Dark
Light

Detik, Okezone dan Beberapa Situs Tidak Bisa Diakses Akibat UPS di Gedung IDC 3D Terbakar (Updated)

by
1 min read
August 13, 2012

Hari Minggu, sekitar pukul 8 malam muncul informasi di Twitter dari co-founder dan chairman IDC yang menyebutkan terjadi pemadaman listrik di gedung IDC. Kejadian ini mengakibatkan beberapa situs ternama di Indonesia tidak bisa diakses, pemadaman listrik dilakukan karena karena terjadi kebakaran UPS gedung IDC 3D.

Internet Data Center – IDC 3D sendiri merupakan pusat data yang menjadi ‘rumah’ dari beberapa situs ternama seperti Detik, Okezone, MalesBanget.com, serta Yahoo Indonesia. Dari beberapa situs ini, seperti yang dikutip dari DailySocial, hanya Yahoo yang bisa diakses ketika terjadi pemadaman listrik di gedung IDC.

IDC 3D juga merupakan ‘rumah’ bagi Open IXP (Open Internet Exchange Point) yang menjadi alternatif IXX (Indonesia Internet Exchange), dua pusat data ini melayani lalu lintas internet di Indonesia dan menjadi rumah bagi sejumlah besar situs lokal. Selain beberapa situs di atas, situs Jardiknas juga terkena imbas dari kejadian ini.

Johar Alam Rangkuti dari IDC mengumumkan via Twitter bahwa saat ini listrik telah dinyalakan kembali namun hanya untuk penerangan saja, beberapa waktu setelahnya lampu dan AC di area lantai 3 gedung tersebut sudah kembali nyala. Akun Twitter Pustekkom Kemdikbud juga menginformasikan bahwa terjadi kebakaran di IDC 3D dan memperkirakan pukul 12 tengah malam semua akan kembali normal. Namun saat tulisan ini ditulis akses ke beberapa situs masih tidak bisa dilakukan, sepertinya situs akan baru bisa diakses Senin pagi, karena sementara listrik sudah dinyalakan namun prosesnya akan bertahap untuk semua berjalan kembali normal.

Kita tunggu perkembangan selanjutnya dari kejadian ini.

Update: Ada koreksi paragraf pertama, selain itu menurut anggota direksi IDC seperti yang dikutip dari Kompas.com sekitar pukul 2 .30 pagi diperkirakan akses ke sejumlah situs akan kembali normal.

Update Senin, 9.57 WIB: Okezone sudah bisa diakses, malesbanget.com dan detik.com masih belum bisa.

Sumber: DailySocial. Gambar: Datacenterknowledge.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Kebakaran di Gedung IDC 3D, Beberapa Situs Lokal Seperti Detik, Okezone, dan Situs Lain Tidak Bisa Diakses

Next Story

Delapan Startup Menjadi Nominee INAICTA 2012

Latest from Blog

nubia V60 Design Hadir di Indonesia

ZTE Mobile Devices Indonesia secara resmi memperkenalkan smartphone terbarunya, nubia V60 Design di Indonesia. Smartphone ini dirancang dengan menghadirkan estetika dan teknologi,

Don't Miss

Penjualan PC awal 2023 turun

Penjualan PC Awal Tahun Turun Drastis, Apple yang Terparah

Dengan semakin majunya teknologi smartphone dan tablet, eksistensi PC tradisional
Apple-iPad-10th-gen-lifestyle

IDC: Penjualan Tablet Turun 3,3% Pada Tahun 2022, Chromebook Terjun 48%

IDC telah menerbitkan laporan pengiriman tablet dan Chromebook secara global