Dark
Light

Daftar Keunggulan Foldable Phone Flagship OPPO Find N3 Dibanding Pesaing

5 mins read
November 7, 2023

OPPO Find N3 tengah bersiap untuk dijual di pasar Indonesia, OPPO telah membuka minat konsumen dan telah memberikan kisi-kisi fitur unggulan perangkat foldable flagship ini. 

Find N3 memberikan beragam peningkatan, tidak hanya dari seri sebelumnya, yaitu Find N2, tetapi juga unggul di beragam faktor dibandingkan produk Fold sejenis lain yang ada di pasar Indonesia. 

Apa saja keunggulan OPPO Find N3? Mari kita bahas. 

 

Keunggulan dari sisi desain

OPPO Find N3 memberikan kesegaran dari sisi desain untuk perangkat ponsel lipat. 

Salah satu ‘wow’ faktor yang dibawa Find N3 adalah dari sisi desain.  OPPO Find N3 lebih enak dari sisi rasa genggam dibandingkan dengan Fold lain yang telah resmi dijual di Indonesia. 

Kesain tipis Find N3 cukup terasa di bagian pinggir perangkat yang hadir dengan kesan modern. Bagian belakang perangkat ini juga terasa lebih enak untuk digenggam, salah satunya karena bahan yang ditempatkan dibagian belakang. Untuk unit yang berwarna hitam, bagian belakangnya dengan efek kulit jeruk. 

Jika dibandingkan ketika diletakkan secara sejajar bisa terlihat juga bahwa bagian layar ketika dilipat lebih tipis dari perangkat Fold lainnya. Apalagi kalau melihat jeroan dan fitur yang ada di perangkat ini, kesain tipisnya jadi semakin terasa. 

Kiri perangkat Find N3
Kiri perangkat Find N3

OPPO Find N3 hadir dengan baterai yang lebih besar, yaitu 4800mAh, dukungan fast charging yang lebih besar juga sampai 67W serta hadir dengan kemampuan kamera yang lebih lengkap. 

Apalagi layar OPPO Find N3 juga hadir lebih luas dibandingkan dengan perangkat lain. Find N3 hadir dengan luas layar 6.3 inci untuk depan dan 7.8 inci ketika dibuka, bandingkan dengan Z Fold5 yang hadir dengan 6.2 inci untuk layar depan atau cover screen dan 7.6 inci untuk luas layar ketika ponsel dibuka. 

Find N3 hadir dengan berat 239g dan ketipisan 11.7 mm sedangkan fold lain seperti Z Fold5 hadir dengan 253g dan 13.4 mm serta Foldnya Google 283g dan 12.1 mm.

Dengan segala spesifikasi yang dimasukkan dalam perangkat Find N3 ini, menjadikan ponsel lipat ini jadi lebih ringan dan lebih bertenaga dibandingkan perangkat ponsel fold lain yang telah dijual di pasar Indonesia. 

Keunggulan di spesifikasi Layar, lipatan (crease) dan teknologi lipat terbaru

Keunggulan lain dari Find N3 hadir di sisi spesifikasi dan kualitas layarnya. Sebelum kita bahas spesifikasi, kita bahas dulu crease atau lipatan pada area tengah di perangkat ponsel lipat.

OPPO Find N3 hadir dengan crease yang lebih tidak terasa saat digunakan dibandingkan dengan perangkat sejenis. Lipatan ini ketika disentuh secara sengaja atau ketika perangkat diletakan ketika dibuka, tampilan crease Find N3 lebih tidak terlihat dan lekukannya lebih tidak terasa dibandingkan dengan Z Fold5.

Kiri perangkat Find N3

Untuk spesifikasi yang lebih detail, Find N3 hadir dengan layar dalam berkualitas AMOLED with LTPO dengan dukungan refresh rate dari 1Hz – 120 Hz, keunggulan mulai terlihat dari piksel dan ppi dengan angka 2440 x 2268 – 426ppi. Untuk layar dalam juga hadir dengan piksel yang besar dan ppi yang tinggi yaitu 2484 x 1116 dan 431ppi. Angka-angka ini lebih tinggi dari Fold lain yang ada di Indonesia (Z Fold5).

Untuk kecerahan puncak layar di Find N3 juga tinggi yaitu 1400 nit untuk layar dalam dan 2800 nit untuk layar luar, tambahan dukungan ProXDR untuk foto, sedangkan untuk video ada dukungan Dolby Vision dan HDR10+. Kehadiran ukuran yang lebih luar dan kualitas layar yang juga tinggi menjadikan Find N3 nyaman ketika digunakan untuk menonton konten atau misalnya bekerja menjelajah internet.

Untuk teknologi lipat atau hinge, Find N3 membawa teknologi ketika dari flexion hinge dari OPPO. Menghadirkan pengurangan volume 15% dari generasi sebelumnya sehingga tipis dan ringan. Tetapi untuk kekuatan meski tipis, hinge ini menggunakan aircraft-grade steel, 5 kali lebih kuat dari baja tradisional. Menjadikan ini logam terkuat yang digunakan OPPO untuk hinge mereka.

Dukungan lain yang juga tidak hadir di perangkat ponsel lipat pesaing yang resmi di hadir di pasar Indonesia adalah dari sisi jumlah speaker dan rongganya yang lebih banyak. OPPO Find N3 hadir dengan 3 speaker didukung audio spasial serta tuning dari Dolby Atmos. Sedangkan rongga speaker sendiri hadir 4 buah di masing-masing sisi (atas dan bawah) layar, jadi kesannya perangkat ini punya speaker yang lebih menyeluruh di masing-masing sisi. 

Keunggulan di sisi kamera

Kiri perangkat Find N3

Biasanya memang perangkat ponsel lipat lebih ditujukan untuk kegunaan produktivitas dan hiburan dengan fasilitas layar yang lebarnya. Tetapi OPPO Find N3 membawa kualitas kamera kelas flagship yang punya spesifikasi dan kemampuan tidak kalah dengan ponsel flagship non lipat. 

Kamera belakang Find N3 membawa 3 kamera yang powerfull: 

  • 48MP Wide Camera 
  • Sony LYTIA – T808
  • 1/1,43 inci sensor
  • 24mm f/1.7 lens + OIS

 

  • 48MP Ultra Wide
  • Sony IMX581
  • 1/2 inci sensor
  • 14mm f/2.2 lens
  • 114 degree field of view

 

  • 64MP Telephoto 
  • 1/2 inci sensor
  • 70mm f/2.6 lens

 

Dengan spesifikasi di atas, OPPO Find N3 memposisikan menjadi perangkat ponsel lipat tetapi dengan spesifikasi kelas flagship. Keunggulan penting jika dibandingkan dengan perangkat Fold sejenis juga hadir antara lain di kamera utama (wide camera) yang hadir dengan 48MP serta sensor 20% lebih besar dibandingkan perangkat lain, Z Fold5 misalnya.

OPPO menghadirkan sensor LYTIA T808 dari Sony yang debut pertama kali di perangkat ponsel lipat. Sensor ini digadang-gadang disamakan dengan kualitas sensor 1 inci tetapi dengan kebutuhan ruang yang lebih sedikit. 

Satu lagi adalah kemampuan Telephoto OPPO Find N3 yang hadir dengan sensor gambar 1/2 inci memberikan kualitas foto 3x (optical zoom) yang bisa diandalkan, termasuk pada cahaya temaram. Sensornya 288% lebih besar dari Z Fold5.  

Seperti ponsel flagship lainnya, OPPO juga bekerja sama dengan Hasselblad di Find N3. Dengan kerja sama ini, memberikan nilai lebih lagi karena sebagai perangkat ponsel lipat, Find N3 membawa teknologi yang serupa dengan perangkat flagship dari sisi kamera. 

Dikombinasikan dengan periscope camera 7mm telephoto, hasil fotonya bisa digunakan secara maksimal, tidak hanya di kondisi cahaya terang tetapi juga temaram. 

Peningkatan kenyamanan dibanding seri sebelumnya 

Tidak hanya memiliki keunggulan dibanding pesaing terdekatnya yang tersedia di pasaran Indonesia. OPPO Find N3 juga memberikan peningkatan kenyamanan dari seri Find N2. 

Dari sisi ukuran layar dan ketebalan saja sudah bisa terlihat, Find N3 akan memberikan kenyaman penggunaan lebih dengan layar yang lebih lebar, multitasking yang lebih penuh, namun dengan tetapi tipis dan ketebalan yang tetap nyaman untuk digenggam, bahkan ketika dilipat. 

Kiri perangkat Find N3

Berbicara multitasking alias pengaturan layar ketika ponsel dibuka, Find N3 menawarkan multitasking yang menarik. Bisa sampai tiga windows tetapi dengan cara tampilan yang agak lain. 

Anda bisa menikmati tampilan windows dengan cukup luas di masing-masing windows karena tampilannya sejajar dan layaknya satu layar penuh ponsel pada umumnya, sehingga memudahkan untuk mengakses konten. Geser bagian pinggir layar untuk menggeser dari 2 windows utama ke windows yang ketiga. 

Bahkan, jika Anda ingin menikmati ketiga windows secara bersamaan, tinggal ‘pinch’ dengan 4 jari layar untuk mengecilkan sedikit. Maka 3 windows dari 3 aplikasi/tampilan berbeda dapat Anda nikmati dengan penuh. Berganti windows tidak perlu lagi digeser. 

Keunggulan di fasilitas dalam kotak

Selain spesifikasi perangkat, OPPO Find N3 juga membawa beberapa kelebihan yang tidak ada di perangkat Fold pesaing paling dekat yang dijual di Indonesia, yang adalah kelengkapan dalam kotak penjualan.

OPPO Find N3 telah membawa case premium yang warnanya disesuaikan dengan warna perangkat, ada hitam dan broken white. Selain itu juga menyertakan kepala charger 43W dengan dukungan SuperVOOC untuk pengisian daya cepat. 

Kalau berbicara perangkat ponsel lipat untuk produktivitas, ini menjadi penting. Karena kebutuhan akan mengisi daya akan dicari untuk mereka yang menggunakan perangkat lipat dalam bekerja. Meski baterai yang ada sudah cukup besar (4800 mAh) untuk sebuah ponsel lipat, tetapi dengan adanya dukungan SuperVOOC sampai 67W memungkinkan Find N3 bisa terisi dengan cepat saat dibutuhkan. 

Dari sisi prosesor, perangkat ini dilengkapi oleh prosesor Snapdragon 8 Gen 2, kamera selfie 32MP di cover screen dan 20 MP di layar dalam, Dual SIM, bluetooth 5.3 dan Wi-Fi 6.

OPPO Find N3 bisa jadi pilihan 

OPPO Find N3 memberikan warna baru dari perangkat ponsel lipat yang resmi hadir di Indonesia. Hadir dengan desain true flagship serta membawa spesifikasi flagship termasuk di kamera, perangkat ponsel lipat ini menjadi semacam perangkat super power. Menghadirkan kemampuan komputasi mobile tingkat dengan kemampuan untuk fotografi yang sekelas flagship. 

Hadir dengan desain yang rasanya nyaman dan ringan ketika digunakan, layar besar, dukungan spesifikasi mumpuni yang bertenaga, fasilitas pembelian lengkap ketika keluar dari kotak dan terakhir, kemampuan menghasilkan foto di beragam kondisi, terang, temaram, ultra wide bahkan untuk foto portrait. 

OPPO Find N3 akan segera dijual di Indonesia. Saat ini OPPO tengah membuka halaman minat bagi konsumen yang ingin memiliki. Perangkatnya telah dipajang di toko resmi OPPO, baik di OPPO Gallery atau di Experience Store OPPO. 

Kanan perangkat Find N3

 

Previous Story

Samsung Galaxy M34 5G, Resmi Dijual Hadirkan Kembali Baterai 6000mAh

Next Story

Cara Jadikan Galaxy S23 FE Cocok Untuk Bermain Game 

Latest from Blog

Don't Miss

Resmi Rilis, Ini Fitur dan Harga Dua Perangkat Reno 12 Series Terbaru

OPPO baru saja merilis seri smartphone terbarunya, Reno12 Pro 5G

OPPO dan Mobile Legends: Bang Bang Berkolaborasi, Ungkap Keunggulan Gaming Reno12 Series

OPPO mengumumkan kerjasama dengan game populer Mobile Legends: Bang Bang