Esports Ecosystem

Combo Breaker 2020 Batal Terselenggara, Dampak Pandemi COVID-19

01 Apr 2020 | Akbar Priono
Akan hadir 22-24 Mei 2020 mendatang, Combo Breaker 2020 akhirnya batal. Pembatalan ini terjadi karena kekhawatiran pandemi COVID-19 masih akan terjadi

Tahun 2020 ini Fighting Game Community (FGC) sebenarnya sudah menunggu-nunggu beberapa gelaran kompetisi yang akan diselenggarakan. Beberapa contohnya seperti Tekken Tokyo Masters, atau IFGC Max yang akan diadakan di Jakarta, dan menjadi bagian dari gelaran TWT Circuit kategori Challengger Event. Tetapi apa mau dikata, pandemi COVID-19 membuat gelaran seperti Tekken Tokyo Masters jadi ditunda penyelenggaraannya.

Tak hanya itu, salah satu kompetisi yang juga ditunggu-tunggu, terutama bagi FGC di barat sana adalah Combo Breaker 2020. Seharusnya digelar pada 22-24 Mei 2020 mendatang, gelaran ini akhirnya dibatalkan, menyikapi kebijakan pemerintah dan juga pandemi COVID-19 yang terus merebak.

“Combo Breaker melakukan pembatalan ini setelah melakukan tinjauan terhadap rekomendasi pemerintah dan berkonsultasi dengan perwakilan dari pemilik tempat Acara.” Ucap Rick Thiher, Co-Founder Combo Breaker kepada Kotaku lewat surel.

Sumber: combobreaker.org
Sumber: combobreaker.org

Combo Breaker sendiri seharusnya dilaksanakan di Schaumburg Convention Center, Illinois, Amerika Serikat, Rick Thiher lalu menjelaskan lebih lanjut soal alasan pembatalan acara ini. “Menjadi jelas bahwa untuk konvensi sebesar ini, dan banyaknya peserta internasional, membuat Combo Breaker dianggap jadi acara yang tidak aman bagi pemilik tempat acara apalagi dalam menghadapi isu kesehatan seperti sekarang ini sampai beberapa bulan ke depan.”

Mengutip dari laman resmi Combo Breaker, pihak penyelenggara sudah mempersiapkan refund untuk merespon pembatalan ini. Refund akan diberikan kepada para pemilik Competitor dan Community Pass dan juga semua peserta yang sudah mendaftar untuk mengikuti kompetisi ini. Tak hanya itu saja, sebagai bentuk permohonan maaf kepada semua yang terlibat, penyelenggara juga menyiapkan kompensasi berupa merchandise, selain refund penuh atas biaya akomodasi yang sudah terlanjur dikeluarkan.

Merchandise yang diberikan termasuk lencana dan pin Combo Breaker, lanyard bertuliskan No Coast, No Kings, dan majalah 50 halaman tebalnya yang berisikan kenang-kenangan acara Combo Breaker sampai sejauh ini. Merespon pembatalan ini, penyelenggara juga akan menyiarkan tayangan pertandingan retrospektif, yang membawa penonton melihat kilas balik gelaran Combo Breaker. Stream tersebut akan tayang pada tanggal gelaran Combo Breaker harusnya diselenggarakan, yaitu 22-24 Mei 2020.

Sumber: combobreaker.org
Combo Breaker, salah satu helatan tahunan FGC di barat yang mungkin bisa dibilang terbesar kedua setelah Evolution Championship Series. Sumber: combobreaker.org

“Keputusan melakukan hal ini tentu akan berdampak kepada seberapa baik tim penyelenggara kami bisa pulih dari pembatalan Combo Breaker tahun ini, namun sekarang kami berkomitmen untuk memastikan Combo Breaker tahun depan (2021) akan berjalan dengan penuh.” Thiher mengucapkan.

Keadaan ini tentu menjadi sesuatu hal yang cukup mengecewakan bagi FGC internasional ataupun lokal Indonesia. Namun apa mau dikata, pandemi COVID-19 mengharuskan kita untuk berdiam sejenak dan mengikuti instruksi pemerintah, agar kejadian ini tidak membuat krisis menjadi lebih buruk dan terlebih, tidak membuat pandemi menjadi semakin meluas.