Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

Developer Project CARS Ciptakan Console Baru Bernama “Mad Box”

4 January 2019Ayyub Mustofa

Mad Box mendukung tampilan 4K, virtual reality, serta memiliki engine yang akan disediakan gratis

Slightly Mad Studios, studio di balik pengembangan seri Project CARS dan Need for Speed: SHIFT, baru-baru ini memberi pengumuman yang cukup mengejutkan. Mereka ternyata tengah mengerjakan proyek baru, bukan sebuah game melainkan sebuah console. Hal ini diumumkan oleh CEO Slightly Mad Studios, Ian Bell, melalui Twitter, kemudian diperjelas lebih lanjut oleh Variety Gaming.

Menurut Ian Bell, console baru yang diberi nama “Mad Box” ini adalah console sungguhan, layaknya Xbox atau PlayStation, bukan seperti Steam Box yang sebetulnya berisi gaming PC. Selain itu Bell juga menjanjikan spesifikasi yang canggih, bahkan menyebut The Mad Box sebagai console tercanggih sepanjang masa. Spesifikasinya kurang lebih akan setara dengan PC yang dianggap canggih 2 tahun dari sekarang.

“Apa itu Mad Box? Mad Box adalah console terkuat yang pernah dibuat. Seperti namanya, ini console ‘gila’. Anda ingin 4K, ingin VR dengan tampilan 60 FPS? Anda ingin engine gratis yang bisa Anda gunakan untuk membuat game di dalamnya? Anda punya semua itu,” ujar Bell. 60 FPS yang dimaksud di sini adalah 60 FPS untuk setiap mata, jadi secara keseluruhan Mad Box punya tampilan 120 FPS.

Slightly Mad Studios mengembangkan Mad Box, salah satunya karena mereka merasa saat ini industri console sudah terlalu banyak monopoli. “Kami merasa bahwa kompetisi itu sehat, dan kami memiliki kontak ke hardware yang dibutuhkan untuk menciptakan sesuatu yang epic berdasarkan desain kami,” terangnya.

Ian Bell
Ian Bell, CEO Slightly Mad Studios | Sumber: Variety Gaming

Berbeda dengan console lainnya, Mad Box akan menggunakan engine khusus yang dikembangkan oleh Slightly Mad Studios sendiri. Studio ini ingin agar Mad Box bisa digunakan oleh semua developer, baik lama maupun baru. Karena itulah engine tersebut mereka sediakan gratis dan bersifat cross-platform. Selama ini mereka memang sudah memiliki engine dengan fitur cross-platform yang dinamakan MADNESS Engine.

Slightly Mad Studios juga tidak akan menerapkan praktik game eksklusif. Mereka memperbolehkan developer untuk mengembangkan game eksklusif Mad Box, namun tidak memberi insentif atau kontrak khusus untuk eksklusivitas itu.

Console ini akan dirilis di seluruh dunia,” ujar Bell. Menurutnya, saat ini Slightly Mad Studios sudah mulai menjajaki kerja sama dengan beberapa pihak, seperti perusahaan hardware atau investor, untuk mewujudkan perangkat baru ini. Akan tetapi mereka masih berada di tahap awal, dan belum ada kerja sama investasi yang pasti.

Slightly Mad Studios juga belum merilis tampilan dari Mad Box nantinya, Ian Bell berjanji akan menunjukkan desain dalam waktu antara empat hingga enam minggu ke depan. Pembuatan Mad Box sendiri diperkirakan akan selesai tiga tahun lagi, jadi kemungkinan Mad Box akan dirilis bersamaan dengan PlayStation 5 atau console lain yang segenerasi.

Sementara itu, mengenai harga, Ian Bell juga tidak memberi angka pasti. Ia hanya berkata bahwa harga Mad Box akan kompetitif dengan console lainnya. “Harga akan menurun seiring dengan kuantitas penjualan produk, tapi kami tidak berencana mengambil keuntungan sebesar pembuat console lain, ini membuat kami bisa menekan harga besar-besaran,” ujarnya. Namun setidaknya, di awal perilisan, harga Mad Box akan setara dengan console pada umumnya.

Sumber: Variety Gaming

Play video

16 June 2021

HY ESPORTS - ESPORT TIDAK MENGENAL DAERAH

HY Esports adalah acara baru di Hybrid.IDN yang akan menampilkan berbagai segmen dalam satu gelaran acara. Akan ada scrim, interview, give away yang ...

Others from #HybridTV