14 June 2022

by Glenn Kaonang

Crypto Exchange Blockchain.com Bagi-Bagi Domain NFT Gratis

Pengguna Blockchain.com Wallet dapat mengklaim domain .blockchain secara cuma-cuma dari layanan Unstoppable Domains

Tidak seperti alamat email, alamat crypto wallet biasanya berisi puluhan huruf dan angka acak yang nyaris mustahil untuk dihapalkan, seperti 0x27B2D03748c8792820dE01D7a9e05C34282E191E misalnya. Alhasil, setiap kali hendak mengirim atau menerima token crypto, kita terpaksa harus copy-paste alamat wallet tersebut. Hal semacam ini berpotensi membuat dunia crypto terkesan semakin rumit di mata orang-orang awam.

Alternatif yang lebih ideal adalah jika pengguna menghubungkan crypto wallet-nya ke domainNFT, semisal "glenn.wallet", atau "glenn.crypto". Domain-domain seperti ini dapat dibeli melalui layanan seperti Unstoppable Domains, dan karena domain-nya sendiri merupakan sebuah aset NFT yang di-mint di blockchain, konsumen akan memegang hak milik secara penuh, alias tidak perlu lagi membayar biaya perpanjangan seperti kasusnya pada domain tradisional.

Yang menarik, Unstoppable Domains baru-baru ini memutuskan untuk bagi-bagi domain NFT gratis. Bekerja sama dengan crypto exchange kenamaan Blockchain.com, Unstoppable siap memberikan domain NFT secara cuma-cuma kepada semua pemegang Blockchain.com Wallet. Domain NFT gratisan ini memiliki akhiran ".blockchain", yang berarti Anda bisa melakukan transaksi crypto hanya dengan mengetikkan "namaanda.blockchain" ketimbang harus copy-paste kombinasi huruf dan angka tadi.

Seperti domain NFT lain yang ditawarkan Unstoppable Domains, domain .blockchain ini juga di-mint di jaringan blockchain Polygon. Pengguna Blockchain.com Wallet yang hendak mengklaim domain gratisannya tidak akan dikenai biaya minting maupun biaya perpanjangan. Berhubung domain .blockchain sendiri merupakan aset NFT, tentu saja konsumen punya hak untuk menjualnya kembali di secondary market jika mau.

Blockchain.com Wallet memang tidak sepopuler MetaMask yang integrasinya bisa kita jumpai di mana-mana, termasuk di nyaris semua marketplace NFT. Kendati demikian, Blockchain.com ke depannya juga akan memiliki marketplace NFT-nya sendiri, dan ini semestinya bisa membantu meningkatkan ketertarikan konsumen untuk menggunakan produk crypto wallet-nya. Belum lagi ditambah kemudahan untuk menyamarkan alamat wallet yang luar biasa rumit menjadi alamat custom dengan akhiran .blockchain, yang ternyata bisa didapatkan secara cuma-cuma.

Keuntungan lain yang bisa didapat dari menggunakan alamat wallet yang jauh lebih sederhana dan mudah diingat adalah mengurangi risiko salah kirim aset crypto. Buat pengguna Blockchain.com Wallet yang ingin mengklaim domain NFT gratis .blockchain, Anda dipersilakan untuk bergabung ke waitlist guna mendapatkan antrean.

Sumber: Decrypt dan Blockchain.com.