Gadget News

Corsair HS60 Haptic Janjikan Bass yang Dapat ‘Dirasakan’, Bukan Cuma Didengar

19 Oct 2020 | Glenn Kaonang
Intensitas haptic feedback-nya dapat diatur dengan mudah menggunakan kenop pada earcup sebelah kanan

Corsair baru saja meng-upgrade salah satu headset gaming terlarisnya yang berada di rentang harga satu jutaan rupiah, yakni HS60. Dijuluki HS60 Haptic, versi terbarunya ini datang membawa teknologi haptic feedback yang inovatif.

Integrasi teknologi haptic feedback pada sebuah headset gaming bukanlah hal baru. Sony sudah melakukannya sejak tahun 2012 lewat headset bernama Pulse Elite Edition yang ditujukan untuk konsumen PlayStation 3, dan Razer pun sudah menjual Nari Ultimate yang menawarkan teknologi serupa sejak dua tahun lalu.

Apa sebenarnya fungsi dari teknologi haptic feedback di headset? Dari perspektif paling sederhana, teknologi ini bakal membuat dentuman bass jadi semakin terasa lagi. Gemuruh saat berada di tengah medan perang maupun suara ledakan tak hanya bisa didengar, tapi juga dapat ‘dirasakan’ dengan adanya efek haptic semacam ini. Kira-kira seperti punya subwoofer mini di dalam headset.

Ketimbang merancang sendirinya teknologinya, Corsair memercayakan semuanya pada Taction Technology, perusahaan yang memang ahli di bidang ini. Corsair percaya teknologi rancangan Taction mampu menghasilkan efek haptic yang lebih akurat dan sesuai dengan frekuensi tiap-tiap suara ketimbang teknologi serupa lainnya. Intensitas haptic-nya sendiri dapat diatur menggunakan kenop pada earcup sebelah kanan.

Unit driver yang tertanam pada HS60 Haptic merupakan unit berdiameter 50 mm dengan respon frekuensi 20-20.000 Hz. Corsair tidak lupa membekalinya dengan boom mic yang dapat dilepas-pasang pada earcup sebelah kiri, persis di depan tombol mute beserta kenop untuk mengatur volume. Headset ini menggunakan USB sebagai sambungannya.

Secara fisik, HS60 Haptic nyaris identik dengan HS60 standar, kecuali sisi luar earcup-nya yang kini dihiasi motif arctic camo. Bahan beserta konstruksi yang digunakan sama persis, dengan bantalan yang berukuran tebal baik di bagian telinga maupun kepala. Oh ya, jangan tertipu oleh grille di sisi luar earcup, sebab itu cuma hiasan saja dan perangkat masih mengadopsi desain closed-back ketimbang open-back.

Corsair HS60 Haptic saat ini telah dipasarkan dengan banderol $130, sekitar dua kali lipat harga HS60 standar, dan cukup mahal untuk ukuran headset gaming berkabel. Sebagai perbandingan, Razer Nari Ultimate dijual seharga $200, akan tetapi perangkat itu sudah mengandalkan konektivitas wireless.

Sumber: Corsair.