16 February 2022

by Glenn Kaonang

Update Terbaru Cyberpunk 2077 Bawa Perombakan Besar-Besaran, Termasuk Versi Proper untuk Konsol Next-Gen

Di PC, ukuran update patch 1.5 untuk Cyberpunk 2077 nyaris menyentuh 50 GB

14 bulan setelah dirilis, Cyberpunk 2077 akhirnya dapat dimainkan secara proper di konsol next-gen. CD Projekt Red baru saja mengumumkan patch 1.5 untuk Cyberpunk 2077, dan daftar pembaruan beserta penyempurnaan yang dihadirkan dalam update kali ini betul-betul masif.

Yang paling utama tentu saja adalah optimasi dari segi teknis dan visual untuk PlayStation 5 dan Xbox Series X/S. Pengguna konsol-konsol tersebut kini dapat menikmati kualitas grafik sekaligus performa yang jauh lebih baik dari sebelumnya berkat dukungan fitur-fitur seperti ray-tracing, resolusi 4K (kecuali Xbox Series S) maupun dynamic scaling. Tidak kalah penting, waktu loading yang diperlukan di konsol-konsol generasi baru itu juga diklaim lebih singkat ketimbang sebelumnya.

Untuk mendemonstrasikannya, CDPR pun mengunggah video gameplay berdurasi 30 menit ke YouTube, baik yang dimainkan di PS5 maupun di XSX.

Patch 1.5 turut mengabulkan sejumlah request dari komunitas pemain Cyberpunk 2077 sejak lama, mulai dari opsi kustomisasi penampilan V di luar proses pembuatan karakter pada awal permainan, sampai kemampuan untuk membeli apartemen baru dan mendekorasinya. Total ada empat apartemen baru di empat distrik yang berbeda yang dapat dibeli.

Deretan fitur baru yang CDPR hadirkan untuk Cyberpunk 2077 lewat patch 1.5 di setiap platform / CD Projekt Red

Secara umum, update anyar ini bakal semakin memperkuat aspek roleplaying di Cyberpunk 2077. Berbagai aktivitas yang V lakukan selagi berada di apartemen kini dapat memberikan buff yang bersifat sementara. Contohnya, mandi akan memberikan status "Refreshed" dan meningkatkan health regeneration, sementara minum kopi akan memberikan status "Energized" dan meningkatkan stamina maksimum.

Terkait eksplorasi dan aktivitas open-world, patch 1.5 diklaim telah memperbaiki berbagai aspek dari NPC dan AI sekaligus menyempurnakan sistem kemudi di Cyberpunk 2077. Koleksi gig (misi sampingan yang bersifat opsional) yang diberikan kini disajikan secara bertahap di setiap distrik, dan ini tentu bakal memberikan sense of progression yang lebih baik ketimbang sebelumnya.

Combat juga mendapat pembaruan yang signifikan. CDPR bahkan tidak segan merombak sistem perk dan skill-nya guna memberikan pengalaman yang lebih balanced. Ini penting mengingat pada versi sebelumnya, Cyberpunk 2077 bisa terasa kelewat gampang jika pemain menggunakan build karakter tertentu. Lebih lanjut, ketangkasan dan keterampilan musuh dalam combat juga ikut disempurnakan.

Khusus untuk pemain PC, patch 1.5 turut menambahkan fitur-fitur yang sudah lama dinantikan, macam mode benchmark terpisah, variable rate shading (VRS) untuk membantu mendongkrak performa rendering, maupun dukungan FidelityFX Super Resolution (FSR) untuk mendapatkan fps ekstra tanpa mengorbankan kualitas visual. Di PC, ukuran update terbaru Cyberpunk 2077 ini nyaris menyentuh angka 50 GB.

Menariknya, CDPR mengklaim bahwa daftar pembaruan dan penyempurnaan yang dicantumkan dalam patch note-nya baru sebatas highlight. Itu berarti kemungkinan masih ada banyak pembaruan minor lain yang datang bersama patch 1.5.

Via: GameSpot.