Dark
Light

Data Popularitas Aplikasi Pesan di Berbagai Negara

by
1 min read
August 12, 2013

Tahun 2013 disebut-sebut sebagai tahunnya aplikasi pesan atau messaging apps. Persaingan semakin sengit terjadi, mulai dari KakaoTalk, WeChat, Line sampai dengan WhatsApp serta layanan pesan yang hadir dari jejaring sosial seperti Facebook Messenger. Lalu bagaimana popularitas layanan ini di berbagai negara?

Onavo Insights mencoba untuk menghadirkan ‘global reach’ dari berbagai aplikasi pesan yang ada dipasaran. Data ini memang telah dipublikasikan beberapa waktu lalu, tetapi tentunya tetap menarik untuk diperhatikan.

Ada 4 wilayah sebaran negara yang ada dalam data ini, di masing-masing wilayah menghadirkan ‘raja’ aplikasi pesan yang berbeda-beda. FB Msngr berjaya di Amerika, WhatsApp di Inggris, sedangkan KakaoTalk berjaya di Korea Selatan, Line di Jepang. WhatsApp berjaya di negara-negara Eropa dan Amerika Latin.

Sayangnya Indonesia tidak masuk dalam data kali ini. Bisa jadi Indonesia masih dalam tahap awal, karena beberapa layanan aplikasi pesan baru beberapa waktu lalu masuk secara resmi di pasar lokal dengan menghadirkan secara resmi perusahaan atau hadir lewat berbagai iklan yang membombardir pasar lokal.

Selain itu data yang disediakan juga hanya berdasarkan penggunaan aplikasi untuk platform iOS. Di beberapa negara, platform ini masih kalah populer dengan platform lain, Android misalnya.

Untuk lebih lengkap, silahkan disimak data ‘Global Reach of Messaging Apps’. Bagaimana dengan Anda, aplikasi pesan apa yang Anda gunakan?

 Sumber artikel dan gambar: AllThingsD dan TheNextWeb. Data Onavo. Sumber gambar header Digital Storm/Shutterstock.

2 Comments

  1. iya nih tidak atau blm ada. bisa jadi karena data ini berdasarkan penggunaan iOS, pengguna perangkat apple di sini masih tidak terlalu banyak dibandingkan platform lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Nexus 5 Akan Dibuat oleh Motorola?

Next Story

[Manic Monday] The Importance of Symbiosis Between Content And Technology

Latest from Blog

Don't Miss

Semua Hal yang Diumumkan NVIDIA pada Computex 2024

Dalam presentasi selama 1 jam 47 menit, CEO dan pendiri

Snack Video Punya 43 Juta Pengguna di Indonesia, Siap Ungguli para Pesaingnya

Siapa yang saat ini tidak mengakses aplikasi berbasis video pendek?