Dark
Light

Layanan E-Commerce Cipika Serius Garap Segmen Gadget dan Travel Tahun Ini

1 min read
January 5, 2015

shutterstock_93458563

Layanan E-commerce Cipika Store milik Indosat selama beberapa bulan belakangan ini telah mengembangkan lini layanannya. Saat awal kemunculan marketplace yang dimotori oleh Indosat ini menawarkan pemesanan online makanan khas daerah. Kini, Cipika telah memiliki menambah tiga layanan utamanya: Travel, Lifestyle, dan Gadget. Tahun 2015 akan menjadi tahun yang cukup sibuk bagi Cipika, sebab mereka bakal lebih serius menggarap marketplace gadget dan travel-nya, dengan promosi bundle dengan Indosat.

Kepala Divisi Digital Commerce Indosat Carlos Karo Karo mengatakan pertumbuhan Cipika yang menggembirakan mendorong pengembangan ini. Ia juga mengatakan penambahan segmen layanan juga didorong oleh hubungan baik dengan merchant yang sudah bekerja sama dengan Cipika selama ini. “Kepercayaan pelanggan dan merchant yang membuat kami mengembangkan layanan lainnya,” ujar Carlos membuka percakapan.

Untuk segmen Lifestyle, Carlos menceritakan kategori dibuka atas keinginan merchant yang ingin menjual produk seperti kacamata, jam tangan, dan fashion. Hal ini juga berlaku untuk segmen gadget. “Merchant gadget yang menjual gadget di toko offline Indosat ingin menjual online juga. Kami menyediakan wadahnya,” ungkapnya.

Carlos tidak mengungkap total revenue yang diterima, tetapi Cipika Store yang menjual berbagai makanan tradisional nusantara masih menjadi layanan yang paling ramai dikunjungi dan dipesan oleh pembeli. “Makanan masih menjadi favorit dan lebih cepat. Misal orang ingin pesan pempek paling seminggu atau dua minggu habis, kemudian pesan lagi. Sedangkan gadget prosesnya agak lama membandingkan harga terlebih dahulu, dan lain sebagainya,” terang Carlos.

Ia mengungkapkan Cipika belum melakukan kampanye iklan yang agresif hingga saat ini.

Tantangan yang dihadapi Cipika dalam menjalankan marketplace adalah berhubungan dengan UKM yang tidak selalu rutin melihat email mereka. “Jadinya harus kami telepon dan ingatkan setiap saat. Industri makanan berbeda dengan industri lainnya yang produknya bisa disimpan di gudang,” terangnya.

“Tetapi yang pasti saat ulang tahun Indosat kemarin, kami juga kebanjiran traffic dan order, termasuk juga saat ikut berpartisipasi dalam ajang Harbolnas juga,”lanjut Carlos.Diskon dan promosi dinilai Carlos menjadi pendorong meningkatnya pemesanan.

Cipika dengan yakin tidak ingin bersaing dengan marketplace yang besar lainnya, Cipika justru akan setia kepada jalur yang niche, termasuk untuk layanan travel-nya, layanan yang diberikan Cipika adalah pemesanan hotel dan sewa mobil. Untuk travel ini Cipika akan menggandeng Gogonesia, startup finalis program inkubasi Ideabox 2014. Gogonesia merupakan online booking system yang memungkinkan pengguna untuk memesan paket perjalanan, petualangan, dan berbagai aktivitas.

“Untuk yang family trip dapat memesan hotel sekaligus mobil untuk bisa jalan-jalan. Kami juga akan menyediakan paket trip namun lebih ke arah family vacation,” ujar Carlos.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Three Stages of Designing Productive Meeting

Next Story

[Panduan Pemula] Cara Mengganti Foto Profil WhatsApp

Latest from Blog

Don't Miss

Indosat Microsoft

Indosat Gandeng Microsoft untuk Maksimalkan AI dalam Transformasinya Menjadi TechCo

Indosat Ooredoo Hutchison atau yang lebih dikenal sebagai Indosat tentunya

Pesta Hadiah IM3 2023 Digelar, Hadirkan Lebih Banyak Hadiah

Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) melalui merek IM3 telah