Dark
Light

Connected Cycles Rilis Pedal Pintar yang Dapat Memantau Aktivitas Penggunanya

1 min read
January 5, 2015

Aktivitas bersepeda merupakan salah satu kegiatan yang kembali menjadi hype beberapa tahun belakangan ini, terlebih ketika beberapa kota besar di Indonesia telah memiliki jumlah kendaraan bermotor yang tidak seimbang, akibatnya kemacetan terjadi dimana-mana.

Sepeda, adalah salah satu kendaraan yang menjadi alternatif bagi para kaum urban di kota besar, karena selain murah, sepeda juga bisa menyehatkan dan bebas bahan bakar.

Di negara-negara maju seperti Belanda dan Paris, penggunaan sepeda untuk pergi ke kantor telah menjadi hal yang lumrah, namun kekhawatiran soal keamanan juga menjadi isu bagai kaum commuter di negara-begara tersebut.

Kini sebuah perusahaan yang berbasis di Prancis bernama Connected Cycle telah merilis ‘pedal pintar’ yang dijejali dengan fitur GPRS dan GPS.

 

Info menarik: Kini Anda Bisa Menyaksikan Video YouTube Secara Offline

 

Pedal besutan Connected Cycle itu terlihat sedikit lebih besar dibanding dengan ukuran pedal sepeda pada umumnya, namun pedal pintar ini mampu mendeteksi lokasi dan juga mengirimkan notifikasi ketika sepeda tersebut dicuri.

Pesan notifikasi tersebut akan dikirimkan kepada smartphone penggunanya, dan dengan fitur GPS (global positioning system) yang disematkan di dalamnya pedal ini mampu menginformasikan lokasi sepeda tersebut secara otomatis ke pemiliknya.

Selain itu pedal tersebut juga dapat membaca aktivitas penggunanya dan mencatat beberapa informasi, seperti kecepatan, rute yang dilalui, serta jumlah kalori yang dihabiskan oleh pengguna.

Untuk dapat beroperasi, pedal pintar ini membutuhkan tenaga baterai yang harus diisi ulang, namun menariknya, proses pengisian baterainya dapat dilakukan secara otomatis ketika pengguna mengayuh sepeda tersebut.

Pihak Connectd Cycle mengklaim bahwa dengan durasi kayuhan selama satu jam akan mampu mengisi ulang baterai dalam pedal tersebut yang dapat memberikan catu daya selama beberapa minggu ke depan.

 

Info menarik: Google reCAPTCHA Akan Lebih ‘Manusiawi’ Dibanding CAPTCHA Biasa

 

Connected Cycle merupakan salah satu perusahaan start up berbasis di Paris yang berdedikasi untuk terus berinovasi dalam memberikan pengalaman bersepeda menjadi lebih menarik, aman dan menyenangkan.

Perusahaan yang didirikan sejak tahun 2013 itu akan tampil pada ajang Consumer Electronic Show (CES) 2015 di Las Vegas untuk memamerkan hasil produk dan layanan mereka seperti pembuatan modul GPS mini, memberikan layanan berbasis cloud serta layanan pendeteksi lokasi melalui teknologi yang disematkan pada pedal pintar.

Sumber: Engadget.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Hyundai Akan Gunakan Android Wear Sebagai Kunci Mobil

Next Story

Xiaomi Redmi 2 Resmi Diluncurkan Dengan Sejumlah Peningkatan

Latest from Blog

Don't Miss

InFocus Kembali Hadirkan Smartphone Baru, M260 Rilis di India

Bagi sebagian besar masyarakat di tanah air, nama InFocus lebih

Pepsi Ikut “Latah” Garap Smartphone?

Jika rumor ini bisa dipercaya, maka dalam waktu yang tak