29 December 2021

by Galih

Daftar Game-Game Terlaris di Steam di 2021, Cyberpunk 2077 Masuk Tiga Kategori

Memang, selama satu tahun ke belakang CD Projekt bekerja keras untuk memperbaiki game tersebut.

Ketika menyebut nama Cyberpunk 2077, mayoritas gamer menunjukkan reaksi negatif tentang masalah bug, bagaimana game-nya tidak sesuai dengan yang diiklankan, dan banyak alasan lainnya.

Satu tahun telah berlalu dan tidak terlalu banyak gamer yang kini membicarakannya (bila dibandingkan dengan bulan-bulan awal perilisan game-nya), diam-diam banyak gamer yang ternyata memainkannya.

Fakta ini terungkap saat Valve mengumumkan beberapa informasi terkait game-game yang populer di platform Steam. Mulai dari penjualan terbaik, game yang paling banyak dimainkan, game VR terbaik, dan masih banyak lainnya.

Image Credit: Steam

Cyberpunk 2077 ternyata berhasil masuk ke dalam tidak hanya di satu kategori, namun bahkan di 3 kategori berbeda yang diumumkan oleh Steam. Mengalahkan puluhan ribu game lain yang ada di platform tersebut.

Daftar pertama adalah pada game dengan penjualan terbaik. Dalam daftar ini, Cyberpunk 2077 memang tidak masuk ke daftar juara utama yaitu platinum, namun tetap berhasil masuk ke daftar juara silver/perak.

Padahal dalam daftar tersebut ada game-game populer seperti Monster Hunter World, Resident Evil: Village, hingga Halo Infinite: Multiplayer yang notabene memang baru dirilis.

Image Credit: Steam

Kedua adalah game yang paling banyak dimainkan. Di daftar inilah Cyberpunk 2077 secara mengejutkan berhasil berada di daftar teratas bersama New World, Apex Legends, GTA V, dan game lainnya.

Memang masuknya Cyberpunk 2077 dalam game yang paling banyak dimainkan cukup mengundang perdebatan karena satu-satunya momen game-nya dapat menyentuh angka lebih dari 200.000 pemain bersamaan adalah ketika game-nya baru saja dirilis.

Image Credit: Steam
charts

Setelahnya, jumlah pemainnya terus turun dan akhirnya stabil pada angka belasan hingga puluhan ribu pemain saja. Namun kelihatannya hype luar biasa yang muncul saat peluncuran Cyberpunk 2077 tahun lalu membuahkan hasil.

Terakhir, game buatan CD Projekt ini ternyata juga berhasil masuk ke dalam daftar platinum game yang ramah bagi pengguna kontroler. Daftar ini ditujukan bagi game yang banyak dimainkan menggunakan kontroler dalam setahun ini.

Menariknya, Cyberpunk 2077 merupakan game dengan sudut pandang first-person namun banyak dimainkan menggunakan kontroler. Padahal di daftar ini mayoritas dihuni oleh game-game seperti eFootball 2022, FIFA 22, Guilty Gear: Strive, Forza Horizon 5, dll.

Image Credit: Steam

Pencapaian-pencapaian tersebut membuktikan bahwa diam-diam para gamer di seluruh dunia mungkin telah memberikan maaf kepada Cyberpunk 2077 dan CDPR. Hal tersebut juga terkonfirmasi denganreview game-nya di Steam yang kini berubah menjadi Mostly Positive, setelah sebelumnya berada di Negative.