Dark
Light

Companion, Aplikasi Bodyguard Virtual untuk Anda yang Sering Pulang Malam

1 min read
September 8, 2015

Sebuah aplikasi bernama Companion baru saja dirilis untuk platform Android dan iOS. Ini adalah aplikasi pengawal pribadi virtual yang akan memastikan penggunanya tetap aman sepanjang perjalanan entah itu sepulang kerja, kuliah atau dari kunjungan luar kota.

Di banyak kejadian, memang kejahatan dilakukan bukan hanya karena ada niat pelakunya, tapi juga karena ada kesempatan. Biasanya para pelaku mengincar kaum hawa karena dianggap lebih lemah. Pelaku juga memilih menunggu waktu yang tepat sebelum melancarkan aksinya, misalnya di malam hari saat keadaan sedang sepi atau di tempat yang tak banyak dilalui orang.

Nah, aplikasi Companion ini dirancang untuk meminimalisir kemungkinan itu, ia akan menjadi teman pengguna ketika menempuh perjalanan yang beresiko mengundah kejahatan. Meski tak disebutkan secara spesifik, namun aplikasi ditujukan untuk memberi rasa aman kepada kaum wanita.

companion_1

 

Saat digunakan, di sepanjang perjalanan aplikasi Companion akan bertanya “Are you ok?” secara berkala sambil menampilkan sebuah tombol dengan label Yes. Tombol ini harus ditekan untuk memberikan update kepada teman yang sebelumnya sudah dipilih.

Info Menarik: LINE Hadirkan Aplikasi “Radar” untuk Smartphone

Apabila dalam 15 detik tidak ada respon, maka aplikasi akan secara otomatis memberikan peringatan kepada kontak teman pengguna.

Tak hanya itu, aplikasi juga akan melakukan hal serupa apabila pengguna tiba-tiba berlari, tidak sampai ke tujuan tepat waktu, ponsel jatuh, atau headphone terlepas dari jacknya.

Companion juga sangat mudah dioperasikan, ia bisa digunakan dengan siapapun yang tersimpan di kontak kendati mereka tidak memasang aplikasi ini, dan memang tidak harus. Kecuali mereka juga ingin dikawal.

companion_2

Kemudian pengguna dari kalangan pelajar juga dapat memberikan laporan keamanan di wilayah sekitar kampus mereka. Caranya dengan menekan tombol “I feel nervous” ketika berada di area yang dicurigai atau ditakuti sehingga pihak berwajib dapat melakukan tindakan lebih lanjut.

Mau mencoba? Unduh saja aplikasinya di Google Play Store atau App Store.

Sumber berita Mashable.

Cara Membuat Kalender
Previous Story

[Rumor] Foto Nokia C1 Menampakkan Diri di Internet

Next Story

Penggunaan Media Sosial di Indonesia Mulai Tersegmentasi Berdasarkan Kebutuhan

Latest from Blog

Don't Miss

Review Tecno Phantom V Flip 5G, Smartphone Foldable yang Lebih Bersahabat

Review Tecno Phantom V Flip 5G, Smartphone Foldable yang Lebih Bersahabat

Bagi yang tertarik dan penasaran bagaimana pengalaman menggunakan smartphone foldable,
Review vivo V30e 5G, Desain dan Fiturnya Agak Lain

Review vivo V30e 5G, Desain dan Fiturnya Agak Lain

Smartphone V30 Series dari vivo pertama kali dirilis di Indonesia