Dark
Light

DimensiData Hadir Ramaikan Segmen E-Commerce Untuk Gadget

1 min read
June 7, 2012

Walaupun menyadari persaingan di bidang e-commerce sudah cukup sengit,  PT Global Pratama Persada tidak ragu untuk ikut meluncurkan situs e-commerce, DimensiData. DimensiData merupakan sebuah situs e-commerce khusus untuk gadget dan teknologi. Di pasar tersebut DimensiData akan bersaing dengan pemain lama seperti Bhinneka dan Jakarta Notebook, juga dengan beberapa e-commerce lain yang tidak secara khusus menjual gadget.

Anton Ng, Direktur DimensiData melalui rilis berita mengatakan, persaingan tersebut juga akan membuat harga menjadi kompetitif. DimensiData akan terus berinovasi dan memanjakan konsumennya agar dapat terus eksis dalam bidang e-commerce ini.

Sebagai promosi, DimensiData akan menggratiskan biaya kirim untuk wilayah Jakarta, kecuali Kepulauan Seribu. Pesanan akan dikirim melalui JNE Reguler ke alamat pemesan. DimensiData tidak menjelaskan sampai kapan promosi ini akan berlangsung.

Tampilan DimensiData menurut saya agak classic. Terkesan tidak modern, tetapi bersih dan rapih. Apakah tampilan seperti ini akan meyakinkan konsumen untuk berbelanja di DimensiData, sepertinya itu akan menjadi keputusan konsumen pribadi. DimensiData setidaknya telah berusaha meyakinkan konsumen dengan menampilkan alamat dan foto toko offline mereka.

Dari sisi kelengkapan barang, dibandingkan dengan dua kompetitor yang telah saya sebut sebelumnya, masing-masing toko e-commerce mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Artinya, ada beberapa barang yang ada di DimensiData, tetapi tidak dijual di Bhinneka maupun Jakarta Notebook. Begitu juga sebaliknya, ada beberapa barang baik di Bhinneka maupun di Jakarta Notebook yang tidak terdapat di toko e-commerce lain.

Soal harga, sepertinya tidak ada perbedaan untuk beberapa barang bermerk dan terkenal yang saya amati. Karenanya, selain barang yang tidak terdapat di toko lain, sepertinya DimensiData akan kesulitan untuk merebut konsumen dari situs e-commerce lain yang telah ada. Konsumen yang telah percaya pada salah satu situs e-commerce, tentunya akan memilih untuk kembali berbelanja di toko tersebut, jika semua parameter yang lain sama. Dibutuhkan lebih dari sekedar ongkos kirim gratis bagi DimensiData untuk bersaing dengan situs e-commerce gadget lain yang telah ada.

Previous Story

TeliosTV Hadirkan Talkshow Pembuatan Film The Raid di Festival Komputer Indonesia

Next Story

Enthrean Guardian Jalin Kerja Sama dengan Games One dari Marketing Group

Latest from Blog

nubia V60 Design Hadir di Indonesia

ZTE Mobile Devices Indonesia secara resmi memperkenalkan smartphone terbarunya, nubia V60 Design di Indonesia. Smartphone ini dirancang dengan menghadirkan estetika dan teknologi,

Don't Miss

Review Tecno Phantom V Flip 5G, Smartphone Foldable yang Lebih Bersahabat

Review Tecno Phantom V Flip 5G, Smartphone Foldable yang Lebih Bersahabat

Bagi yang tertarik dan penasaran bagaimana pengalaman menggunakan smartphone foldable,
Review Xiaomi Redmi Note 13 Pro+ 5G, Mendekati Smartphone Semi Flagship

Review Xiaomi Redmi Note 13 Pro+ 5G, Mendekati Smartphone Semi Flagship

Total ada lima smartphone Redmi Note 13 Series yang dibawa