Dark
Light

Dipoles, Google Trends Kini Tampilkan Data Real-time dan Infografis

1 min read
May 24, 2018

Ketika orang mencari informasi spesifik tentang sebuah topik, solusi permasalahan dan berita, umumnya mereka akan menggunakan mesin pencari Google untuk menemukan jawabannya. Tapi ketika membutuhkan data mengenai tren sebuah topik dalam rentang waktu tertentu di negara tertentu, Google Trends adalah alat yang tepat untuk melakukannya. Kabar baiknya, Google baru saja melakukan rombakan untuk layanan yang cukup populer di kalangan media tersebut. Apa saja perubahannya?

Secara umum, Google Trends terbaru dirancang untuk mempermudah penemuan trend di rentang waktu tertentu lengkap dengan gambaran peta yang intensif dan informatif. Google juga menghadirkan infografis berdasarkan topik yang mempermudah organisasi misalnya media untuk memperoleh data yang tergambar dalam bentuk cerita.

Spesifiknya, Google menyederhanakan navigasi yang sudah ada sebelumnya sebagai bagian dari rombakan. Tampilan laman utama misalnya menayangkan bar pencarian atas topik atau query. Di bagian bahwa terdapat susunan saran yang bisa dicari dan dibandingkan trennya beberapa tahun ke belakang. Tambahan infografis seperti yang tadi disinggung juga dijumpai untuk membantu pengguna membandingkan tiap-tiap topik yang dipilih.

Google trend terbaru

Di bawah ada tambahan kata kunci yang sedang tren yang menunjukkan apa saja yang populer di Google Search dengan rentang waktu harian, menit sampai dengan real-time. Google juga menambahkan panel Year in Search yang merangkum data tren dari tahun 2001.

Bagian terakhir tapi terbaik, Google menghadirkan panel baru bernama News Lab yang merupakan konten terkurasi dari media berita dari seluruh dunia yang mencakup visualisasi data. Informasi ini akan membantu media-media yang membutuhkan referensi tren dari media lain yang lebih kredibel. Penasaran? Langsung saja buka situs Google Trends baru yang sudah bisa diakses oleh publik global sekarang.

Sumber berita Google dan gambar header Wgnradio.

Acer Swift 5
Previous Story

Acer Swift 5 Terbaru Hadirkan Layar Lebih Lega, Bobot Tetap Kurang dari 1KG

Next Story

Fujifilm X-T100 Adalah Fujifilm X-A5 dengan Desain yang Lebih Pro

Latest from Blog

Don't Miss

Era Teknologi Pemasaran AI dari Google Untuk Pengiklan di Indonesia

Google menggelar acara Google Marketing Live Indonesia di Jakarta. Acara

Google Luncurkan Model AI Generatif Gemma 2 untuk Para Peneliti dan Pengembang

Tren AI generatif terus berkembang untuk mengisi berbagai kebutuhan dan