30 September 2014

by Yoga Wisesa

CM NovaTouch TKL Dijanjikan Sebagai Keyboard Paling Nyaman Untuk Mengetik

Berawal sebagai pemasok chassis PC, power supply dan sistem pendingin, Cooler Master kini juga telah menjadi produsen periferal yang disegani para rival. Mayoritas produk mereka ditujukan untuk kebutuhan gaming, tapi Cooler Master tak pernah merasa segan meluaskan sayap demi memenuhi kebutuhan konsumen casual.

Dirancang khusus untuk pekerjaan pengetikan berat, Cooler Master mengenalkan NovaTouch TKL. Keyboard ini dibekali teknologi switch hybrid capacitive, mampu menghadirkan suara yang hening saat jari Anda melesat di atasnya. Tekanan keyboard disesuaikan secara akurat dengan kekuatan dan daya dorong jari sembari menawarkan rasa empuk saat kita menekannya.

Walaupun ada banyak sekali model keyboard mekanik tersedia saat ini, Cooler Master berani mengklaim bahwa NovaTouch TKL mampu memberikan Anda rasa serta pengalaman mengetik terbaik. TKL di belakang namanya memiliki arti tenkeyless, karena bagian numerical pad (atau istilah lainnya, tenkey) yang biasanya hadir di sebelah kanan tidak disertakan.

 

Info menarik: Headset Gaming dari Cooler Master Storm, Pulse-R, Telah Tersedia di Indonesia

 

Switch hybrid di dalam NovaTouch mengkombinasi switch mekanik berbasis per dan sensor kapasitif elektrostatis seperti pada layar sentuh di perangkat mobile. Hasilnya, tuts keyboard menyajikan tekanan sempurna di jari serta mampu bertahan lebih lama. Lalu pendekatan tenkeyless dimaksudkan agar posisi mouse dan keyboard berada dalam jangkauan yang nyaman, mengurangi rasa lelah saat menggunakannya secara intensif.

CM NovaTouch TKL mempunyai total tekanan hanya 45 gram dan jarak antar key 4 milimeter. Tentu terdapat fitur anti-ghosting, dengan begitu keyboard tetap mampu membaca input walaupun Anda menekan beberapa tombol bersamaan. Jika gemar mengutak-utik penampilan keyboard, NovaTouch TKL juga mendukung keycap Cherry MX. Anda bisa menambatkan atau melepas ring peredam suara sesuai selera.

Selain tuts yang sering dipakai, bagian paling rentan dari keyboard adalah kabelnya. Cooler Master mendapatkan solusi praktis masalah itu. NovaTouch TKL dihadirkan dengan sistem detachable cable micro USB. Kabel tersebut dilindungi rajutan nilon, dan ujung konektornya dilapisi emas 18 karat. CM memberikan tabel komparasi NovaTouch TKL terhadap beberapa jenis produk mechanical keyboard lain. Simak di bawah.

 

Info menarik: Keyboard Atau Mesin Ketik? Dengan Qwerkywriter Anda Bisa Dapatkan Keduanya

 

Keyboard ini memiliki ukuran 35,9x13,8x3,9 sentimeter dan bobot 895 gram, cukup mungil serta ringan untuk dimasukkan dalam tas dan dibawa sehari-hari. Mungkin muncul sebuah pertanyaan di benak Anda: sebagai keyboard premium, apakah CM NovaTouch TKL hanya dikhususkan buat mengetik saja?

Tentu saja NovaTouch TKL mendukung penuh kegiatan gaming bagi para penikmatnya. Jika Anda mengunjungi website Coolermaster, ia masuk dalam kategori 'gaming keyboards', menjadi alternatif berbagai model Quick Fire, Trigger, Mech dan Devastator.

Cooler Master Novatouch TKL sudah tersedia di Indonesia dan Anda bisa membelinya seharga US$ 200.

Sumber tambahan: CoolerMaster.com.