Dark
Light

Demi Venera, Erajaya Bangun Pabrik di Indonesia

1 min read
June 1, 2014

Setelah sukses membuka 120 gerai baru sepanjang tahun 2013, PT Erajaya Swasembada Tbk. akan segera membangun pabrik untuk ponsel besutan mereka, Venera, di Indonesia.

Nominal proyek ini belum dipaparkan ke publik oleh Erajaya, namun Budiarto Halim selaku Direktur Utama memberi kisaran dana sebesar Rp 50 miliar akan dikucurkan demi terealisasikannya rencana jangka panjang tersebut.

Dana tersebut termasuk bagian untuk pengembangan perusahaan tahun ini yang sebesar Rp 100 miliar, sisanya akan dialirkan untuk produk-produk lain dari Erajaya. Tak hanya sampai di situ, Rp 110 miliar lagi akan dialokasikan untuk pembangunan kantor operasi yang akan dibangun di bilangan Jakarta Barat.

Mengutip pernyataan Budiarto Halim dari Neraca.com, ”Kami perkirakan, dua atau tiga bulan kedepan proses studi kelayakan ini akan kelar. Karena sudah tidak ada waktu lain lagi. Jadi, setelah proses itu kelar, kami tinggal ‘start’ saja pembangunan pabrik tersebut.”

Erajaya Group kini memiliki 13 mitra dari brand dunia, seperti Acer, Apple, Asus, BlackBerry, Dell, HTC, Huawei, Lenovo, LG, Motorola, Nokia, Samsung, Sony, dan lebih dari 19.000 reseller pihak ketiga. Demi melancarkan bisnis mereka, Erajaya segera menuruti peraturan pemerintah yang disebutkan dalam Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 82/M-DAG/PER/12/2012 tentang kegiatan impor telepon seluler, komputer genggam, dan tablet di Indonesia pada tahun 2012. Lantas para pelaku bisnis tersebut diberikan waktu tiga tahun sejak peraturan pemerintah terbit, Erajaya pun dengan segera merealisasikannya setelah proses studi kelayakan selesai.

Dengan total 457 gerai dan 98 titik distribusi di seluruh Indonesia, Erajaya ditengarai semakin serius mengembangkan potensi Venera di pasar menengah ke bawah tanah air. Menilik kembali total penjualan bersih Erajaya  pada kuartal pertama 2013 sebesar Rp 2,93 triliun, di periode yang sama tahun ini mereka mendapatkan total penjualan bersih sebesar Rp 3,09 triliun, meningkat 5,52%. 6,75% laba bersih turut meningkat sejak kuartal pertama tahun lalu, dari Rp 75,57 miliar menanjak hingga Rp 80,67 miliar, berdasarkan laporan enciety.co.

Direktur PT. Erajaya Swasembada Tbk, Sim Chee Ping ingin sekali pembangun agar segera dimulai tahun ini sehingga semua dapat selesai secepatnya. “Kami sudah akuisisi tanahnya dimana nantinya pabrik Venera itu berdiri,” katanya.

 

[ilustrasi foto: Shutterstock]

Artikel sindikasi ini pertama kali dimuat di DailySocial dan ditulis oleh Michael Erlangga. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Game Android Pilihan 26 – 31 Mei 2014

Next Story

Segmen Iklan Digital di Indonesia Diperkirakan Capai 8,8% Total Market Share Tahun 2017

Latest from Blog

Don't Miss

Erajaya Digital Adakan Turnamen Esports Berhadiah Ratusan Juta Rupiah

Dukungan Erajaya Digital terhadap industri esports Indonesia kini memasuki tahun

Niko Partners: Pertumbuhan Industri Game Indonesia di 2023 Melambat

Game menjadi salah satu industri yang justru tumbuh selama pandemi