4 August 2023

by Lukman Azis

DJI Osmo Action 4 Bawa Sensor Gambar Lebih Besar, Bisa Rekam Video 4K 120fps

Hal ini meningkatkan ukuran piksel dari 1,6µm menjadi 2,4µm, semakin besar ukuran piksel maka semakin banyak cahaya yang dapat diambil

Bagi vlogger, serta content creator dengan kategori seperti traveling dan adventure, action camera seperti seri Osmo Action dari DJI merupakan alat produksi yang sangat penting. Selain menawarkan fleksibilitas karena ukurannya yang ringkas dan bodi tangguh dengan dukungan berbagai aksesori, kemampuan perekam videonya juga berkualitas dengan resolusi 4K atau lebih tinggi.

Kabar terbaru, DJI baru saja mengumumkan Osmo Action 4. Sebagai penerus action cameraOsmo Action 3, perangkat ini menjanjikan peningkatan performa dalam cahaya rendah, serta menawarkan opsi stabilisasi dan daya tahan baterai yang lebih baik.

DJI Osmo Action 4 dibekali sensor gambar dengan ukuran yang lebih besar, yakni 1/1.3 inci atau naik dari 1/1.7 inci pada versi 3. Hal ini meningkatkan ukuran piksel dari 1,6µm menjadi 2,4µm, semakin besar ukuran piksel maka semakin banyak cahaya yang dapat diambil oleh setiap piksel.

DJI memadukan sensor tersebut dengan lensa ultrawide 155 derajat dan aperture f/2.8. Untuk perekam videonya, Osmo Action 4 dapat menghasilkan footage pada resolusi 4K hingga 120fps dan bitrate mencapai 130Mbps. Kamera ini dapat merekam video dengan kedalaman warna 10-bit dan rentang dinamis yang lebih luas dalam format D-Log M yang berguna saat post-production.

Dengan Osmo Action 4, pengguna dapat merekam video lebih banyak berkat dukungan kartu microSD hingga 512GB atau naik dari 256GB pada generasi sebelumnya. Kamera ini juga dilengkapi sensor suhu warna yang secara otomatis menyesuaikan dengan perubahan kondisi pencahayaan. Untuk audio, ada tiga mikrofon bawaan dan memungkinkan menyambungkannya dengan mikrofon eksternal melalui adaptor 3,5mm ke USB-C.

Dari segi daya tahan baterai, Osmo Action 4 dapat merekam terus menerus hingga 2,5 jam, bahkan dalam kondisi dingin yang ekstrem (-20°C/-4°F). Berkat fitur pengisian daya cepat, baterai yang habis dapat terisi kembali hingga 80% dalam 18 menit. Tanpa casing, kini ia dapat menyelam hingga 18 meter di bawah air dan hingga 60 meter jika memakai casing.

Fitur yang diunggulkan Osmo Action 4 adalah opsi stabilisasi baru RockSteady 3.0 Plus dan 360 derajat HorizonSteady. Perangkat ini juga sudah dapat merekam data giroskop yang memungkinkan software pengedit video DJI LightCut mengenali gerakan dan guncangan kamera saat merekam, serta dapat mengurangi efeknya.

DJI juga memperkenalkan aksesori GPS Bluetooth Remote Controller. Perangkat ini dapat dikenakan pada pergelangan tangan layaknya jam, memungkinkan kamera menambahkan trek GPS ke video dan memberikan pengguna kendali jarak jauh dengan dua tombol dan layar kecil.

Bila tertarik dengan DJI Osmo Action 4, action camera ini dijual seharga US$400 (Rp6 jutaan) untuk paket Standard Combo. Sementara untuk Adventure Combo yang termasuk dengan dua baterai ekstra, wadah baterai, dan extension rod 1,5 meter, dijual US$500 (Rp7,5 jutaan).

Sumber: GSMArena