Dark
Light

CloudIndonesiA, Komunitas Belajar tentang Komputasi Awan

1 min read
May 9, 2012

CloudIndonesiA, sebuah komunitas komputasi awan independen didirikan dua minggu yang lalu. Berbeda dengan Asosiasi Forum Komputasi Awan Indonesia (AFKAI) yang dideklarasikan oleh Indonesia Cloud Forum, anggota CloudIndonesiA lebih merupakan orang-orang yang ingin berbagai dan belajar bersama tentang komputasi awan.

Komunitas CloudIndonesiA bermula dari milis Cloud-Indonesia yang dibentuk oleh Alex Budiyanto pada tanggal 23 April 2012 yang lalu. Alex kemudian berinisiatif untuk membuat portal komunitas dan mengajak beberapa orang untuk ikut berkontribusi. Saat ini, sekitar 30 orang, ikut membantu membesarkan komunitas ini.

Alex Budiyanto, yang dihubungi lewat email, mengatakan bahwa komunitas ini dibentuk sebagai media sharing pengetahuan tentang komputasi awan dan mencoba untuk berkontribusi positif untuk bangsa di bidang ini. Media sharing pengetahuan komputasi awan di Indonesia, menurut Alex, masih sedikit sehingga dia merasa perlu adanya sebuah tempat khusus untuk menampung berbagai macam sumber daya tentang komputasi awan ini.

Sejak didirikan sekitar dua minggu yang lalu, komunitas ini telah memiliki milis dengan anggota lebih dari sekitar 340 orang, Facebook Group dengan 800-an anggota dan Twitter dengan 130-an follower. Anggota milis tersebut terdiri dari berbagai macam latar belakang baik dari kalangan profesional maupun pelajar.

Alex menambahkan, komunitas ini terbuka untuk umum, yang menggunakan berbagai macam platform, baik yang proprietary maupun open source. Selain kegiatan-kegiatan di dunia maya, Alex berharap kegiatan offline akan mampu diselenggarakan pada akhir bulan ini.

Selanjutnya, komunitas ini juga berencana untuk membuat komunitas-komunitas komputasi awan di daerah untuk lebih memasyarakatkan komputasi awan. Setidaknya 5 daerah (Aceh, Makassar, Bandung, Pontianak, dan Yogyakarta) telah siap untuk membuat komunitas daerah tersebut.

Jika Anda tertarik untuk mengikuti komunitas ini, bisa langsung mengunjungi portal komunitas ini di alamat http://www.cloudindonesia.org/. (Jangan salah dengan situs milik Indonesia Cloud Forum yang beralamat mirip http://www.indonesiacloud.org/). Komunitas ini menyediakan alamat email gratis dan fasilitas penyimpanan sampai 25 GB. Untuk info, pertanyaan, atau kerja sama, Anda dapat mengirim email ke [email protected].

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Rumah(dot)Com Luncurkan Aplikasi BlackBerry

Next Story

Wikimedia Kembali Adakan Kompetisi Menulis Bahasa Jawa

Latest from Blog

Don't Miss

Rukita Co-Living

Konsep Co-Living Makin Diminati, Rukita Perbarui Aplikasi Targetkan Komunitas

Konsep hunian co-living menjadi semakin diminati, terutama di kota-kota besar

Social Commerce Mendapat Momentum di Indonesia Berkat Pengguna di Daerah

Danik Indriati adalah seorang ibu rumah tangga yang bekerja sebagai