Dark
Light

CEO Corner: Mike McCue dari Flipboard Bicara Tentang iPad dan Pasar Asia

3 mins read
July 21, 2011

Ahkhirnya CEO Corner hadir kembali dengan sebuah wawancara bersama Mike McCue. Mike adalah CEO dan co-founder Flipboard, news reader untuk iPad. McCue dan mantan insinyur Apple iPhone Evan Doll mendirikan perusahaan ini pada bulan Januari 2010 dengan dukungan investor dari Silicon Valley.

Dalam wawancara ini, Mike akan memberikan wawasan tentang mengapa ia percaya dan menempatkan taruhan besar pada iPad, dan tentu saja bagaimana Flipboard melihat Asia sebagai pasar potensial, mengingat iPad telah sukses di wilayah ini.

Berikut wawancara kami dengan Mike:

Hi Mike, Anda bisa menjelaskan sedikit kepada pembaca kami tentang Flipboard?

Flipboard adalah majalah sosial pertama di dunia. Terinspirasi oleh keindahan dan kemudahan media cetak, misi Flipboard adalah untuk secara mendasar meningkatkan bagaimana orang menemukan, melihat dan berbagi konten di seluruh jaringan sosial mereka. Tujuan Flipboard adalah untuk membawa semua hal penting bagi seseorang secara bersama-sama di satu tempat.

Flipboard memberikan pengalaman yang sama sekali baru dari konten sosial dan berita di Web. Alih-alih melakukan scroll untuk melihat stream atau timeline, pengguna diberikan fasilitas untuk membaca dan membagikan konten yang paling berguna bagi mereka dengan pengalaman membaca seperti membaca majalah. Konten browser web diformat dan diisi ulang dalam satu pengalaman yang indah dan konsisten.

Pembaca dapat membuat bagian sendiri dalam Flipboard berdasarkan kontak dari Facebook, Twitter, LinkedIn dan berbagai sumber lain, kemudian secara cepat mem-flip cerita-cerita terbaru, foto dan update dari teman dan sumber-sumber terpercaya.

Flipboard adalah salah satu perusahaan yang *HOT* di Silicon Valley. Bagaimana Anda bisa sampai di sini? Apa cerita di balik Flipboard?

Kami sangat bersemangat ketika meluncurkan Flipboard ke publik satu tahun lalu, tapi kami tidak tahu bahwa hal ini akan menjadi populer dalam waktu yang sangat cepat. Kami berharap untuk memiliki proses pengembangan yang lebih lambat yang akan memberikan kami cukup waktu untuk mendapatkan lebih banyak umpan balik dan bisa meningkatkan layanan secara lebih lambat dan seksama. Namun demikian, kami senang dengan respon dan umpan balik yang fantastis dari para pengguna Flipboard.

Mengapa Flipboard begitu sukses bisa jadi dari perbedaan berdasarkan pengguna, tapi satu hal adalah kami membawa secara bersamaan tiga hal yang disukai orang, media sosial mereka, akses cepat ke konten yang menakjubkan di web dan pengalaman yang dirancang untuk iPad. Pada akhirnya, seperti start-up lainnya, filosofi Flipboard, bahwa hal yang paling penting adalah membangun sebuah produk yang berguna, indah dan menyenangkan. Kami percaya bahwa jika kita memiliki produk yang hebat, kita akan mampu membangun sebuah perusahaan hebat pula. Kami menghabiskan waktu berbulan-bulan sebelum meluncurkan pengembangan Flipboard, sehingga ketika orang pertama kali menggunakan produk ini, mereka akan memiliki ‘aha-moment’.

Jelas, Anda bertaruh lumayan besar pada iPad. Mengapa Anda begitu percaya pada iPad? Ada alasan khusus untuk memilih iPad sebagai platform utama Anda?

iPad telah menciptakan format baru untuk membaca konten. Kali pertama kami mulai berpikir tentang Flipboard sebelum iPad ada dan awalnya kami pikir kami akan membuat produk untuk web. Ketika iPad dari Apple muncul, kami menyadari itu format yang sempurna untuk Flipboard; sebuah majalah sosial.

Namun, kita melihat iPad sebagai titik awal dan dari waktu ke waktu kami pasti ingin mengambil Flipboard ke perangkat dan platform lain. Karena kita telah berinvestasi pada platfrom iOS, maka platformselanjutnya untuk Flipboard adalah iPhone.Sama seperti pada iPad, kami ingin merangkul fitur-fitur khusus dan faktor bentuk dari masing-masing perangkat. Kami banyak mencurahkan pikiran tentang akan terlihat seperti apa Flipboard pada perangkat lain.

iPad adalah sebuah lean-back experience. Kami melihat bahwa kebanyakan orang membaca Flipboard di malam hari. Pada iPhone, hal ini tentu akan jadi berbeda: ini akan menjadi lean-forward experience. Kami harus berpikir tentang apa yang bisa kami sampaikan selama 15 detik, dan masih berasa seperti Flipboard.

Android kini telah hadir di pasaran lewat tablet dan kami mulai melihat satu atau dua tablet muncul sebagai pemimpin untuk Android, kami akan melihat bagaimana kami bisa merangkul platformini juga.

iPad sangat besar di Asia (termasuk Jakarta juga), dan ada pasar yang besar untuk perangkat mobile & tablet lainnya. Apakah Anda memiliki rencana pemasaran tertentu untuk Asia? Bagaimana Anda melihat posisi Flipboard di Asia?

Asia merupakan pasar yang penting bagi kami. Saat ini kami sudah melihat banyak orang di negara-negara Asia menggunakan Flipboard. Karena Anda dapat menambahkan sumber untuk membuat majalah sendiri, Flipboard bisa menjadi native language bagi siapa pun. Kami masih mengembangkan strategi internasional kami – di tahun-tahun mendatang, kami akan mengambil langkah pertama kami ke pasar di luar AS dan mulai melokalisasi produk kami dan melakukan kemitraan lokal.

Anda mungkin sering mendengar pertanyaan ini, tetapi apakah Anda berencana untuk mendukung platform lain? (Saya mendengar Android tablet punya peluang cukup baik.)

Lihat jawaban untuk pertanyaan 3.

Anda sudah menjadi serial entrepreneur yang cukup sukses di bidang teknologi, nasihat apa yang Anda miliki untuk pengusaha di pasar negara berkembang?

Pertama, membangun sesuatu yang passionate bagi Anda … pengguna Anda akan melihat bahwa passion tersebut bersinar melalui produk itu sendiri dan Anda akan didorong untuk bertahan di tahun-tahun mendatang melalui semua naik turunnya perjalanan usaha.

Kedua, merekrut seorang desainer profesional yang terbukti ahli dalam membangun pengalaman pengguna yang hebat. Saya belum pernah menemukan siapapun, baik itu kombinasi desainer hebat dan programmer hebat serta aplikasi yang bisa mendapatkan pengguna yang sangat besar namun tetap indah dalam hal desain dan fungsi.

Ketiga, less is more. Kami menghapus banyak kode untuk Flipboard 1.0. Tidak ada masalah untuk mengembangkan fitur ideal, namun produk akhir harus bisa menangkap esensi dari visi Anda namun tetap berguna bagi pengguna. Menemukan keseimbangan ini cukup sulit, jadi jangan takut untuk terus berkembang sampai Anda mendapatkannya secara benar, serta ketika produk ini pertama kali di rilis, Anda benar-benar yakin orang akan menyukainya.

Terima kasih Mike, Dian dan Christel dari Flipboard untuk wawancara ini! 😉

Rama Mamuaya

Founder, CEO, Writer, Admin, Designer, Coder, Webmaster, Sales, Business Development and Head Janitor of DailySocial.net.

Contact me : [email protected]

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Delapan Finalis GEPI 2011 Diumumkan

Next Story

MediaWave Tentang Strategi dan Perkembangan Lain Pasca Investasi Oleh Frontier Consulting Group

Latest from Blog

nubia V60 Design Hadir di Indonesia

ZTE Mobile Devices Indonesia secara resmi memperkenalkan smartphone terbarunya, nubia V60 Design di Indonesia. Smartphone ini dirancang dengan menghadirkan estetika dan teknologi,

Don't Miss

Tablet-8-Juta-Buat-Kerja,-Pilih-Xiaomi-Pad-6S-Pro-atau-OPPO-Pad-2-1

Tablet 8 Juta Buat Kerja, Pilih Xiaomi Pad 6S Pro atau OPPO Pad 2?

Tren work from anywhere (WFA), membuat penggunaan tablet yang dilengkapi
Kerja-Pakai-Tablet,-Mending-Pilih-Apple-iPad-Air-11-Atau-iPad-Pro-11-2024

Kerja Pakai Tablet, Mending Pilih Apple iPad Air 11 Atau iPad Pro 11 2024

Saat ini sudah banyak orang yang mengandalkan tablet sebagai perangkat