Penuh Talenta, Berikut Daftar Juara di Piala Presiden Esports 2022

Turnamen perhelatan resmi tahunan dari pemerintah Indonesia tersebut melibatkan banyak judul game sekaligus

Setelah proses kualifikasi dan pertandingan di main event, akhirnya telah hadir daftar lengkap juara di turnamen Piala Presiden Esports 2022. Memang turnamen ini menjadi salah satu seri yang diinisiasi langsung oleh pemerintah Indonesia untuk program kerja pengembangan esports.

Sudah lama digelar, bahkan turnamen ini pernah membawa ONIC Esports sebagai juara di seri perdananya. Ada banyak perbedaan di perhelatan tahun ini, yaitu kehadiran 3 game lokal dari Indonesia yang dipertandingkan.

Pada Piala Presiden Esports 2021, memang hanya ada 4 judul game yang dibawa. Hal itu menjadikan seri tahun ini sebagai yang terbanyak dengan membawa 6 judul game.

Sumber: Kincir

Turnamen Piala Presiden yang selesai diselenggarakan pada Minggu (13/11) menghadirkan 6 cabang judul game yaitu Battle of Guardians, Battle of Satria Dewa, Lokapala, Free Fire, Mobile Legends, dan PUBG Mobile.

Siapa saja yang menjadi pemenang? Apa hal menarik yang hadir di ajang Piala Presiden Esports 2022 kali ini?

Berikut daftar lengkap juara di Piala Presiden Esports 2022, antara lain:

1. Battle of Guardians - Noizze

Pada judul game pembuka dihadirkan game lokal Battle of Guardians. Pada seri turnamen kali ini, Noizze berhasil merebut gelar juara setelah tampil secara hebat.

Pada babak grand final, Noizze berhasil mengalahkan Pduks dengan skor 3-1 dalam format best-of-five. Noizze juga menjadi pemain perdana yang keluar sebagai juara di Piala Presiden Battle of Guardians 2022, seri turnamen yang rencananya akan terus digelar ke depannya.

Battle of Guardians sendiri merupakan game yang serupa dengan TEKKEN 7 atau Street Fighter, yang semuanya masuk genrefighting game. Kehadirannya sejalan dengan niat pemerintah Indonesia untuk mempromosikan game-game kompetitif di panggung lokal, dengan harapan bisa berkembang hingga keluar negeri.

2. Battle of Satria Dewa - Siam Esports

Turnamen selanjutnya adalah game Battle of Satria Dewa yang berhasil dimenangkan oleh Siam Esports. Tim tersebut berhasil menang dengan telak atas FXPG dengan skor 2-0 tanpa balas.

Memang untuk babak final kali ini menggunakan format best-of-three, membawa game Battle of Satria Dewa yang memilki genre MOBA 3v3. Turnamen ini sendiri mengedepankan strategi mengingat objektifnya adalah menaklukkan throne lawan.

Dalam sesi wawancara, tim Siam Esports mengaku jika faktor terbesar mereka untuk meraih kemenangan kali ini adalah jam terbang yang tinggi atau pengalaman.

3. Lokapala - Dewa United Esports

Judul game berikutnya adalah Lokapala, salah satu game lokal yang bisa dibilang memiliki banyak penggemar. Pada seri turnamennya, Dewa United berhasil meraih gelar juara Piala Presiden Esports 2022 setelah sukses menurunkan divisi Lokapala miliknya.

Membawa format best-of-three, Dewa United Esports berhasil menang melawan Jeet Capital dengan skor tipis 2-1. Hasil yang memuaskan ini menjadi gelar juara kedua bagi Dewa United Esports di Piala Presiden Esports.

Memang Dewa United jadi salah satu tim yang serius dalam menekuni skena esports lokal, tepatnya di judul game Lokapala.

4. Free Fire - EVOS Divine

Setelah menyelesaikan gelaran esports dari game-game lokal, Piala Presiden Esports 2022 melanjutkannya dengan seri game terkenal, kali ini dari Free Fire.

Turnamen Free Fire kali ini memiliki juara barunya, yaitu EVOS Divine. Memang banyak juga tim yang mengikuti turnamen kali ini, sebut saja tim unggulan seperti Saudara Esports, ECHO Esports, RRQ Kazu, First Raiders Eclipse, ONIC Olympus, G-Arsy Aphrodite, dan lain sebagainya.

Pada seri turnamen kali ini beberapa tim bermain sangat ngotot, sebut saja Island of Gods dengan 2 Booyah!, lalu ada G-Arsy dengan 2 Booyah! disusul First Raiders Eclipse, ECHO Esports, dan RRQ Kazu.

Namun berjalannya pertandingan hingga 10 ronde, rupanya EVOS Divine berhasil bermain sangat konsisten dan mampu mengumpulkan 134 total poin.

Sumber: Kincir

Bagaimana tidak, tim tersebut konsisten mengisi posisi 5 besar untuk poin placement. Selain itu, SAM13 dkk. mengantongi 3 Booyah! sebagai torehan terbanyak yang diraih oleh satu tim.

Di sisi lain, posisi klasemen terakhir di kedua dan ketiga diisi oleh Island of Gods dan Galaxio Corvus.

5. Mobile Legends - Bigetron Alpha

Laga berikutnya menghadirkan final yang bisa dibilang cukup mengejutkan. Benar, tim Bigetron Alpha bertemu dengan ION Beta yang merupakan tim akademinya.

Namun pengalaman memainkan perannya pada final kali ini, ketika Bigetron Alpha berhasil mendapatkan gelar juara di Piala Presiden 2022 dengan kemenangan telak.

Skor telak 3-0 menghiasi laga final ketika ION Beta harus mengakui kekuatan dan dominasi dari Bigetron Alpha. Tim tersebut bermain sangat baik, bahkan Kyy dkk. memainkan tempo permainan yang sangat cepat.

Sumber: Bigetron

Selain gelar juara dan trofi, kemenangan Bigetron Alpha kali ini membawa mereka sebagai wakil Indonesia untuk turnamen IESF di Bali mendatang.

6. PUBG Mobile - NFT Esports

Laga penutup sekaligus terakhir adalah PUBG Mobile. Pada laga kali ini, NFT Esports jadi tim yang meraih gelar juara di Piala Presiden Esports 2022 divisi PUBG Mobile.

Sepanjang bergulirnya 10 ronde penuh persaingan, NFT Esports tampil sangat mendominasi bahkan mampu mengumpulkan 142 total poin. Hasil ini perlu diapresiasi mengingat tim yang berpartisipasi juga mencakup tim-tim kuat seperti Genesis Dogma GIDS, BOOM Esports, Alter Ego Limax, RRQ Ryu, Geek Fam ID, hingga EVOS Reborn.

Setelah mengarungi 10 ronde, RRQ Ryu sempat memimpin ketika meraih WWCD pertama. Namun langkah tersebut dengan cepat dibalas oleh NFT Esports setelah meraih 3 WWCD sekaligus dalam 4 ronde berikutnya.

Pada ronde 6 hingga ronde 8 memang NFT Esports tidak bisa mengisi posisi 5 besar, namun laga penutup dengan posisi ketiga di ronde 9 dan WWCD di ronde 10 sudah cukup untuk memastikan gelar juara bagi mereka.

Sumber: Kincir

Ramones dkk. berhasil menjadi juara sekaligus mengamankan trofi perdana mereka di Piala Presiden Esports 2022.