Dark
Light

Display Search: Tablet Berukuran Kecil Lebih Laris pada 2013?

1 min read
March 4, 2013

Tablet berukuran antara 7 hingga 8 inchi diperkirakan akan lebih laris di pasaran pada tahun 2013 ini. Paling tidak, demikian menurut prediksi Display Search, sebuah perusahaan konsultan dan riset pasar tentang teknologi layar.

Tentunya dalam memberikan estimasi ini Display Search tidak hanya asal menebak-nebak saja. Melalui blog resminya, Display Search memaparkan penjelasannya berdasarkan data shipment layar pada bulan Desember 2012 dan Januari 2013. Dari data tersebut, didapati bahwa shipment layar berukuran 9,7 inchi merosot tajam dari Desember ke Januari. Sebaliknya, shipment layar berukuran 7 dan 7,9 inchi mengalami peningkatan pada periode dua bulan tersebut.

Sebagaimana yang bisa dilihat pada grafik di atas, jika dijumlahkan, total shipment layar berukuran 7 dan 7,9 inchi lebih besar dari total shipment layar berukuran 9,7 inchi dan 10 inchi. Total shipment layar 7 dan 7,9 inchi pada Januari 2013 diperkirakan telah mencapai angka 14 juta unit, sementara layar berukuran 9,7 inchi merosot drastis ke angka 1,3 juta unit dari 7,4 juta unit di bulan Desember.

Jika didetilkan berdasarkan produk, Display Search mengklaim bahwa Apple sendiri telah mengubah rencana target penjualan untuk tahun 2013 dengan menargetkan penjualan iPad Mini (yang berlayar 7,9 inchi) sebanyak 55 juta unit dan penjualan iPad (yang berlayar 9,7 inchi) sebanyak 33 juta unit. Ini merupakan revisi dari target sebelumnya yang lebih mengedepankan iPad dengan target penjualan 60 juta unit, dibandingkan iPad Mini yang awalnya ditargetkan terjual sebanyak 40 juta unit.

Ini tentunya perubahan besar bagi Apple. Tak lain dari Steve Jobs sendiri yang pernah menyatakan bahwa  tablet 7 inchi terlalu besar untuk berkompetisi dengan ponsel pintar dan terlalu kecil untuk berkompetisi dengan iPad. Jika prediksi Display Search terbukti benar, maka di era Tim Cook justru iPad Mini yang berukuran lebih kecil yang akan lebih bersinar.

Sebagai catatan tambahan terhadap prediksinya ini, Display Search juga memberi beberapa catatan penting, utamanya terkait pengaruh phablet berukuran 5 hingga 6 inchi terhadap pasar tablet. Apakah pengguna tablet berukuran 7 hingga 8 inchi akan beralih ke phablet? Untuk melihat lebih detil mengenai catatan-catatan ini, Anda bisa mengunjungi blog resmi Display Search pada tautan ini.

 

[gambar via]

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Evernote Dijebol Peretas, ‘Paksa’ Pengguna Ganti Password

Next Story

PlazaPos, Toko Online dari PT Pos Indonesia

Latest from Blog

nubia V60 Design Hadir di Indonesia

ZTE Mobile Devices Indonesia secara resmi memperkenalkan smartphone terbarunya, nubia V60 Design di Indonesia. Smartphone ini dirancang dengan menghadirkan estetika dan teknologi,

Don't Miss

Tablet-8-Juta-Buat-Kerja,-Pilih-Xiaomi-Pad-6S-Pro-atau-OPPO-Pad-2-1

Tablet 8 Juta Buat Kerja, Pilih Xiaomi Pad 6S Pro atau OPPO Pad 2?

Tren work from anywhere (WFA), membuat penggunaan tablet yang dilengkapi
Kerja-Pakai-Tablet,-Mending-Pilih-Apple-iPad-Air-11-Atau-iPad-Pro-11-2024

Kerja Pakai Tablet, Mending Pilih Apple iPad Air 11 Atau iPad Pro 11 2024

Saat ini sudah banyak orang yang mengandalkan tablet sebagai perangkat