Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

Dokumentasi Esports Pakai Ponsel, Emang Bisa?

13 August 2020Ellavie Ichlasa Amalia

Kamera ponsel seperti apakah yang layak digunakan?

Pada Oktober 2019, jauh sebelum pandemi COVID-19 melanda, saya ditugaskan untuk meliput Point Blank International Championship. Diadakan di Gelora Bung Karno, babak final dari turnamen tersebut mempertemukan tim Brasil Black Dragons melawan jagoan Indonesia, RRQ Endeavour. Kedua tim berlaga di atas panggung, di dalam booth tertutup. Sementara di tengah panggung, terdapat layar besar yang akan menunjukkan permainan dua tim yang tengah bertanding.

Beberapa meter di depan panggung, kebanyakan para penonton duduk bersila, mata terpaku pada layar. Sementara sebagian yang lain memilih untuk duduk di bangku penonton di sisi kanan dan kiri panggung. Begitulah kira-kira keadaan saat menghadiri turnamen esports.

Sebagai awak media, salah satu masalah yang saya hadapi saat meliput turnamen esports adalah sulitnya mengambil foto para pemain saat bertanding. Masalahnya, jika Anda ingin mengambil foto para pemain, Anda harus maju ke depan panggung. Sayangnya, biasanya, ketika pertandingan tengah berlangsung, tidak ada seorangpun yang boleh berdiri terlalu dekat dengan panggung, bahkan media sekalipun.

Samsung.com
Samsung.com

Jadi, jika ingin mendapatkan foto saat pemain tengah bertanding, mau tak mau, saya harus mengambil foto dengan zooming. Dulu, para pewarta membutuhkan kamera untuk mengambil foto. Namun, seiring dengan semakin canggihnya teknologi kamera pada ponsel, semakin banyak orang yang memilih untuk menggunakan kamera ponsel. Apalagi jika smartphone yang Anda punya adalah smartphone premium seperti Galaxy Note20 atau Note20 Ultra.

Dua Galaxy Note terbaru itu sudah dilengkapi dengan lensa telephoto. Berkat lensa tersebut, Galaxy Note20 sudah dapat melakukan 30x zoom sementara Galaxy Note20 Ultra bahkan dapat melakukan 50x zoom. Jadi, meskipun Anda duduk jauh dari panggung sekalipun, Anda masih bisa mengambil foto para pemain dengan jelas. Sementara jika Anda ingin mengambil foto keseluruhan panggung, Anda bisa menggunakan lensa Ultra Wide pada Galaxy Note20 atau Note20 Ultra. Lensa Ultra Wide pada kedua Galaxy Note memiliki field of view 120 derajat, sehingga Anda bisa menampilkan betapa luasnya panggung turnamen esports diadakan, menunjukkan betapa pesatnya perkembangan industri esports sekarang.

Sebagai jurnalis esports, masalah lain yang biasa saya hadapi saat meliput turnamen esports adalah terkadang, turnamen diadakan di dalam ruangan dengan cahaya remang-remang. Tanpa kamera ponsel yang mumpuni, gambar yang diambil dalam keadaan tersebut tidak akan bagus. Namun, hal ini tidak akan menjadi masalah dengan Galaxy Note20 dan Note20 Ultra. Keduanya memiliki lensa dengan aperture F1.8, memungkinkan lensa untuk mendapatkan cahaya lebih banyak sehingga gambar yang diambil di tempat remang-remang sekalipun akan tetap terlihat jelas.

Samsung.com
Samsung.com

Galaxy Note20 dan Note20 Ultra tak hanya memudahkan proses pengambilan foto, tapi juga pembuatan catatan. Dengan S Pen, Anda bisa langsung menuliskan catatan pada layar ponsel. Tak hanya itu, Samsung Notes kini juga sudah dilengkapi dengan fitur Auto-Sync. Jadi, catatan yang Anda buat di ponsel bisa langsung Anda akses di PC atau laptop Anda selama Anda menggunakan akun yang sama. Sejak diperkenalkan pada 2011, lini Galaxy Note dari Samsung memang dikenal sebagai smartphone pendukung produktivitas para pekerja, termasuk awak media esports.

Samsung baru saja meluncurkan Galaxy Note20 dan Note20 Ultra pada minggu lalu. Kini, mreeka membuka pre-order pada 6-19 Agustus 2020. Orang-orang yang melakukan pre-order pada periode tersebut akan mendapatkan hadiah spesial dari Samsung.

Pembeli Galaxy Note20 akan mendapatkan evoucher Galaxy Buds+ senilai Rp2.399.000 sementara pembeli Galaxy Note20 Ultra akan dihadiahi evoucher Galaxy Buds Live sebesar Rp2.599.000. Jika Anda ingin tahu lebih lanjut tentang penawaran ini, Anda bisa mengunjung www.galaxylaunchpack.com.

Disclosure: Artikel ini disponsori oleh Samsung Indonesia

Feat Image: ESL

Play video

20 August 2021

HY ESPORTS - KOMUNITAS CASTER PUBGM

HY Esports adalah acara baru di Hybrid.IDN yang akan menampilkan berbagai segmen dalam satu gelaran acara. Akan ada scrim, interview, give away yang ...

Others from #HybridTV