26 May 2023

by Galih

Lazada Kini Punya Chatbot AI Sendiri, LazzieChat

Layanan ini akan memberikan saran dan rekomendasi produk yang dipersonalisasikan

Kesuksesan ChatGPT membuat tren chatbot berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligence - AI) kini terus naik. Penggunaannya pun kini semakin spesifik sesuai dengan kebutuhan.

Contohnya yang diterapkan oleh Lazada Group melalui chatbot AI-nya yang bernama LazzieChat. Chatbot ini difokuskan untuk menjadi asisten di platform e-commerce mereka. Tujuannya agar dapat memberikan pengalaman belanja berbeda.

Lazada sendiri mengeklaim bahwa kehadiran LazzieChat merupakan yang pertama di Asia Tenggara. Chatbot mereka tersebut dibangun dengan dukungan ChatGPT melalui layanan Microsoft Azure OpenAI Service.

Nantinya, LazzieChat dapat menjawab berbagai pertanyaan soal berbelanja dari pengguna di platform Lazada, sehingga diharapkan dapat memberikan pengalaman belanja yang menyenangkan, seru, dan personal.

Image credit: Lazada

"Kami senang dapat menghadirkan LazzieChat untuk para pengguna Lazada sebagai bagian dari investasi dalam teknologi untuk membangun ekosistem digital berkualitas tinggi yang mendukung pertumbuhan jangka panjang kami,” kata Howard Wang, Chief Technology Officer Lazada Group.

Howard menjelaskan lebih lanjut bahwa mereka ingin menjembatani kesenjangan antara belanja offline dan online dengan memberikan pengalaman berkualitas yang digemari oleh para konsumen.

Selain menarik minat dari para pembeli, kehadiran LazzieChat ini juga disebut dapat meningkatkan nilai brand dan penjual yang dapat memanfaatkan teknologi baru tersebut.

Howard juga yakin bahwa AI akan menjadikan pengalaman berjualan dan berbelanja online menjadi aktivitas sehari-hari yang mulus dan lancar untuk semua orang. Bahkan mampu mengubah perjalanan belanja bagi pelanggan, penjual, dan brand.

Image credit: Microsoft

Pihak Microsoft juga menjelaskan bahwa kekuatan Microsoft Azure OpenAI Service di LazzieChat akan memberikan rekomendasi yang dipersonalisasi untuk meningkatkan pengalaman belanja para pelanggan Lazada.

Ketika diterapkan, LazzieChat disebut akan sangat berguna dalam mencari rekomendasi di kategori produk fast-moving (FMCG) seperti fesyen dan kecantikan. Apalagi kategori tersebut masuk dalam yang paling banyak terjual di Lazada.

Layanan LazzieChat akan tersedia dalam Bahasa Inggris di Singapura, Filipina, dan dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris untuk Indonesia. Namun Lazada juga memastikan bahwa nantinya fitur ini akan tersedia di lebih banyak bahasa.

Ke depannya, Lazada akan terus mengoptimalkan LazzieChat untuk bisa merespons pertanyaan pengguna dengan tepat dan bertanggung jawab. Pasalnya, AI LazzieChat ini selalu belajar dan akan terus menjadi semakin baik seiring dengan meningkatnya interaksi bersama pengguna.