16 November 2018

by Glenn Kaonang

Discord Luncurkan Segmen Khusus Early Access pada Toko Game-nya

Lebih ideal daripada Steam karena Discord juga bisa menjadi medium komunikasi antara pemain dan developer

Awalnya terkesan tabu, Early Access kini sudah berevolusi menjadi kategori game tersendiri di Steam. Kategori ini cukup unik mengingat semua game yang dijual di sana adalah game yang belum sepenuhnya selesai dikerjakan, dimaksudkan agar gamer antusias bisa membantu pengembangannya melalui input-input yang mereka berikan.

Beberapa judul populer yang terlahir dari kategori ini di antaranya adalah Minecraft, Ark: Survival Evolved, Conan Exiles, dan bahkan Fortnite. Singkat cerita, Early Access tak boleh lagi dipandang sebelah mata, dan Discord yang mulai berjualan game sejak Agustus lalu pun menyadari akan hal tersebut.

Mereka baru saja meluncurkan Discord Early Access, kategori khusus untuk game yang masih dalam tahap pengembangan. Dibandingkan Steam, Discord sebenarnya bisa menjadi 'rumah' yang lebih ideal untuk Early Access, sebab Discord sendiri memang sudah cukup sering digunakan sebagai medium komunikasi antara pemain dan kalangan developer.

Di samping itu, Discord juga sudah punya rencana untuk menjadi jembatan komunikasi antar sesama developer game di Early Access. Sesama kreator semestinya bisa saling membantu dan berbagi pengalaman, bukannya saling menjatuhkan, dan itu yang menjadi tujuan Discord.

Discord tidak lupa menyoroti sejumlah game Early Access yang mereka unggulkan pada awal peluncurannya ini. Beberapa di antaranya adalah Descenders, Parkasaurus, Kynseed, Visage, dan Mad Machines. Tentu saja sudah ada server terverifikasi sehingga pemain bisa langsung berkomunikasi dengan developer masing-masing beserta komunitas.

Sumber: VentureBeat dan Discord.