Dark
Light

Laporan: Mayoritas “Online Shopper” Puas dengan Layanan E-Commerce di Indonesia

1 min read
August 23, 2016
93,45% Pebelanja online sudah puas dengan layanan e-commerce di Indonesia / DailySocial

DailySocial kembali melakukan penelitian terhadap konsumen layanan e-commerce di Indonesia. Melalui survei “Customer Satisfaction in Indonesia’s E-Commerce Services (2016)” yang diterbitkan hari ini, kami mencoba mencari tahu tingkat kepuasan pelanggan terhadap layanan e-commerce di Indonesia yang mulai merangkak naik ke permukaan sejak tujuh tahun silam. Di sini, kami mencoba mengungkap perilaku konsumen terhadap e-commerce di Indonesia, kendala yang pernah dialami, hingga faktor apa yang membuat konsumen puas dan tidak puas terhadap layanan e-commerce.

Survei ini merupakan hasil kolaborasi DailySocial dan JakPat untuk memberikan gambaran besar mengenai faktor yang mempengaruhi konsumen untuk berbelanja online hingga pelayanan apa yang dirasa oleh pelanggan Indonesia harus ditingkatkan oleh pelaku e-commerce di Indonesia.

[Baca juga: DailySocial.id Luncurkan Laporan Perilaku Konsumen Digital Indonesia 2016]

Beberapa hal menarik yang bisa ditemukan dalam survei 21 halaman ini di antaranya yaitu:

  • Tokopedia, Lazada, dan Bukalapak merupakan tiga besar layanan e-commerce yang populer digunakan oleh konsumen untuk berbelanja online dan Go-Jek berhasil merangsek ke posisi empat di sini, meski inti layanan adalah transportasi on-demand.
  • Meski tak banyak perubahan berarti dalam metode pembayaran favorit, namun pilihan pembayaran melalui minimarket rupanya berhasil menyalip pilihan pembayaran kartu kredit.
  • Harga yang terjangkau dan diskon menjadi pertimbangan utama konsumen untuk berbelanja online dan menjadi faktor utama ukuran tingkat kepuasan mereka.
  • Pelaku e-commerce Indonesia sudah cukup cepat menyelesaikan kendala dengan lebih dari setengah responden menyebutkan kendala mereka bisa selesai di rentang 1-3 hari.
  • 93,45% responden menyatakan sudah puas dengan layanan e-commerce di Indonesia dan sebagian besar dari mereka juga bersedia untuk berlangganan newsletter dari layanan e-commerce yang bersangkutan.

Hasil survei Customer Satisfaction in Indonesia’s E-Commerce Services (2016) secara lengkap dapat diakses cuma-cuma setelah Anda menjadi member DailySocial.

Previous Story

Pengalaman yang Bisa Diambil Setelah Startup Bubar

Next Story

Fokus Startup pada Pengguna dan Pasar, Bukan Memenangi Penghargaan

Latest from Blog

Don't Miss

Minat Beli Smartphone di Tengah Melemahnya Rupiah, Gunakan Saluran Komunikasi dengan Media 

Kondisi rupiah yang melemah atas dollar disinyalir membawa kekhawatiran pada

Ini Dia Brand Smartphone Pilihan Konsumen untuk Dibeli 

Riset terbaru dari Reasance, sebuah divisi riset dari SEQARA Communications,