24 February 2022

by Galih

Daftar Game yang dapat Dimainkan Steam Deck Tembus 760 Game Lebih

Para pemilik Steam Deck tidak perlu khawatir soal game.

Perilisan PC/konsol genggam milik Valve yaitu Steam Deck kini hanya menghitung hari. Dan Valve kini tengah sibuk untuk memastikan bahwa ada sebanyak mungkin game yang siap untuk dimainkan oleh para pemilik Steam Deck saat dirilis nantinya.

Hingga berita ini diangkat, Valve menyebutkan bahwa sudah ada lebih dari 762 judul game yang berhasil mendapatkan status "Verified" atau "Playable". Dua status tersebut memang menjadi konfirmasi apakah game tersebut dapat dimainkan dengan nyaman di Steam Deck nantinya.

Status "Verified" nantinya akan memberikan badge hijau terang dan menandakan bahwa game tersebut dapat dimainkan dengan pengalaman penuh. Game-game yang mendapatkan status ini harus melengkapi beberapa persyaratan antara lain:

Image Credit: Valve

  • Judul tersebut harus punya dukungan penuh untuk kontroler, dan juga dapat secara otomatis menampilkan on-screen keyboard bila dibutuhkan.
  • Game-nya harus mendukung resolusi dasar dari Steam Deck yaitu 1280x800 atau 1280x720, dengan ukuran teks yang mudah dibaca.
  • Judul tersebut tidak boleh menunjukkan peringatan kompatibilitas apapun, dan bila ada maka peringatan tersebut harus bisa dinavigasi dengan kontroler.
  • Terakhir, game tersebut dan semua aplikasi pendukungnya harus didukung dan berjalan lancar melalui Proton.

Bila game tersebut tidak berhasil memenuhi semua persyaratan di atas, namun masih dapat dimainkan dengan cukup nyaman maka game tersebut akan mendapatkan badge "Playable".

Image Credit: Valve

Meskipun telah memiliki daftar game yang cukup banyak, Valve kelihatannya tidak akan menghentikan proses sortir koleksi game-nya di angka 800, 1.000, atau bahkan 10.000 game. Karena Valve menyebut akan berusaha mengecek kompatibilitas semua koleksi game yang ada di Steam yang ada lebih dari 60.000 game.

Hal tersebut membuat proses pengecekan ini akan terus berlangsung bahkan setelah konsol Steam Deck dirilis nantinya. Forbes bahkan memprediksi bahwa Valve akan berhasil memberikan status kepada 1.000 game sebelum pertengahan Maret mendatang.

Valve juga termasuk terbuka untuk proses pengecekan ini, karena para pemilik Steam Deck ataupun pengguna Steam lainnya juga dapat mengecek game-game apa saja yang sudah dapat dijalankan melalui Steam Deck.

Melalui laman website khusus untuk Steam Deck, Valve bahkan memberikan akses kepada para pengguna Steam untuk mengetahui game apa saja yang ada dalam Library mereka yang sudah dapat dijalankan oleh Steam Deck.