Dark
Light

Cari Kosakata Bahasa Indonesia dengan @katakateglo

1 min read
April 29, 2013

Jika Anda pernah mengalami kesulitan untuk menerjemahkan kosakata dalam bahasa asing, kemungkinan besar Anda pernah menggunakan berbagai aplikasi penerjmah seperti Google Translate ataupun Merriam-Webster. Bagaimana jika Anda ingin mengetahui arti kosakata Bahasa Indonesia? Barangkali akun Twitter @katakteglo bisa menjadi jawabannya.

Akun @katakateglo merupakan akun bot yang dibuat oleh Ronny Lantip dari Ardwort Intillegence. Cara kerjanya sangat sederhana. Jika Anda ingin mengetahui arti sebuah kata dalam Bahasa Indonesia, Anda cukup melakukan mention akun tersebut di Twitter beserta koskata yang ingin Anda ketahui artinya. Nantinya, akun @katakateglo akan membalas Anda dengan arti kata yang Anda cari.

Menurut Ronny, akun @katakateglo ini dibuat karena banyak orang yang suka bertanya mengenai kosakata Bahasa Indonesia. Meski proyek Kateglo sendiri sudah memiliki halaman web, ternyata banyak orang yang lebih suka bertanya ke pembuat situs Kateglo, Ivan Lanin, melalui situs jejaring sosial Twitter. Melihat fenomena tersebut, Ronny akhirnya membuat akun bot yang memang secara otomatis akan menjawab pertanyaan tentang kosakata Bahasa Indonesia.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, akun @katakateglo ini bagian dari produk Ardwort Intillegence. Ardwort sendiri adalah sebuah perusahaan R&D yang berfokus pada pengembangan produk dan layanan berbasis intelegensia buatan, utamanya yang berkaitan dengan bidang natural language processing (NLP).

Selain @katakateglo, Ardwort sudah mengembangkan beberapa akun bot lain yang nampaknya juga menggunakan teknologi NLP. Beberapa akun yang sudah memiliki banyak follower diantaranya adalah akun @skrembelbot yang menghadirkan permainan tebak kata, akun @tebakanlagu yang menghadirkan permainan menebak judul lagu, dan akun @tukangdvd yang menghadirkan permainan tebak judul film.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Kantar: Android Kuasai Lebih Dari 60% Pasar Smartphone di Dunia, Windows Tumbuh Stabil di AS

Next Story

HTC Telah Meluncurkan HTC One di Indonesia, Kerja Sama dengan Indosat dan Trikomsel

Latest from Blog

nubia V60 Design Hadir di Indonesia

ZTE Mobile Devices Indonesia secara resmi memperkenalkan smartphone terbarunya, nubia V60 Design di Indonesia. Smartphone ini dirancang dengan menghadirkan estetika dan teknologi,

Don't Miss

Semua Hal yang Diumumkan NVIDIA pada Computex 2024

Dalam presentasi selama 1 jam 47 menit, CEO dan pendiri

Naming Rights Agreements in Esports

In recent years, more and more non-endemic brands have decided