Digg Persiapkan Pengganti Google Reader

Kabar tentang akan dimatikannya fitur Google Reader oleh Google cukup membuat heboh dunia internet karena banyak yang merasa fitur tersebut masih sangat berguna. Melihat kesempatan ini, beberapa pihak langsung mempersiapkan diri menyediakan layanan berlangganan RSS alternatif sebagai pengganti Google Reader, di antaranya Digg.

Lewat blog-nya, Digg menyatakan bahwa mereka merasa kalau RSS masih merupakan sumber berita yang disukai orang dan mereka akan memperjuangkan itu dengan membuat Digg Reader. Produk ini sebenarnya sudah disiapkan oleh Digg dan tadinya akan dikembangkan di paruh kedua tahun 2013 ini, namun dengan akan dimatikannya Google Reader, Digg menaikkan prioritasnya dan akan mulai membangun Reader mereka saat ini juga.

Bagi Anda yang ingin berkontribusi, Digg membuka diri untuk menerima masukan dan saran lewat kolom komentar di blog mereka tersebut. Selain itu Anda juga bisa mendaftarkan email Anda untuk menerima kabar bila layanan ini telah siap.

Digg sendiri merupakan salah satu pionir situs berita sosial yang berdiri sejak tahun 2004 dan merupakan salah satu situs paling berpengaruh di dunia maya pada jamannya. Di tahun-tahun belakangan pamornya mulai meredup, dan setelah diakuisisi oleh Betaworks mereka meluncurkan versi baru situs mereka di pertengahan tahun lalu.

Selain Digg, beberapa layanan pembaca RSS seperti Feedly juga langsung menggunakan momen gugurnya Google Reader ini untuk mempromosikan layanan mereka. Feedly menyediakan fitur untuk memindahkan langganan Google Reader Anda ke layanan mereka, yang caranya bisa disimak di blog mereka.

Beberapa alternatif Google Reader juga bisa disimak di artikel Trenologi berikut ini.