1 May 2022

by Galih

Disney Dreamlight Valley, Game Simulasi Kehidupan Free-to-play di Semesta Disney

Kelihatannya Disney akan semakin ambisius penetrasi ke gaming.

Meskipun memiliki segudang judul dan karakter populer, namun Disney bisa dibilang tidak terlalu bernafsu untuk membawanya ke dunia video game. Bahkan, bisa dibilang usaha paling ambisius dari Disney dalam video game adalah melalui seri Kingdom Hearts yang baru saja mengumumkan seri terbarunya yaitu Kingdom Hearts IV dan spin-off mobile Kingdom Hearts Missing Link.

Namun, Disney kelihatannya ingin lebih mandiri dengan game-game yang mereka buat. Pasalnya, mereka menggandeng Gameloft untuk membuat game terbaru mereka yang berjudul Disney Dreamlight Valley.

Game ini dideskripsikan sebagai permainan simulasi kehidupan yang berada di semesta Disney bernama Dreamlight Valley. Pemain akan bertindak menjadi penghuni baru di Dreamlight Valley yang memiliki misi untuk mengembalikan dunia yang sempat kelam tersebut menjadi spesial kembali.

Pemain nantinya akan membuat karakter mereka sendiri yang dapat dikustomisasi sesuai dengan keinginan pemain. Tidak hanya karakter, pemain juga dapat membangun dan memodifikasi rumah yang mereka tinggali.

Layaknya game simulasi kehidupan lain seperti Animal Crossing: New Horizon dan Story of Season game ini akan berfokus pada aktivitas dan juga interaksi sosial yang akan dilakukan pemain dengan karakter-karakter di dalam game-nya.

Dan bisa ditebak dunia di dalam game ini ditinggali oleh karakter-karakter ikonik dari Disney dan Pixar. Pemain nantinya dapat menemui Mickey Mouse, Moana, Buzz Lightyear, Simba, dan juga banyak karakter Disney lainnya.

Image Credit: Disney

Untuk menyibukkan pemain, akan ada beragam aktivitas yang bisa dilakukan di dalam Dreamlight Valley. Mulai dari berkebun dengan Wall-E, memasak dengan Ratatouille, memancing dengan Goofy, dan beragam aktivitas menarik lainnya.

Meskipun belum ditunjukkan secara penuh, namun Disney Dreamlight Valley kelihatannya akan memiliki dunia yang cukup luas untuk dieksplorasi di luar kota/kerajaan utama yang jadi pusat aktivitas.

Dari trailer yang dirilis terlihat ada beberapa lokasi alam unik yang terkait dengan salah satu judul animasi Pixar/Disney. Seperti dunia bersalju yang ditinggali karakter-karakter dari Frozen.

Image Credit: Disney

Atau daerah hutan yang akan menjadi lokasi pemain untuk menambang item penting sekaligus tempat tinggal bagi karakter-karakter dari Lion's King.

Berita terbaiknya, Disney membuat Disney Dreamlight Valley menjadi sebuah game free-to-play yang dapat dimainkan di banyak platform. Mulai dari PC Windows dan Mac, PlayStation 5, PlayStation 4, Xbox Series X|S, Xbox One, dan juga Nintendo Switch.

Game-nya sendiri direncanakan baru akan dirilis pada 2023 mendatang. Namun Disney menyebut bahwa mereka akan membuka sesi early access untuk Disney Dreamlight Valley pada musim panas tahun ini.