Dark
Light

Microsoft Siap Ramaikan Kancah Desktop Modular?

1 min read
February 16, 2016

Konsep modularitas di sejumlah perangkat modern saat ini tengah menjadi pusat perhatian banyak kalangan. Konsep ini menawarkan fleksibilitas di mana pengguna memperoleh kebebasan untuk membongkar dan mengganti komponen perangkat tanpa harus membeli satu perangkat utuh ketika ingin melakukan upgrade. Google terjun ke konsep ini lebih dulu melalui Project Ara-nya, kemudian Acer tak tinggal diam dan telah menawarkan mini desktop Revo Build, begitu juga Lenovo lewat PC modularnya.

Melihat ketertarikan sejumlah pabrikan-pabrikan besar tersebut, tak berlebihan bila kemudian kita juga menemukan Microsoft ikut ambil bagian di sana.

Microsoft dikabarkan telah mematenkan sebuah konsep perangkat PC modular  yang selain memungkinkan kustomisasi yang menyeluruh, juga memberikan keleluasaan kepada pengguna untuk merakit dan mengganti komponen yang dirasa perlu peningkatan. Dalam pandangan Microsot, konsep modular pada PC akan mengeliminasi permasalahan dalam peningkatan fungsionalitas perangkat yang di konsep konvensional cenderung lebih mahal.

Microsoft-modular-computing-device-stackable

Dilansir oleh Venturebeats, paten ini diajukan pada bulan Juli 2015 dan diterbitkan minggu lalu di mana Tim Escolin yang merupakan perancang senior Microsoft Surface tertera sebagai salah satu penulisnya.

Jadi tidak mengejutkan jika kita mendapati fitur tablet Surface seperti dalam paten sebagai komponen modular. Microsoft mempunyai rancangan modul yang berbeda yang disatukan bersama-sama melalui sambungan magnetis atau dengan kait mekanik, didukung oleh “tonjolan dan rongga” yang akan memungkinkan pengguna untuk menambahkan komponen baru ke dalam satu rangkaian. Tak berheti di sana, paten juga menyinggung penggunaan potensi penanaman hardware Microsoft lainnya, seperti Kinect dan headset HoloLens.

Hanya saja, mengingat ini barulah sebatas paten, maka belum dapat dipastikan apakah Microsoft benar-benar akan mewujudkannya dalam wujud perangkat komersil. Tetapi paling tidak teknologi modular ada dalam daftar pertimbangan Microsoft.

Sumber berita Liliputing dan gambar header Shutterstock.

Previous Story

Lenovo Isyaratkan Punya Smartphone Keren di Ajang MWC 2016

Next Story

Di Hari Kasih Sayang, Wavoo dan YesBoss Kolaborasi Hadirkan Layanan Terpadu

Latest from Blog

nubia V60 Design Hadir di Indonesia

ZTE Mobile Devices Indonesia secara resmi memperkenalkan smartphone terbarunya, nubia V60 Design di Indonesia. Smartphone ini dirancang dengan menghadirkan estetika dan teknologi,

Don't Miss

Microsoft 365 Copilot Rilis Update Terbaru, Tawarkan Sistem AI yang Lebih Terintegrasi

Keseriusan Microsoft untuk mengembangkan sistem AI Copilot terus dibuktikan lewat

GoTo Gandeng Microsoft Dukung Produktivitas Tim Engineer Lewat GitHub Copilot

GoTo Group, salah satu ekosistem digital terbesar di Indonesia, telah