23 February 2023

by Glenn Kaonang

Daftar Motor Listrik yang Sudah Bisa Dibeli di Indonesia

Opsi motor listrik di Indonesia semakin banyak, dan harga jualnya pun kian kompetitif

2023 diperkirakan bakal menjadi tahunnya sepeda motor listrik. Banyaknya perusahaan yang berkiprah di segmen ini, ditambah lagi wacana pemerintah untuk memberikan subsidi, membuat minat masyarakat terhadap motor listrik semakin menjadi-jadi.

Menjelang akhir Februari 2023 ini, pilihan motor listrik yang tersedia di tanah air sudah sangat bervariasi. Selain dari sejumlah pemain lama, ada juga yang berasal dari pendatang baru di industri otomotif, tidak ketinggalan pula perusahaan perangkat elektronik yang memutuskan untuk melebarkan sayapnya ke ranah motor listrik.

Secara harga, motor listrik sekarang sudah tergolong sangat kompetitif jika dibandingkan dengan motor bermesin bensin. Mulai dari belasan juta rupiah sampai sekitar 30 jutaan, ada banyak opsi motor listrik yang dapat dipilih konsumen.

Apa saja opsi yang tersedia? Berikut rangkumannya.

Daftar motor listrik yang sudah bisa dibeli di Indonesia beserta harganya

Gesits G1

Sudah tersedia cukup lama, harga motor listrik Gesits G1 saat ini berada di kisaran 29 juta rupiah. Harga tersebut adalah harga on-the-road untuk kawasan Jabodetabek, dan konsumen pun dapat langsung melakukan pemesanan melalui marketplace.

Secara spesifikasi, Gesits G1 dibekali Permanent Magnet Synchronous Motor dengan sistem pendingin udara dan transmisi pulley belt. Tenaga maksimum yang dapat dihasilkan mencapai angka 6,7 hp, dengan torsi maksimum sebesar 30 Nm. Untuk akselerasi 0-50 km/jam, Gesits G1 mampu menyelesaikannya dalam waktu 5 detik saja, sementara kecepatan maksimumnya bisa menembus angka 70 km/jam.

Gesits G1 mengandalkan baterai Li-NCM 72 volt 20 Ah. Dalam posisi terisi penuh, baterai tersebut mampu membawa kendaraan menempuh jarak 50 km. Kalau dirasa kurang, pengguna punya opsi untuk menyelipkan unit baterai kedua dan menggandakan jarak tempuhnya menjadi 100 km.

Polytron Fox-R

Ya, produsen perangkat elektronik ini tidak mau ketinggalan demam motor listrik. Di marketplace, Polytron Fox-R dibanderol seharga 20,5 juta rupiah (off-the-road). Harga tersebut belum termasuk unit baterai berkapasitas 3,7 kWh yang harus ditebus dengan sistem sewa seharga 250 ribu per bulan.

Di atas kertas, performa motor listrik yang satu ini terdengar menarik, utamanya dengan kecepatan maksimum 90 km/jam dan jarak tempuh per charge sejauh 130 km. Lama waktu pengisian baterai yang dibutuhkan sendiri berkisar antara 4,5 - 5 jam.

NIU Gova 03

NIU memiliki sejumlah opsi motor listrik, namun salah satu yang paling menggiurkan adalah NIU Gova 03. Dijual seharga Rp25.800.000 (on-the-road Jabodetabek), Gova 03 bisa menjadi alternatif yang sangat menarik untuk kegiatan komuter sehari-hari.

Berbekal motor berdaya 2.000 watt, Gova 03 mampu mencatatkan kecepatan maksimum setinggi 60 km/jam. Dalam sekali charge, baterai Lithium Iron Phosphate 60 volt 40 Ah yang tersematkan siap membawanya menempuh jarak sejauh 70 km. Tidak kalah menarik adalah sistem EBS Power Recovery yang akan membantu meningkatkan efisiensi daya dengan mengubah energi pengereman kembali menjadi tenaga baterai.

Selis Agats

Salah satu opsi motor listrik paling terjangkau saat ini adalah Selis Agats. Untuk harga off-the-road, motor ini bisa didapatkan hanya dengan modal Rp14.999.000 saja, dengan perkiraan biaya tambahan sebesar 4,6 jutaan untuk pengurusan dokumen-dokumennya bagi konsumen di area Jawa Timur.

Untuk spesifikasinya, Selis Agats mengandalkan baterai bertipe sealed lead acid (SLA) 72 volt 20 Ah. Unit tersebut cukup untuk membawanya menempuh jarak 50 km dalam sekali pengisian, sementara kecepatan maksimumnya sendiri berada di kisaran 60 km/jam.

Davigo Dragon Lithium

Kalau jarak tempuh merupakan prioritas utama, maka Davigo Dragon Lithium ini bisa menjadi pertimbangan. Pasalnya, motor listrik ini dapat menempuh jarak sejauh 180 km menggunakan baterai 72 volt 60 Ah. Namun tentu saja, dengan kapasitas yang besar, maka waktu pengisiannya pun juga cukup lama, kurang lebih sekitar 10 jam dari kosong hingga penuh.

Soal performa, Davigo Dragon Lithium sanggup digeber hingga secepat 70 km/jam. Harganya pun terbilang kompetitif: Rp23.970.000 (on-the-road khusus area Jakarta).

Yadea G6

Motor listrik yang satu ini memiliki tampilan yang sangat kece yang berhasil memenangkan penghargaan bergengsi Red Dot Design Award. Tak hanya cantik di luar, Yadea G6 juga menawarkan performa yang cukup mumpuni dengan kecepatan maksimum 70 km/jam.

Yadea G6 mengandalkan baterai berjenis graphene dengan kapasitas 72 volt 38 Ah. Dalam posisi terisi penuh, baterai tersebut sanggup membawa kendaraan menempuh jarak 100 km, sudah lebih dari cukup untuk skenario penggunaan di dalam kota. Di marketplace, Yadea G6 dijual seharga Rp29.350.000.

Rakata S9

Alternatif motor listrik terjangkau lain yang bisa dipertimbangkan adalah Rakata S9. Dijual on-the-road seharga Rp17.000.000 untuk kawasan Jabodetabek, Rakata S9 tentu terdengar sangat menarik bagi mereka yang menginginkan kendaraan ramah lingkungan namun bujetnya terbatas.

Soal performa, Rakata S9 mengandalkan motor berdaya 800 W dengan kecepatan maksimum 49 km/jam. Unit baterai yang digunakan merupakan tipe lead acid gel dengan kapasitas 60 volt 20 Ah. Dalam sekali pengisian, motor listrik ini bisa menempuh jarak sejauh 60 km.

Viar Q1

Viar saat ini sudah memiliki beberapa opsi sepeda motor listrik dengan kisaran harga 20-30 jutaan rupiah. Model yang paling murah adalah Viar Q1, dengan harga on-the-road Rp20.640.000 untuk area Jawa Tengah.

Apa saja yang bisa didapat dari motor seharga 20 juta lebih sedikit tersebut? Kecepatan maksimum 60 km/jam dan jarak tempuh sejauh 60 km menggunakan baterai 60 volt 23 Ah. Versi baru Viar Q1 disebut juga sudah mengandalkan smart key system yang tentu akan semakin menambah nilai praktisnya.

U-Winfly

Selain para pemain lokal, produsen asal Tiongkok pun tidak mau ketinggalan momentum sepeda motor listrik di Indonesia. Salah satunya adalah U-Winfly yang langsung menawarkan sejumlah opsi. Buat yang memiliki bujet 20 jutaan, ada U-Winfly X7 yang bisa menjadi pertimbangan.

Dengan bekal motor listrik berdaya 2.000 watt, X7 siap melaju hingga mencapai kecepatan maksimum 65 km/jam, dengan jarak tempuh paling jauh 80 km. Di marketplace, U-Winfly X7 dibanderol seharga Rp19.800.000 (off-the-road), dengan perkiraan biaya pengurusan surat-surat sebesar 3 jutaan rupiah.

Alva One

Buat yang memiliki bujet cukup fleksibel, Alva One bisa menjadi opsi yang menarik. Dengan harga Rp36.490.000 (on-the-road Jabodetabek), hadir membawa desain bongsor yang keren sekaligus performa yang andal.

Salah satu fitur menarik yang ditawarkan adalah adanya tiga mode berkendara, masing-masing dengan setelan kecepatan maksimum yang berbeda: Eco (43 km/jam), Cruise (70 km/jam), dan e-Sport (90 km/jam). Torsinya pun relatif besar di angka 46,5 Nm.

Alva One ditenagai baterai lithium berkapasitas 2,7 kWh yang siap membawanya menempuh jarak 70 km sebelum perlu diisi ulang. Lama pengisiannya membutuhkan waktu sekitar 4 jam.

Smoot Tempur

Satu lagi opsi motor listrik dengan harga di bawah 20 juta rupiah. Di kawasan Jabodetabek, Smoot Tempur dijual seharga Rp17.500.000, sangat menarik bagi konsumen yang ingin mencicipi kepraktisan motor listrik tanpa mengeluarkan modal besar.

Menilik dapur pacunya, Smoot Tempur dibekali baterai 64 volt 21,5 Ah yang siap membawanya menempuh jarak 60 km dalam sekali pengisian. Baterai yang digunakan pun bersifat swappable, yang berarti selain di-charge, ia juga bisa ditukar dengan dengan unit lain di berbagai swap point. Tenaganya sendiri berasal dari motor DC brushless berdaya 1.500 watt, dan ia siap melaju dengan kecepatan maksimum 60 km/jam.

Charged Maleo

Lineup Charged untuk tahun 2023 terdiri dari tiga model dengan kisaran harga 20-30 jutaan rupiah. Model yang paling terjangkau adalah Charged Maleo seharga Rp24.000.000 (on-the-road). Namun perlu dicatat, harga tersebut belum termasuk biaya sewa baterai sebesar 350 ribu per bulan.

Bicara soal baterai, Maleo memiliki jarak tempuh maksimum sejauh 125 km sebelum baterainya perlu di-charge. Tenaganya terbilang cukup lumayan, dengan torsi 80 Nm dan kecepatan maksimum di angka 70 km/jam.

United MX-1200

Di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 yang digelar baru-baru ini, United meluncurkan motor listrik terbaru sekaligus termurahnya, MX-1200. Model anyar ini dijual dengan harga Rp14.800.000, dan jika program subsidi pemerintah sudah berjalan, maka konsumen bisa mendapatkannya seharga kurang dari 8 juta rupiah.

Meski murah, spesifikasi yang ditawarkan tetap mumpuni. Motor berdaya 2.200 watt-nya siap membawa kendaraan melaju dengan kecepatan maksimum 65 km/jam, sementara baterai graphene-nya punya tenaga yang cukup untuk menempuh jarak sejauh 80 km dalam sekali charge.

ION M1-S

Terakhir ada ION M1-S yang menduduki segmen cukup high-end. Tak hanya bermodalkan tampang yang keren, motor listrik yang satu ini turut mengunggulkan performa yang mumpuni sekaligus efisien.

Secara teknis, ION M1-S mengandalkan motor bertenaga 12,5 kW yang siap menghasilkan torsi sebesar 43 Nm dan kecepatan maksimum 105 km/jam. Akselerasi 0-50 km/jam pun dapat dengan mudah dirampungkannya dalam waktu 3,7 detik.

Soal jarak tempuh, ION M1-S hadir mengusung dua varian baterai: satu cukup untuk menempuh jarak sejauh 120 km, satu lagi bisa sampai 150 km. Harganya sendiri berada di kisaran 49 juta rupiah untuk varian 120 km, dan 56 juta rupiah untuk varian 150 km.

Mana motor listrik dari Honda, Yamaha, dan lainnya?

Melihat banyaknya opsi sepeda motor listrik yang tersedia di Indonesia saat ini, sebagian besar dari kita mungkin merasa ada yang sedikit janggal: dari sekian banyak tadi, tidak ada satu pun yang berasal dari Honda, Yamaha, maupun merek-merek lain yang sudah lama berkiprah di industri sepeda motor tanah air.

Ya, produsen-produsen veteran tersebut sejauh ini memang belum memasarkan motor listrik di Indonesia, tapi bukan berarti mereka tidak punya niatan sama sekali. Yamaha misalnya, meramaikan ajang IIMS 2023 dengan membawa motor listrik bernama Yamaha NEO'S. Sejauh ini memang belum ada informasi apakah NEO'S bakal resmi mengaspal di Indonesia, tapi yang pasti kendaraan ini sudah dijual secara resmi di salah satu negara tetangga, yakni Vietnam.

Honda EM1 e / Honda

Kalau Yamaha terkesan masih malu-malu, lain halnya dengan Honda. Pabrikan yang satu ini sudah mengonfirmasi bahwa mereka akan memasarkan dua motor listrik tahun ini juga. Apa saja motor yang dimaksud masih tanda tanya, akan tetapi di IIMS 2023 Honda sempat memamerkan sebuah motor listrik bernama EM1 e.