Yang namanya web e-commerce di Indonesia walaupun sudah banyak tapi tetap selalu ramai. PriceArea tampaknya melihat hal tersebut dan menawarkan fitur mesin pencari yang dapat membantu kita mencari barang di lebatnya rimba belantara toko-toko online. Selain itu dengan konsep “Situs Jejaring dan Mesin Pencari Belanja,” tampaknya PriceArea juga mencoba menyentuh konsep jejaring sosial.
Untuk mesin pencari belanjanya, pasti langsung teringat dengan Google Products. Tetapi seperti namanya, PriceArea khusus memfokuskan pada pasar di area tertentu, diawali dengan Indonesia tentunya. Menurut mereka di tahap beta ini, “baru ada 165 situs yang terindeks dan sekitar 25,000 produk/listing.”
Tampilan utama PriceArea cukup simpel yaitu search box besar dan beberapa barang yang sedang dipromosikan atau banyak dicari.
Begitu kita mulai mengetik di search boxnya, dengan cepat muncul auto-complete yang sangat membantu. Hasil pencariannya cukup memuaskan, berbagai toko online mulai dari TokoBagus, TokoPedia, Juale, DinoMarket, OLX, Berniaga dan sebagainya. Sayang yang belum ketemu malahan dari “toko online” terbesar dan paling ramai, apalagi kalau bukan Forum Jual-Beli-nya Kaskus.
Di halaman hasil pencarian kita bisa langsung membandingkan harga-harga dari berbagai toko, dan bisa juga menerapkan filter harga dan merchant agar hasil pencarian semakin akurat.
Menurut PriceArea, saat ini mereka berharap akan sumber pendapatan dari iklan, baik itu banner, AdWords, Sponsored Link, dan branding/labelling di site mereka sendiri.
Nah bagaimana dengan fitur jejaring yang mereka angkat menjadi tagline mereka tadi? Terus terang bagian ini lumayan bikin bingung. Pada saat kita masuk ke menu “Komunitas,” kita disodorkan dengan halaman yang berisikan timeline kegiatan profil-profil yang sudah terdaftar, senada dengan news feed-nya Facebook.
Bikin bingungnya karena tampaknya, setidaknya untuk saat ini, timeline tersebut nggak (atau belum?) berisikan hal-hal yang terkait dengan tema utama yaitu “belanja.” Kalau menurut penjelasan dari mereka, bagian ini nantinya akan menjadi semacam ajang bertukar rekomendasi di dalam jejaring sosial  PriceArea sendiri.
Selain itu ada beberapa fitur di FAQ mereka seperti menjual barang lewat merchant partner mereka yang belum bisa ditemukan di versi beta ini, dan juga aplikasi handphone yang (menurut logo yang tertera) akan mendukung Blackberry, iPhone, dan Android.
Yang jelas dengan konsep seperti ini, PriceArea sudah siap meluncur di dua negara yaitu Indonesia dan Singapura. Kita tunggu saja peluncuran resmi layanan ini.
Menurut g PriceArea pinter cari celah ditengah2 (dan pasti akan lebih) sengitnya perang e-commerce. Cuma g agak bingung gimana cara browse products… >> Kalau ke Price Area untuk browse not search..
Wah,sukses deh untuk PriceArea.com..kalo kita punya toko online bisa ga kelihatan disitu produk yang kita jual??? Terima kasih
Google Commerce Search will rule the E-Commerce World. Just look at it.
Fitur browse by category masih under development Sel.. Should be ready in the next couple of days. Kita masih sempurnain crawler-nya dulu, baru fokus di fitur2 keren lainnya. 🙂