Detail MPL ID Season 12: Jadwal, Tim, Cara Beli Tiket dan Total Hadiah

Satu hal yang paling mencolok dengan format terbaru adalah kehadiran tim ke-9!

Turnamen Mobile Legends Professional League Indonesia (MPL ID) Season 12 diprediksi bakal makin panas berkat perubahan yang terjadi, tepatnya di musim yang baru kali ini. Begitu banyak perpindahan pemain secara besar-besaran yang terjadi di musim mendatang.

Beberapa buktinya adalah kepindahan Alberttt dari tim Rex Regum Qeon (RRQ) ke ONIC Esports, dan juga hadirnya Dewa United Esports sebagai penantang baru di MPL ID Season 12 mendatang.

Sumber: Instagram ONIC Esports

Sengitnya pertandingan tentu akan tersaji di musim apalagi para finalis dari MPL ID Season 12 akan berangkat mewakili Indonesia pada turnamen kelas dunia yang bertajuk M5 World Championship di Filipina.

Terdapat beberapa perbedaan yang akan terjadi musim seperti format pertandingan, venue, hingga prize pool.

Tim dan Prize Pool MPL ID Season 12

Sumber: IG MPL Indonesia

Tampil beda, pihak Moonton resmi menambah satu slot franchise untuk gelaran MPL ID Season 12. Benar, menambah bukan mengganti karena total tim yang akan bertanding menjadi 9, berikut daftar tim yang akan bertanding:

  1. Alter Ego
  2. AURA Fire
  3. Bigetron Alpha
  4. EVOS Legends
  5. Geek Fam ID
  6. ONIC Esports
  7. Rebellion Zion
  8. Rex Regum Qeon
  9. Dewa United Esports

Nama baru yang akan mengisi satu slot franchise di MPL ID Season 12 adalah Dewa United. Tim tersebut sebenarnya sudah sering bertanding namun di liga atau kasta kedua, tepatnya di MDL.

Selain kedatangan Dewa United Esport, rupanya penambahan tim dan pertandingan juga mempengaruhi jumlah prize pool yang disajikan untuk MPL ID Season 12.

Diumumkan melalui press conference, peningkatan pada prize pool MPL ID Season 12 yang dari awalnya sebesar US$300,000 (Rp4,48 miliar), kini meningkat menjadi US$336,500 (Rp5 miliar).

Format Pertandingan MPL ID Season 12

Sumber: MPL Indonesia

MPL ID Season 12 sendiri akan berlangsung pada 13 Juli - 15 Oktober 2023. Turnamen ini akan dibagi menjadi dua tahap yaitu fase Regular Season yang akan bergulir pada 13 Juli - 24 September 2023 dan berikutnya babak Playoff yang dilaksanakan pada 11 - 15 Oktober 2023.

Dengan adanya penambahan tim, tentu membuat jumlah pertandingan di gelaran MPL ID Season 12 kini semakin banyak. Oleh sebab itu, babak Regular Season musim kali ini akan dimulai pada hari Kamis hingga Minggu yang sebelumnya dimulai dari Jumat hingga Minggu.

Lalu pada babak Regular Season nantinya, setiap tim akan diberi kesempatan untuk bertanding melawan seluruh peserta. Selain itu, sistem pertandingan yang berlaku adalah Single Round Robin dengan format Best of Three (Bo3).

Jika melihat dari musim lalu, tim yang berhasil memenangkan pertandingan akan memperoleh tambahan satu poin. Sedangkan tim yang kalah akan mendapat pengurangan satu poin.

Single Round Robin sendiri merupakan format atau sistem yang membuat para peserta berusaha keras untuk mencari poin sebanyak-banyaknya guna menemapti posisi klasemen terbaik. Nantinya, 6 tim dari total 9 tim dengan peringkat teratas berhak melaju ke babak Playoff.

Sumber: Presscon MPL Indonesia

Mengingat akan ada 9 tim yang bertanding di musim ini, maka terhitung mulai MPL ID Season 12 sebanyak tiga tim akan gugur di fase Regular Season. Namun, mereka masih dapat berlaga kembali di musim yang akan datang mengingat statusnya sebagai tim franchise.

Adapun sistem yang digunakan pada fase Playoff nantinya akan beralih menjadi Single Elimination atau sistem gugur. Kemudian format yang digunakan adalah Best of Five (Bo5). Terdapat sedikit perbedaan di Grand Final yang akanย  meggunakan formatBest of Seven (Bo7).

Jadwal MPL ID Season 12

Sumber: Presscon MPL Indonesia

Terdapat penyesuaian jadwal yang dilakukan yang pada babak Regular Season akan berlangsung dengan jeda atau libur. Lantaran terdapat beberapa kompetisi yang berlangsung bersamaan dengan MPL ID Season 12.

Di pertengahan pekan pertama dan kedua, terdapat agenda Challenge Finals Snapdragon Pro Series MLBB Season 3. Sementara itu, pada pertengahan pekan kelima dan keenam, bakal ada gelaran IESF 15th World Championships IASI 2023 Romania.

Berikut beberapa alasan yang menyebabkan rangkaian Playoff MPL ID Season 12 tidak berjalan secara terus menerus selama delapan pekan ke depan, berikut pembagian jadwalnya:

  • Week 1: 13 - 17 Juli 2023
  • Week 2-5: 27 Juli - 20 Agustus 2023
  • Week 6-8: 7 September - 24 September 2023
  • Playoff: 11 - 15 Oktober 2023

Berikut jadwal MPL ID Season 12 di laga pembuka babak Regular Season:

Sumber: MPL Indonesia

Untuk detail jadwal yang lebih lengkapnya bisa mengunjungi website MPL Indonesia di sini.

Lokasi dan Pembelian Tiket MPL ID Season 12

Sumber: MPL Indonesia

Terdapat perbedaan harga tiket yang diperjualbelikan hingga tempat pelaksanaan dari MPL ID Season 12.

Bila sebelumnya rangkaian turnamen MPL ID Season 11 digelar di Sanctuary Auditorium, Menara Kuningan, Jakarta Selatan, maka MPL ID Season 12 rencananya akan diselenggarakan di XO Hall, Tanjung Duren, Jakarta Barat.

Dalam penyelenggaraan musim ini, tiket untuk penonton dibanderol seharga Rp85,000. Masih sama seperti musim lalu yang harga satu tiket hanya berlaku untuk satu pertandingan saja.

Sumber: MPL Indonesia

Untuk pembelian tiketnya sendiri dapat langsung dipesan secara online melalui aplikasi atau website Blibli. Namun, bagi para penggemar Mobile Legends: Bang Bang Indonesia yang tidak dapat menyaksikan langsung jangan khawatir.

Karena pertandingan MPL ID Season 12 sebenarnya bisa tetap Anda saksikan secara langsung secara online melalui kanal YouTube resmi MPL Indonesia.