10 February 2022

by Daniel Hamiaz

Co-Op Genshin Impact: Cara Membuka hingga Tips saat Co-Op

Supaya tidak ada lagi yang memakai Hu Tao di Domain Crimson Witch of Flames.

Genshin Impact merupakan salah satu game yang sangat digandrungi tahun ini. Game yang bertemakan open world fantasy RPG ini memiliki banyak sekali pemain yang tersebar di seluruh dunia. Genshin Impact memberikan pemain pengalaman untuk menjelajahi dunia Teyvat sebebas-bebasnya.

Namun terkadang, ada beberapa tantangan yang cukup sulit untuk dilalui sendirian. Maka dari itu, Genshin Impact memberikan fitur Co-Op, untuk bermain bersama pemain lain.

Cara membuka

Cara membuka mode Co-Op di Genshin Impact sebenarnya cukup mudah. Anda hanya perlu menaikkan Adventure Rank (AR) Anda ke level 16. Setelah menyentuhnya, akan muncul notifikasi bahwa mode Co-Op telah terbuka, dan munculnya icon Co-Op pada pojok kiri atas dekat map.

Mode Co-Op di Genshin Impact hanya bisa dilakukan oleh seorang pemain dengan pemain lain yang memiliki World Level setara atau lebih rendah. Dengan kata lain, pemain tidak dapat bergabung ke dalam dunia pemain yang berada jauh di atasnya.

Selain itu, saat berada di mode Co-Op, HP dan Attack dari musuh yang dihadapi akan bertambah sesuai dengan jumlah pemain. Peningkatan ini akan disesuaikan dengan level dunia host, dan diaplikasikan kepada musuh di overworld, Domain, maupun Boss.

Cara bergabung

Secara umum, Anda bisa memilih antara ingin bermain Co-Op dengan teman Anda, atau ingin memanfaatkan fitur matchmaking dan bermain dengan pemain lain secara acak.

Berikut ini langkah-langkah untuk bergabung ke dunia teman:

  1. Buka menu Teman.
  2. Lalu tekan tombol Mohon Bergabung.
  3. Tunggu beberapa saat untuk pemain tersebut menerima permohonan.
  4. Jika diterima, Anda akan langsung pergi menuju dunia teman Anda.

Jika Anda belum memiliki teman pada daftar teman, Anda masih bisa bermain secara Co-Op dengan pemain lainnya. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Buka menu, lalu pilih Mode Co-Op.
  2. Pilih salah satu pemain yang tersedia, lalu tekan tombol Mohon Bergabung.
  3. Tunggu beberapa saat untuk pemain tersebut menerima permohonan.
  4. Jika diterima, Anda akan langsung pergi menuju dunia pemain tersebut.

Jika Anda tidak bisa mengakses mode Co-Op, Anda bisa memeriksa beberapa hal di bawah ini:

  • Dunia tujuan sudah penuh.
  • Level dunia tujuan di atas level dunia Anda.
  • Pemilik dunia menolak permohonan.
  • Anda atau pemain yang dituju sedang berada pada Quest tertentu, yang otomatis akan mematikan fitur Co-Op.

Untuk bermain Co-Op di dalam domain, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

Untuk pemain yang sudah berada pada dunia Anda:

  1. Masuki Domain yang ingin diselesaikan, lalu tekan Mulai Co-Op. Akan ada pesan berisi undangan tantangan Co-Op kepada semua pemain lain.

  2. Tunggu pemain lain menerima pesan undangan. Setelah semua pemain menerima undangan, maka Anda bisa memulai Domain.

  3. Jika ada pemain yang tidak sengaja menolak ajakan, atau ajakan yang dikirim kadaluarsa, maka Anda menekan Mengundang untuk mengajak kembali.

  4. Tekan Mulai untuk memulai Domain bila Anda adalah host, atau Siap saat Anda bukanlah host.

Untuk mencari pemain lain via matchmaking:

  1. Masuki Domain yang ingin diselesaikan, lalu tekan Co-Op.

  2. Tunggu sesaat, sembari sistem mencari pemain lain yang ingin menyelesaikan Domain yang sama.

  3. Jika Anda terpilih menjadi host, Anda bisa mengirim undangan kepada pemain lain. Jika Anda bukanlah host, maka tunggu undangan dari host.

  4. Tekan Mulai untuk memulai Domain bila Anda adalah host, atau tekan Siap saat Anda bukanlah host.

Aktivitas Co-Op

Selain menyelesaikan Domain bersama, ada beberapa aktivitas lain yang bisa dilakukan pada mode Co-Op:

Friendship XP Farming

Selain mendapatkan artefak, buku talenta, Mora/Hero's Wit, pemain akan mendapatkan Friendship XP setiap kali menyelesaikan tantangan. Friendship XP ini akan diberikan pada karakter yang sedang dipakai. Friendship XP akan berguna untuk membuka beberapa voice-over dan juga kartu nama, saat Friendship karakter tersebut mencapai level 10.

Fitur Co-Op akan memberikan Friendship XP dua kali lipat, kepada pemain yang menyelesaikan Domain atau Ley Line. Manfaatkan mode Co-Op untuk mempercepat Friendship karakter Anda!

Mengumpulkan resources

Resources seperti Cor Lapis, Dandelion Seeds, Sakura Bloom, dlsb, merupakan material yang berfungsi untuk menaikkan ascension karakter. Barang-barang tersebut merupakan item special, yang akan tumbuh kembali setiap 3 hari sekali.

Jadi saat Anda sedang membutuhkan material tertentu, namun material tersebut belum tersedia kembali, maka Anda bisa mengambil di world pemain lain melalui Co-Op.

Hal ini juga berlaku untuk Crystal Chunk, yang dapat digunakan untuk menempa. Perbedaannya dengan ascension material adalah saat Crystal Chunk dihancurkan, setiap pemain akan menerima Crystal Chunk secara merata, sedangkan ascension material hanya bisa diambil oleh satu pemain saja.

Memancing

Selain resources, ikan pada fitur memancing juga akan tersedia kembali setiap 3 hari. Anda bisa mengambil jenis ikan tertentu di dunia pemain lain, jika Anda membutuhkan jenis ikan tertentu. Fitur memancing berfungsi untuk membuka salah satu senjata gratis terkuat di Genshin Impact, yaitu The Catch.

Menyelesaikan Daily Commision, Bounty, dan Boss (selain Stormterror).

Bagi pemain veteran, menyelesaikan tantangan di Genshin Impact merupakan hal yang biasa. Namun untuk pemain yang baru saja bermain, mungkin akan merasa kesulitan untuk menyelesaikannya. Dengan mode Co-Op, pemain dapat saling membantu, untuk menyelesaikan tantangan bersama-sama.

Menyelesaikan Achievement

sumber: Gamewith

Ada beberapa achievement yang hanya bisa dilakukan pada mode Co-Op. Salah satunya saat menyelesaikan achievement "Unswerving". Untuk mendapatkannya, pemain diharuskan untuk berada pada pulau di dekat Guyun Stone Forest, dan menginjak tanda hati yang ada di tanah. Setelah itu, akan muncul Luxurious Chest di tengah-tengah tanda tersebut, beserta achievement-nya.

Tips

Berikut ini beberapa tips yang mungkin bisa Anda gunakan:

  1. Periksa jenis musuh, gangguan Ley Line, dan mekanisme domain yang akan dihadapi, sebelum Domain dimulai. Pastikan juga karakter yang dipakai sudah tepat, dan tim yang para pemain gunakan sudah seimbang. Pakai healer jika belum ada yang memakainya.

  2. Banyak pemain yang masih tidak mengetahui cara mengulangi Domain dengan benar. Setelah mengklaim isi dari Domain, kebanyakan pemain akan langsung keluar dan mengundang kembali semua pemain. Hal tersebut akan memakan waktu yang cukup lama. Sebenarnya, Anda tidak perlu repot-repot mengulangi cara tersebut.

Setelah Anda mengklaim isi Domain, Anda hanya perlu menunggu sekitar 5 detik, lalu tombol mengulangi Domain akan muncul di sebelah tombol Keluar. Tombol tersebut akan muncul saat Anda merupakan host saat itu.

  1. Saat berada pada mode persiapan sebelum sebuah Domain dimulai, Anda akan memilih karakter mana yang akan Anda pakai. Pada fase tersebut, pemain sebenarnya bisa juga mengganti equipment dari karakter, tanpa perlu keluar lagi.

Untuk melakukannya, Anda hanya perlu memilih karakter mana yang digunakan, lalu tekan Rincian. Nantinya Anda akan dilempar ke menu karakter, dan dapat mengganti atau hanya sekadar memeriksa equipment yang sedang digunakan saat itu.