Dark
Light

Controller PlayStation DualShock 4 Bisa Digunakan di PC Anda

1 min read
October 7, 2013

Satu bukti lagi bahwa next-gen console dibuat agar semakin ‘terintegrasi’ ke dunia PC. Sang presiden Sony Shuhei Yoshida menyatakan bahwa controller DualShock 4 untuk PlayStation terbaru dapat kompatibel dengan PC tanpa perlu menginstal driver apapun. Kabar ini sangat menggembirakan karena pengguna PC tidak harus membeli PlayStation 4 hanya karena mereka ingin menjajal controller-nya.

Kabar ini datang saat Yoshida mencoba menjawab pertanyaan sesesorang yang penasaran via Twitter miliknya apakah Sony akan merilis driver DualShock 4 untuk Windows. Ia menjawabnya dengan santai bahwa baik stick dan analog akan bekerja dengan ‘baik-baik saja’. Sang penanya, Nacho Fdez, mencoba mengkonfirmasi bahwa apakah fitur ini langsung secara default – atau istilahnya plug and play, dimana Anda bisa langsung menggunakan periferal tersebut dengan hanya menyambungkannya ke PC. “Untuk fungsi dasar, tentu saja,” jelas Yoshida singkat.

Apa artinya ini semua? Yang pertama, bisa kita pastikan Sony akan menyajikan unit controller DualShock 4 secara terpisah dalam jumlah yang lebih banyak. Hal kedua, ini juga menjadi langkah pertama bagi brand ‘DualShock’ untuk bermain di pasar yang lebih luas: platform PC – bersaing dengan nama-nama besar seperti Logitech, Razer, Genius dan lain-lain di lini gaming peripheral.

Tentu saja Microsoft pernah melakukan permainan ini sebelumnya, Xbox 360 controller juga dirilis untuk PC, kita hanya tinggal menunggu berita soal apakah controller Xbox One juga bisa digunakan di PC. Jika hal itu terjadi, tidak ada yang boleh lagi mengeluh ‘game A tidak cocok dimainkan di PC karena kontrolnya tidak enak…’ sebab alasan ini akan terdengar sangat konyol sekali.

Menurut saya sendiri pertanyaan terbesar dari informasi ini adalah: apakah game-game Windows akan langsung dapat mengenal input kontrol DualShock 4? Apakah ia akan bekerja seperti saat kita mencolokkan Logitech F710 ke PC? Jika benar begitu, itu berarti Sony harus mendaftarkan DualShock 4 ke daftar device Microsoft agar ia dapat dibaca Windows.

Sepertinya kita akan mendengar berita tentang ini dalam waktu yang dekat. Mungkinkah DualShock 4 yang kompatibel di PC ini juga akan memicu Microsoft untuk membuat Xbox One Controller PC dengan fitur yang lebih canggih dan ‘dioptimalkan’ untuk Windows?

Terima kasih pada Kotaku. Gambar header: Geek.com.

5 Comments

  1. halo mas/mba annn. Di TRL kami selalu berusaha untuk memberikan informasi dengan sebaik mungkin, jika informasi tersebut masih rumor kami berusaha untuk tidak lupa mencantumkan keterangan rumor atau keterangan tambahan lainnya. Jika ada update atau informasi sanggahan serta tambahan, kami pun selalu berusaha untuk memuat dan menambahkannya.

    Untuk informasi yang kami dapatkan secara langsung, baik dari rilisan pers, wawancara atau liputan langsung kami selalu mencoba untuk mengemasnya menjadi bacaan yang menarik bagi pembaca.

    Untuk informasi yang kami dapatkan dari situs media lain, jejaring sosial atau sumber lain, kami juga selalu berusaha untuk mencantumkan link atau keterangan sumber artikel. Termasuk juga untuk artikel ini, kami telah mencoba sebaik mungkin untuk memberikan informasi, keterangan sumber serta analisis singkat atas informasi terkait.

    Semoga penjelasan ini bisa memberikan gambaran atas usaha kami untuk menghantarkan informasi terbaik pada penikmat dan penggemar dunia teknologi di Indonesia. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

LG G Pad 8.3 Mulai Dipasarkan 14 Oktober?

Next Story

Facebook Confirms Google’s Anand Tilak as Country Manager for Indonesia

Latest from Blog

Don't Miss

Game-Lawas-Terancam-Punah

Hampir 90% Dari Video Game Klasik Sangat ‘Terancam Punah’

Belum lama ini, saya menambahkan Miyoo Mini Plus ke wishlist.
PS5 Access Controller

PS5 Access Controller Rilis Global Jelang Akhir Tahun

Sony akhirnya mengumumkan spesifikasi lengkap mengenai Project Leonardo, atau yang