Esports Ecosystem

Garena Indonesia Luncurkan COD Mobile: Major Series 2019 dan Inisiatif Boot Camp

04 Nov 2019 | Akbar Priono
Melihat antusiasme komunitas yang sangat tinggi, pendaftaran COD Mobile: Major Series dibuka mulai 4-7 November mendatang

Setelah resmi diluncurkan pada 1 Oktober 2019 lalu, COD Mobile ternyata terbukti menarik perhatian para gamers Indonesia. Tetapi, COD Mobile tak sekadar membuat gempar saja. Secara kualitas, game ini memang berhasil menyajikan aksi baku tembak yang membuat COD Mobile bisa dibilang sebagai FPS mobile terbaik sejauh ini.

Tak heran jika game ini segera menjadi buah bibir, yang ternyata juga sudah di-install oleh 10 juta lebih pengguna di Play Store. Tak hanya itu, antusiasme komunitas dari sisi esports COD Mobile juga sangatlah tinggi. Bahkan para penyelenggara seperti GGWP.ID ataupun RevivalTV punya inisiatif yang lebih dulu daripada Garena selaku sang publisher, yang juga menjadi salah satu motor penggerak esports di Indonesia.

Mencoba merespon semua antusiasme tersebut, siang ini (4 November 2019), Garena mengumumkan COD Mobile: Major Series 2019 lewat sebuah gelaran konfrensi pers yang diadakan di Plaza Senayan, Jakarta. Gelaran ini akan menjadi kompetisi COD Mobile tingkat nasional pertama yang diselenggarakan secara offline.

Sumber: Dokumentasi Hybrid - Akbar Priono
Sumber: Dokumentasi Hybrid – Akbar Priono

Sebelumnya Garena juga sudah sempat mengadakan kompetisi secara online pada 26 Oktober 2019 lalu. Bertajuk COD Mobile: Warfare, kompetisi ini diikuti lebih dari 2500 pemain, dan bahkan diikuti oleh beberapa organisasi esports besar.

“Kita sudah melihat bagaimana antusiasme gamers terhadap COD Mobile sangat tinggi. Sebelum rilis udah ada salah satu organisasi yang membuat tim untuk COD Mobile. Saat sudah rilis, tim-tim besar antusias mengikuti kompetisi COD Mobile: Warfare. Lalu dari level komunitas, kita setiap hari bahkan menerima berbagai request, meminta support dari kami untuk gelaran kompetisi COD Mobile untuk komunitas. Melihat hal ini jadi alasan kami membuat Garena COD Mobile: Major Series.” Ujar Edmundo Swidoyono, Producer COD Mobile dari Garena Indonesia.

Untuk jadwal, pendaftaran COD Mobile: Major Series sudah dimulai dari 4-7 November 2019 mendatang. Untuk mendaftar, Anda dapat langsung ke laman majorseries.codm.garena.co.id.

Kualifikasi dipertandingkan secara online dalam dua fase. Kualifikasi pertama berlangsung pada 12-16 November 2019 dan fase kedua berlangsung pada tanggal 19-23 November 2019. Nantinya hanya dipilih 2 tim dari setiap fase untuk bertanding di gelaran Grand Final yang akan diadakan pada 14 Desember 2019 di Balai Kartini, yang akan memperebutkan total hadiah sebesar Rp110 juta.

Sumber: Dokumentasi Hybrid - Akbar Priono
Sumber: Dokumentasi Hybrid – Akbar Priono

Berbarengan dengan Major Series, Garena juga meluncurkan inisiatif bernama Boot Camp. Inisiatif ini menjadi cara bagi Garena Indonesia untuk dapat lebih merangkul komunitas lokal. Dalam inisiatif ini, komunitas dapat mengajukan berbagai aktivitas yang mereka jalani di daerah masing-masing, entah itu turnamen ataupun gathering. Garena nantinya akan menyediakan panduan umum turnamen dan juga berbagai hadiah in-game sebagai bentuk dukungan Garena Indonesia terhadap aktivitas tersebut. Komunitas bisa mendaftar ke laman codm.co.id/bootcamp, untuk mendapat dukungan dari Garena Indonesia langsung.

Kendati demikian, sementara ini belum ada informasi apapun terkait jenjang kompetisi internasional COD Mobile. Dengan antusiasmenya yang besar secara lokal Indonesia ataupun internasional, jadi menarik jika kita bisa melihat kompetisi COD Mobile secara global bukan?