Dark
Light

CIRP: Pengguna iOS Lebih Loyal dari Pengguna Android

1 min read
July 29, 2013

Sistem operasi Android boleh saja menguasai pangsa pasar sistem operasi untuk perangkat bergerak. Tapi soal loyalitas, penggunanya masih kalah dibandingkan pengguna sistem operasi iOS besutan Apple.

Berdasarkan hasil riset terbaru dari Consumer Intelligence Research Partner (CIRP), ditemukan bahwa 78% pengguna iOS saat ini perangkat sebelumnya juga menggunakan sistem operasi iOS. Sementara pada Android, hanya 67% pengguna Android yang perangkat sebelumnya juga merupakan perangkat berbasis Android.

 

Lebih jauh lagi, sebesar 27% pengguna yang saat ini menggunakan iOS menyatakan bahwa mereka berpindah dari sistem operasi Android. Jumlah ini jauh lebih besar daripada sebaliknya, mereka yang berpindah dari iOS ke Android hanya berjumlah 14% saja.

Sementara itu, pengguna Android juga memiliki kecenderungan untuk berganti-ganti produk ponselnya. Ini terlihat dari statistik loyalitas pengguna per produsen, hanya Samsung yang mencatatkan angka loyalitas pengguna di atas 50%. Tepatnya, 52% pengguna Samsung saat ini juga menggunakan produk Samsung sebelumnya. Pada produsen lain, angkanya jauh lebih mengenaskan . HTC hanya mencatatkan angka 27%, LG 18%, dan Motorola 9%.

Di luar kedua sistem operasi ini, dengan jumlah pangsa pasar yang memang tidak banyak, baik Windows dan BlackBerry belum bisa berbicara banyak.

 

Sumber: GigaOM. [gambar via]

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

[Manic Monday] IVR May Still Be Relevant For Digital Entertainment

Next Story

[Manic Monday] IVR Mungkin Masih Relevan Untuk Hiburan Digital

Latest from Blog

Don't Miss

Review vivo V30e 5G, Desain dan Fiturnya Agak Lain

Review vivo V30e 5G, Desain dan Fiturnya Agak Lain

Smartphone V30 Series dari vivo pertama kali dirilis di Indonesia
Review Xiaomi Redmi Note 13 Pro+ 5G, Mendekati Smartphone Semi Flagship

Review Xiaomi Redmi Note 13 Pro+ 5G, Mendekati Smartphone Semi Flagship

Total ada lima smartphone Redmi Note 13 Series yang dibawa