7 January 2023

by Daniel Hamiaz

CES 2023: Lenovo Keluarkan ThinkBook Plus dengan Layar Putar yang Fleksibel

Layar dilengkapi dengan panel OLED di satu sisi, sedangkan di sisi lainnya terdapat layar e-ink warna-warni.

Pada kesempatan CES 2023, Lenovo mengumumkan laptop untuk seri ThinkBook Plus dengan model yang inovatif. Layar dari perangkat ini bisa diputar dengan kemampuan perputaran ganda. Layar tersebut dilengkapi dengan panel OLED di satu sisi, sedangkan di sisi lainnya terdapat layar e-ink warna-warni.

ThinkBook Plus

Seri ThinkBook Plus sendiri pertama kali diluncurkan pada tahun 2020 dan terus diperbarui hingga sekarang. Seri ini dikenal dengan desainnya yang unik dan terkesan nyeleneh, namun dengan tetap memperhatikan fungsionalitas. Contohnya seperti ThinkBook Plus generasi ke-2 dengan layar e-Ink-nya dan generasi ke-3 dengan layar sekunder 8 inci di samping keyboard-nya.

ThinkPad Twist

Dengan menggabungkan ThinkPad X41 dengan ThinkPad Twist, Lenovo mengkonsep ulang sebuah perangkat yang dinamakan ThinkBook Plus Twist. Perangkat tersebut masih memiliki fitur-fitur dasar dari kedua perangkat sebelumnya, atas dasar masukkan dan saran dari pengguna.

ThinkBook Plus Twist dilengkapi dengan Prosesor Intel Core Generasi ke-13, Bezel 13,3" dengan layar 2.8K OLED yang bisa disentuh dan diputar, layar e-Ink berukuran 12" yang berwarna-warni di sisi atas, dengan refresh rate 12 Hz yang menyediakan layar sentuh. Laptop ini mendukung Wi-Fi 6E1 serta daya baterai yang mampu bertahan hingga 18 bulan.

ThinkBook Plus Twist ini sangat cocok bagi mereka yang ingin meningkatkan produktivitas, khususnya untuk kegiatan mengetik, menggambar, atau mencatat layaknya memakai tablet, namun dengan spek setara dengan komputer.

ThinkBook 16p Gen 4

Selain itu, Lenovo juga mengumumkan ThinkBook varian lain, yakni ThinkBook 16p Gen 4 yang diperkuat dengan kartu grafis NVIDIA GeForce RTX™ 4060. Layarnya memiliki ukuran sebesar 16" dengan resolusi 3,2K dan refresh rate 165 hz dengan dukungan Dolby Vision. Memorinya menggunakan DDR5 serta sudah menggunakan SSD ganda sebesar 2TB, sehingga laptop ini lebih cocok dipakai untuk beban kerja yang lebih berat, seperti pemrosesan gambar, video, atau bermain game-game berat.

Laptop ini juga menyediakan konektor pin magnetik yang bisa dihubungkan dengan sejumlah aksesoris seperti Lenovo Webcam Magic Bay 4K yang bisa memenuhi keperluan streaming video, Lenovo Magic Bay LTE dengan konektivitas 4G LTE, atau Lenovo Magic Bay Light yang akan membantu menyesuaikan pencahayaan ketika sedang melakukan konferensi video. Dengan demikian, pengguna tidak perlu pusing dengan kabel tambahan, dongle, atau power pack.

ThinkBook Wireless Dock

Yang terakhir, Lenovo juga memperkenalkan sebuah Dock wireless ThinkBook 13x Gen 2 yang menggabungkan beberapa teknologi. Dock ini berfungsi untuk mengisi daya perangkat bebas kabel.

Selain mengisi daya, dock tersebut juga bisa dimanfaatkan untuk menampilkan layar ganda rendah latency hingga 4K pada resolusi 60 Hz. Dock nirkabel ini mencakup tiga port USB-A, satu port USB-C, dan sebuah konektor untuk menyalurkan daya perangkat ini. Dock Nirkabel saat ini akan dihubungkan secara eksklusif dengan ThinkBook 13x Gen 2.

Untuk ketersediaannya, ThinkBook Plus baru akan dijual mulai bulan Juni 2023 di harga USD1649 (sekitar Rp25,7 juta), sedangkan ThinkBook 16p Gen 4 pada bulan Mei 2023 di harga USD1349 (sekitar Rp21 juta) di Amerika Serikat. Aksesori Lenovo Magic Bay akan disediakan secara eksklusif untuk ThinkBook 16p Gen 4 dengan harga bundel yang disesuaikan.