Dark
Light

DealKeren Luncurkan Tampilan Mobile

1 min read
May 4, 2011

Salah satu situs daily deals populer di tanah air, DealKeren meluncurkan versi mobile web untuk mengakomodasi pengguna ponsel. Menurut Nia Anchali, Business Development Head DealKeren, update ini sudah ditampilkan sejak sekitar dua minggu yang lalu. Sayangnya DealKeren tidak punya blog post yang menjelaskan tentang “cerita” di balik pembuatan versi mobile web ini. Anda dapat mengecek tampilan mobile DealKeren melalui tautan ini.

Buat saya sih, bakal lebih keren jika sistem dapat mendeteksi secara otomatis pengunjung yang datang dengan browser ponsel dan melemparkannya langsung ke tampilan mobile web. Tidak perlu lagi ada folder khusus (/mobile) untuk mengakomodasi tautannya.

Sejauh ini, baru Lapar.com yang saya temui sudah menerapkan prinsip mobile web seperti ini, dan baru Lapar dan DealKeren yang secara khusus mengembangkan tampilan daily deals khusus untuk pengguna ponsel. Perlu diingat bahwa John Liu, Head of Google China di ajang GMIC, menegaskan di poin pertama bahwa smartphone is the future. Di Indonesia, sudah lebih banyak orang mengakses Internet lewat ponsel ketimbang komputer. Ini harus jadi pertimbangan khusus bagi pengembang startups supaya tidak ketinggalan kereta.

Kembali ke situs mobile DealKeren, saya akui tampilannya cukup intuitif. Anda bisa membuat login baru dan melakukan transaksi dari tampilan mobile ini. Meskipun demikian, masih saya menemukan sejumlah kekurangan dari situs ini. Berdasarkan pengaksesan dari BlackBerry browser (OS 5.0) dan Mobile Safari (iOS), khusus untuk di BB browser kita tidak dapat menggunakan drop down pilihan kota (Jakarta atau Bandung). Saat pendaftaran pengguna baru, baik melalui BB maupun iOS tidak bisa menggunakan pilihan Connect with Facebook. Jika memilih untuk mendaftarkan user baru, lima baris isiannya tidak informatif. Di BlackBerry browser, ada title untuk tiap baris jika di-mouseover, tapi di iOS hal itu tidak tampil sama sekali, sehingga terlihat kosong saja.

Satu hal lagi, meskipun sepele, tidak ada tautan ke frontpage di logo DealKeren. Secara user experience (UX), biasanya tautan seperti ini bakal memudahkan navigasi jikalau pengguna “tersesat” di belantara laman-lamannya. Memang sih, bisa diklik ke ikon deals untuk sampai ke halaman awal, tapi seyogyanya akan lebih nyaman supaya logonya tetap diberikan tautan ke halaman depan.

Ke depannya, saya berharap situs daily deals akan lebih mempermudah lagi prosedur pembelian dan penggunaan voucher, di mana voucher tidak perlu lagi dicetak. Cukup gunakan ponsel dan sodorkanlah bukti voucher digitalnya saat akan melakukan pembelian.

Update: Groupon Disdus sekarang juga sudah ada versi tampilan mobile-nya.

[English version for this post]

5 Comments

  1. Dari sekian Groupon Clones, aku sempat iseng2 liat:
    Disdus http://www.disdus.com
    OgahRugi http://voucher.ogahrugi.com
    Valadoo http://www.valadoo.com
    Lapar http://www.lapar.com
    BeliPromo http://www.belipromo.co.id
    Mall Voucher http://www.mallvoucher.com
    IndoGroupon http://www.indogroupon.com
    Bom Diskon http://www.bomdis.com
    sudah Mobile Web enabled.

    Namun dari daftar itu,
    tidak semuanya memiliki akses untuk melihat dan beli deals,
    seperti yang disajikan oleh Disdus ataupun DealKeren

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Internet TV, Hot or Not?

Next Story

Internet TV, Hot or Not?

Latest from Blog

nubia V60 Design Hadir di Indonesia

ZTE Mobile Devices Indonesia secara resmi memperkenalkan smartphone terbarunya, nubia V60 Design di Indonesia. Smartphone ini dirancang dengan menghadirkan estetika dan teknologi,

Don't Miss

Layanan “Deals” DealJava Siap Sambangi Kota Baru di Tahun Ini

DealJava merupakan layanan yang menampilkan daftar deals atau promo untuk

Redupnya Pamor Layanan “Daily Deals” Tidak Mematahkan Semangat Para Pemain yang Tersisa

Di medio 2011-2012, layanan berkonsep daily deals atau yang menyuguhkan promo