19 January 2022

by Sean Edbert

CEO Intel: AMD Sudah Tertinggal Jauh Karena Alder Lake

Akankah ada balasan dari tim merah?

Meski baru menjabat sebagai CEO dari Intel selama 11 bulan, Pat Gelsinger, mengawali tahun 2022 ini dengan menyenggol AMD melalui video yang diunggahnya di LinkedIn.

Dalam video ini, Pat membagikan 11 hal yang ia peroleh selama tahun 2021 kemarin. Saat menyentuh hal ke-6, CEO dari Intel ini mulai berbicara tentang Alder Lake dan bagaimana Intel berhasil meninggalkan AMD dan memimpin pasar dengan processor generasi ke-12-nya itu.

"Alder Lake. Tiba-tiba... Boom! Kami telah kembali di permainan, AMD tertinggal jauh di belakang, dan tidak akan lagi mereka ke depan; kami kembali memimpin pasar." Ucap Pat Gelsinger.

Image Credit: Intel

Processor generasi ke-12 dari Intel, Alder Lake, memang menjadi salah satu gebrakan besar di dunia hardware komputer. Tidak hanya karena performanya yang superior, harga yang ditawarkan oleh Intel juga lebih rendah dari kompetitornya.

Jika dibandingkan dengan processor AMD Ryzen 5000-series, tentu saja Alder Lake unggul dalam sebagian besar benchmark serta aplikasi-aplikasi dunia nyata. Tetapi, sebenarnya Ryzen 5000-series bukanlah lawan yang sepadan untuk Alder Lake. Karena Ryzen tadi sudah berumur lebih dari satu tahun. Oleh karena itu, Ryzen 5000-series ini tidak bisa memanfaatkan sejumlah teknologi terbaru seperti RAM DDR5, PCIe 5.0, dan sebagainya.

Tentu saja, ini semua mungkin akan berubah saat AMD meluncurkan Ryzen 7000-series dengan chip 5nm serta clock speed 5Ghz. Menurut CEO dari AMD, Dr. Lisa Su, Ryzen 7000-series akan meluncur di kuartal ke-3 tahun 2022 ini. Apakah balasan dari AMD ini akan membuat Intel kembali ketar-ketir? Hanya waktu yang akan menjawab pertanyaan tersebut.

Image Credit: Intel

Kembali ke video yang diunggah Pat Gelsinger, ia juga membicarakan tentang beberapa chip yang telah dikembangkan oleh Intel. Pat mengklaim Intel telah merencanakan pengembangan dan peluncuran 5 chip baru dalam kurung waktu 4 tahun ke depan. Lima chip yang disebutkan oleh Pat adalah Intel 7, Intel 4, Intel 3, Intel 20A, serta Intel 18A.

Sengit ya... Pertempuran performa serta harga dari Intel dan AMD membuat pasar hardware komputer semakin seru. Apalagi baru-baru ini Intel juga telah merancang GPU baru. Sepertinya Intel semakin siap untuk mengambil alih pasar komputer.

Feat image credit: Intel