dekatnya gelaran The International 10.

Susun Pemain dan Buat Fantasy Lineup Terbaik

“Mulai rencanakan fantasy lineup milik Anda karena Player Card resmi datang hari ini,” tulis Valve pada blog miliknya.

Meski baru diimplementasikan pada game Dota 2, tentu niat Valve dalam menghadirkan fitur Dota 2 Player Card sudah jelas terlihat. Bila Anda sering bermain Fantasy Draft di liga sepak bola, harusnya tidak asing lagi dengan cara main Fantasy Lineup di Dota 2.

Selain tulisan oleh Valve pada blog miliknya, sebelum membuka card pack juga ada penjelasan lebih lanjut dengan tulisan “For Use in Fantasy Challenge game” di bagian bawah.

Sumber: Screenshot Dota 2

Akan ada status kartu di setiap pemain The International 10 dengan detail statistik seperti tower yang dihancurkan, KDA, camps stacked, dan lain sebagainya.

Namun status yang terpampang di kartu pemain hanya untuk tipe kartu Silver dan Gold. Pada tipe kartu Silver akan ada 3 statistik yang terpampang sedangkan tipe Gold akan membawa 5 statistik.

Uniknya, statistik ini akan berubah seiring berjalannya gelaran The International 10 tergantung performa masing-masing pemain. Jadi tidak heran bila konsep Fantasy Lineup sangat cocok diterapkan dengan konsep kartu.

Meskipun demikian, bagi Anda yang serius dengan sistem Fantasy Lineup maka sangat dianjurkan untuk melengkapi kartu pemain.

Akan ada perolehan poin dengan penggunaan Fantasy Lineup yang pas, tentunya akan hadiah yang diberikan bagi para pemain salah satunya adalah The International 2021 Legacy Set.

Sumber: Dota 2

Valve mengatakan akan banyak hadiah lain yang diberikan kepada setiap pemain yang bermain Fantasy Lineup, detail lengkap akan diumumkan lebih lanjut sebelum babak grup The International 10 dimulai.

Jadi bila Anda mengincar set eksklusif dari gelaran The International 10, pastikan meraih poin sebanyak-banyaknya dengan formasi pemain pilihan.

Fantasy Lineup akan dibuka resmi pada 30 September dan prediksi tim dibuka bertahap dari tanggal 7 untuk main event dan 10 Oktober untuk babak grup.

Bagaimana Cara Mendapatkan Dota 2 Player Card?

Sumber: Dota 2 Blog

Komunitas Dota 2 mendapatkan 10 pack Dota 2 Player Card secara cuma-cuma dengan 5 kartu di setiap pack. Namun tidak semua pemain akan mendapatkan kartu tipe Gold maupun Silver.

Tenang, meski Anda hanya mendapatkan 10 pack namun Valve mempersiapkan 1 pack gratis setiap harinya hanya dengan memenangkan 1 pertandingan apapun (casual/ranked).

Bila ingin lebih intensif dalam mengumpulkan Dota 2 Player Card, Anda bisa mengeluarkan uang sebesar US$0,49 atau sekitar Rp7.000 per pack.

Sumber: Screenshot Dota 2

Pemain juga bisa mendapatkan kartu dari fitur Supporters Clubs. Pilih tim yang Anda dukung dan berpotensi mendapatkan kartu dari tim tersebut (termasuk tipe Bronze, Silver, dan Gold) dengan rincian sebagai berikut:

  • Bronze: 1 basic pack, 1 team pack
  • Silver: 6 basic packs, 2 team packs
  • Gold: 7 basic packs, 3 team packs

Hingga artikel ini ditulis, Valve telah menurunkan harga untuk Supporters Clubs dengan beberapa paket yang berbeda.

Apa Itu Dust Point?

Sumber: Screenshot Dota 2

Saat membuka pack Dota 2 Player Card, Anda juga berpotensi mendapatkan tipe atau kartu pemain yang sama. Lalu apa yang harus dilakukan bila memiliki kartu yang sama?

Valve memperkenalkan fitur Dust Point yaitu melebur kartu yang sama dan mengubahnya dalam bentuk Dust Point yang nantinya bisa digunakan untuk menarik satu pack.

Meskipun demikian, setiap tipe kartu memiliki perbedaan Dust Point dengan rincian sebagai berikut:

  • Bronze = 1 Dust Point
  • Silver = 2 Dust Point
  • Gold = 5 Dust Point

Nantinya, setiap 15 Dust Point bisa Anda tukar dengan 1 pack Dota 2 Player Card.

Anda juga bisa mengubah 30 Dust Point menjadi kartu pemain secara spesifik namun dengan tipe yang diacak.


Munculnya fitur ini bisa jadi kegiatan baru yang bisa dilakukan para pemain selain bermain Dota 2 dan menjalankan misi Battle Pass. Valve berharap sistem Fantasy Lineup bisa diterapkan dengan baik selama gelaran The International 10 berlangsung.

Play video

20 August 2021

HY ESPORTS - KOMUNITAS CASTER PUBGM

HY Esports adalah acara baru di Hybrid.IDN yang akan menampilkan berbagai segmen dalam satu gelaran acara. Akan ada scrim, interview, give away yang ...

Others from #HybridTV