Dark
Light

Deretan Effect Instagram yang Menarik untuk Dicoba oleh Penggemar Fotografi

2 mins read
April 19, 2023
Deretan-Effect-Instagram-yang-Menarik-untuk-Dicoba-oleh-Penggemar-Fotografi

Sebagai penggemar fotografi, bagi saya Instagram masih menjadi platform terbaik untuk para fotografer. Di sini, kita bisa menampilkan karya foto dan video dengan begitu indah dan tampak lebih artistik.

Banyak fotografer setuju bahwa kamera terbaik adalah kamera yang paling dekat dengan kita. Dalam hal ini adalah smartphone, yang memungkinkan kita menangkap momen menarik yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

Nah terkadang saya hanya ingin memotret dan membagikannya dengan cepat. Oleh karena itu, saya memotret lewat fitur kamera yang ada di dalam aplikasi Instagram dan betapa terkejutnya menjumpai banyak sekali effect Instagram yang bisa dipilih sesuai preferensi.

Berikut ini sejumlah effect Instagram yang harus Anda coba, terutama untuk Stories dan Reels untuk menghasilkan foto maupun video yang unik dan berbeda. Perlu dicatat, bahwa tujuan pengambilan gambar dengan effect Instagram ini adalah untuk menghasilkan foto kreatif dengan tampilan yang unik.

1. Effect IG Monochrome

B.W GRAIN by rivensmeicky
B.W GRAIN by rivensmeicky

Dalam foto hitam putih, warna tidak lagi menjadi elemen yang menonjol. Artinya lebih mudah menekankan objek utama yang difoto, kita akan lebih pada komposisi, pencahayaan, dan tekstur. Effect monochrome juga dapat memberikan suasana yang lebih dramatis atau suram untuk mengekspresikan emosi dan pesan yang ingin coba disampaikan.

Untuk menemukan effect hitam ini, cukup pergi ke browse effect dan ketik “monochrome” atau “black & white”. Ada banyak pilihan yang bisa dicoba, baik dengan kontras rendah, sedang, atau tinggi. Foto di atas menggunakan B.W GRAIN by rivensmeicky, dengan kontras sedang, efek film grain yang cukup kuat, dan sedikit flare. Anda juga bisa mencoba effect bernama signature, signature ii by npmalina.

2. Effect IG Film Analog

kodak film II by danielmeroc
kodak film II by danielmeroc

Effect film analog di Instagram ini favorit saya, yang dapat meniru tampilan film analog pada foto digital. Kita bisa bereksplorasi lebih jauh untuk mencapai tampilan vintage atau klasik pada hasil foto dan video dari smartphone.

Setiap jenis film analog memiliki karakteristik yang unik dalam memberikan tampilan yang khas pada foto, yang dapat membantu meningkatkan mood. Pada browse effect, Anda bisa mengetik kata kunci seperti 35mm, analog, film, Fuji, Kodak, dan sebagainya. Foto di atas menggunakan kodak film II by danielmeroc, kalian juga bisa coba analog by npmalina.

3. Polaroid / Instax

polaroid by siaskrule
polaroid by siaskrule

Salah satu ciri khas dari kamera instan Polaroid dan Instax adalah bingkai foto dan kualitas gambarnya yang unik dengan tampilan penuh dengan karakter. Sebab mereka menggunakan teknologi instant film yang berbeda dari film fotografi tradisional sehingga memberikan hasil yang sangat klasik.

Selain bingkai yang bisa dipilih, baik dari pola dan warnanya, termasuk rasio aspeknya. Terkenal dengan warna-warna yang cerah dan hidup, cocok dipakai pada project kreatif. Untuk mencobanya, kalian bisa ketikkan kata kunci “Polaroid” atau “Instax” pada menu browse effect di Instagram. Contoh foto di atas diambil menggunakan effect polaroid by siaskrule.

4. Effect IG Grain

Hey by guimiller
Hey by guimiller

Efek grain atau butiran pada foto adalah satu cara yang digunakan oleh fotografer untuk menciptakan tampilan foto yang kreatif. Grain terjadi ketika mengambil gambar menggunakan film kamera, yang disebabkan oleh butiran-butiran perak pada permukaan film.

Grain pada foto ini dapat memberikan kesan klasik, vintage, dan seakan-akan diambil pada masa lalu. Ada berbagai jenis efek grain yang dapat digunakan, seperti grain kasar, halus, bergradasi, dan tipis. Silahkan pilih disesuaikan dengan tema foto Anda, ketik grain pada menu browse effect dan foto di atas menggunakan effect bernama Hey by guimiller.

5. Effect IG Minimalis

OBSIDIAN by edwinyg
OBSIDIAN by edwinyg

Kalau yang satu ini didesain untuk memberikan tampilan yang bersih, sederhana, dan minimalis pada foto. Contohnya OBSIDIAN by edwinyg yang cocok untuk memotret bergaya flat lay atau membidik sejumlah objek, baik makanan dan produk tertentu dari atas ke bawah lurus 90 derajat. Objek tersebut diletakan di permukaan datar yang menghadap ke kamera dan ditata sedemikian rupa.

Demikian daftar effect Instagram yang menarik untuk dicoba oleh para penggemar fotografi. Dengan menggunakan effect dari Instagram, kita dapat menghemat waktu dan meniadakan tahap pengeditan foto. Fotografer dapat langsung menerapkan effect Instagram yang sesuai pada foto dan dapat langsung membagikannya sebagai Stories dan Reels.

EVOS Icon juara MDL ID Season 7
Previous Story

Raih Trofi Kedua, EVOS Icon Sukses Juarai MDL ID Season 7

Xiaomi Pad 6 Pro Ditenagai Snapdragon 8+ Gen 1 1
Next Story

Xiaomi Pad 6 Pro Ditenagai Snapdragon 8+ Gen 1, Punya Kamera Depan 20MP dengan Auto-tracking

Latest from Blog

Don't Miss

Ide Kegiatan Fotografi di Masa Liburan dengan Galaxy S23 Series

Momen liburan akan segera tiba. Salah satu kegiatan yang tidak

Foto-foto dengan Vivo V29 di Singapura, Tidak Perlu Lagi Bawa Kamera Saku

Baru-baru ini Vivo mengundang Hybrid untuk ikut dalam acara yang